Pentingnya Penggunaan Aplikasi Mobile untuk Strategi Promosi Pariwisata

Pentingnya Penggunaan Aplikasi Mobile untuk Strategi Promosi Pariwisata

Seperti yang telah lama kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi pariwisata yang patut diacungi jempol. Tersebar dari ujung timur hingga ke ujung barat, ada banyak wisata-wisata daerah di negeri ini yang sudah populer. Wisata daerah di Indonesia juga tidak hanya dikenal penduduknya saja, namun juga dilirik oleh wisatawan mancanegara. Sayangnya, strategi promosi pariwisata di negara saat ini dirasa masih kurang optimal. Terbukti dari banyaknya wisata-wisata baru di daerah yang belum terekspos secara maksimal. Wisatawan dirasa hanya mengenal tempat wisata yang “itu-itu saja”.

Oleh karena itu, diperlukan suatu platform yang dapat membantu mempopulerkan tempat-tempat wisata alternatif, salah satunya dengan aplikasi berbasis Mobile Phone. Mengingat tingginya pengguna smartphone saat ini hingga mencapai 60% dari total penduduk Indonesia, sehingga upaya ini bisa menjadi strategi jitu untuk promosi pariwisata daerah. (Baca :  Kembangkan Potensi Pariwisata Daerah )

Berbicara tentang aplikasi mobile, platform seperti ini merupakan alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat berbagai pekerjaan digital. Sejak komputer dan internet mulai bekembang, para developer kian berlomba-lomba untuk meluncurkan berbagai aplikasi demi memenuhi kebutuhan pasar. Hampir dipastikan semua pengguna smartphone memasang aplikasi di ponselnya, bisa aplikasi game, aplikasi belanja maupun aplikasi travelling. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa adanya teknologi semacam ini sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan data dan informasi tanpa harus “repot-repot” keluar rumah.

Seberapa penting aplikasi mobile dalam strategi promosi pariwisata?

Tahukah Anda? Dari total 132,7 juta pengguna internet, 130 juta diantaranya merupakan pengguna media sosial yang aktif. Rata-rata setiap harinya mereka menghabiskan 8 hingga 9 jam untuk searching di internet dan 3 hingga 4 jam untuk bermain sosial media. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pekerjaan dan aktivitas yang mereka selesaikan menggunakan media internet.

Tak terkecuali platform travel guide, banyak pengguna smartphone yang lebih memilih mencari informasi tentang tempat wisata yang akan dikunjungi melalui internet dan media sosial. Informasi yang didapatkan juga lebih detail dan lengkap termasuk wisata-wisata alternatif yang direkomendasikan. Jika hanya mengandalkan promosi dengan media cetak atau melalui televisi saja, maka promosi menjadi kurang efektif. Hal ini mengingat tidak setiap saat orang menonton televisi, tapi bisa dipastikan sebagian besar pengguna smartphone akan membawa ponselnya kemana saja.

Dari situlah aplikasi mobile patut untuk dikembangkan sebagai strategi promosi pariwisata paling jitu. Beberapa manfaat penggunaan aplikasi mobile untuk promosi pariwisata diantaranya:

Menghemat Anggaran Biaya

Aplikasi Mobile untuk Strategi Promosi Pariwisata

Dibanding menggunakan media cetak, tentu travel guide berbasis aplikasi mobile lebih menghemat biaya produksi. Tidak perlu biaya print atau biaya cetak, pengembangan aplikasi dapat menekan biaya hingga 70% persen lebih terjangkau.

Data dan Informasi yang Selalu Update

Aplikasi Mobile untuk Strategi Promosi Pariwisata

Aplikasi travel berbasis mobile tentu saja akan selalu diupdate dalam hal informasi dan data terkait wisata yang ditampilkan. Misalnya dengan adanya penambahan informasi wisata-wisata baru.

Efektif dan Efisien untuk Menjangkau Pengguna Lebih Luas

Aplikasi Mobile untuk Strategi Promosi Pariwisata

Aplikasi mobile merupakan platform promosi yang paling efektif dan efisien. Aplikasi seperti ini dapat menjangkau target pengguna lebih luas. Mengingat pengguna smartphone di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, sehingga aplikasi seperti ini tidak akan expired.

Akses Kapan Saja dan Dimana Saja

Aplikasi Mobile untuk Strategi Promosi Pariwisata

Hidup berdampingan dengan media digital, aplikasi travel memudahkan pengguna untuk mengakses informasi kapan saja dan dimana saja. Mulai dari informasi tempat wisata, penginapan terdekat hingga tiket perjalanan bisa dengan mudah diakses melalui platform travelling berbasis aplikasi mobile.

Strategi Branding Paling Jitu

Aplikasi Mobile untuk Strategi Promosi Pariwisata

Selain sebagai strategi promosi pariwisata, aplikasi travelling bisa sekaligus sebagai strategi branding paling jitu. Maksudnya, setiap kota bisa memiliki aplikasi travel-nya masing-masing yang memiliki interface yang berbeda dengan aplikasi travel di kota lain. Seperti Kota Solo yang sudah menggunakan aplikasi bernama “Solo Destination”, Kota Magelang dengan aplikasi “Ayo ke Magelang dan kota-kota lainnya yang sudah menggunakan aplikasi mobile sebagai strategi branding wisata di kota mereka. ( Baca : Penerapan Smart Tourism Dalam Pengelolaan Pariwisata Daerah )

Seperti yang sudah diuraikan diatas, penggunaan aplikasi mobile untuk strategi promosi pariwisata bisa menjadi terobosan baru untuk membantu meningkatkan potensi wisata daerah. Setiap kota bisa membangun dan mengembangkan aplikasi travel-nya masing-masing untuk membantu mendongkrak kunjungan wisatawan, baik lokal maupun wisatawan asing. Peluang besar di tekhnologi mobile ini sudah dimanfaatkan oleh puluhan kota untuk meningkatkan promosi destinasi wisata untuk memberikan penyampaian informasi wisata dan akses layanan publik menjadi lebih mudah, akurat, dan terpercaya dalam aplikasi smartphone. Jogja, Kendal, Solo, Magelang, Denpasar, Sragen, Rembang, Demak, Purworejo, Bantul, Sabang, Sleman, dan Batu sudah tercatat memanfaatkan aplikasi mobile sebagai portal panduan wisata dan pustaka kota. Bagaimana dengan kota Anda? Untuk info lengkap silahkan menuju link berikut http://bit.ly/mCityDirectory

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment