Perusahaan IT Konsultan dengan Segudang Pengalaman

Perusahaan IT Konsultan dengan Segudang Pengalaman

Dalam dekade terakhir, banyak perusahaan dan institusi pemerintah yang mulai menyadari pentingnya perekrutan tenaga TI dalam operasional hariannya. Institusi tersebut bermaksud menghubungkan banyak sistem yang dimilikinya sehingga menjadi bersifat integratif dan menghasilkan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Namun, di banyak kasus, tenaga ahli di bidang TI saja tidak cukup. Perusahaan maupun institusi pemerintah membutuhkan konsultan TI. ( BacaSedang Memilih Konsultan IT Untuk Perusahaan? Perhatikan 5 Hal Berikut )

Konsultan TI merupakan pekerjaan lepasan yang berfokus pada pemberian saran kepada pemilik organisasi tentang bagaimana cara memaksimalkan teknologi informasi guna mencapai tujuan utama.

Konsultan ini menyediakan saran dari pihak-pihak yang memang sudah ahli di bidangnya. Umumnya, konsultan TI juga bisa menyediakan jasa rancangan dan desain sistem komputer, maupun mengintegrasikan hardware, software, serta teknologi komunikasi. Aspek lainnya, konsultan TI juga biasa memperkirakan, menangani, mengimplementasikan, dan menyebarkan pun mengatur admin sistem perusahaan.

Industri konsultan TI sendiri bisa dipecah ke dalam empat sistem:

1) Perusahaan layanan profesional yang menangani perusahaan besar dan beraset besar;
2) Perusahaan penyedia tenaga ahli yang menempatkan ahli teknologi di perusahaan berkontrak sementara;
3) Konsultan independen yang mempekerjakan diri sendiri; dan
4) Konsultan keamanan informasi.

Melihat kebutuhan jasa konsultasi yang semakin meningkat dari hari ke hari, Gamatechno pun sadar bahwa bidang ini penting untuk dikembangkan. Maka dari itu, salah satu lini yang Gamatechno sediakan adalah Gamatechno Consulting and Training. Jasa ini berfokus pada kegiatan penyiapan perencanaan implementasi teknologi informasi serta pelatihan di bidang teknologi.

Secara garis besar, kegiatan Consulting yang dilakukan meliputi: penyusunan master plan dan/atau blueprint, serta audit teknologi informasi dan audit jaringan.

Di bidang penyusunan perencanaan, perusahaan/perguruan tinggi/pemerintah daerah dapat memiliki persiapan strategi implementasi yang berhubungan dengan teknologi yang digunakan, cakupan perangkat lunak yang dioperasikan, merakit perangkat keras dan jaringan, memiliki rencana perubahan organisasi, estimasi biaya yang dibutuhkan, hingga memasuki tahap pengembangan dan pengelolaan risiko yang berpotensi muncul.

Sedangkan, untuk bidang audit, tujuan yang mampu dicapai adalah melakukan evaluasi secara sistematis dan objektif oleh auditor teknologi. Audit ini akan memberikan nilai tambah juga meningkatkan kinerja pihak yang diaudit—karena meliputi gambaran kekurangan maupun masalah yang mungkin terjadi, serta dilengkapi dengan rekomendasi solusi penyelesaian performa dan keamanan jaringan.

Kembali ke masterplan dan blueprint, Consulting Gamatechno sudah memiliki struktur dokumen success metric yang universal, yaitu:
1) visi dan misi TIK perusahaan;
2) posisi TIK bagi institusi;
3) kondisi existing TIK;
4) usulan arsitektur sistem TIK;
5) arsitektur bisnis;
6) arsitektur aplikasi;
7) arsitektur infrastruktur;
8) roadmap pengembangan; dan
9) tata kelola TIK.

Dalam perjalanannya, Consulting dari Gamatechno ini telah menangani banyak perusahaan maupun institusi pemerintah. Sebut saja: Kejaksaan Agung Republik Indonesia (tahun 2015-2019); Pemkot Kendari; Pertamina Foundation; Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Pemerintah Kabupaten Rembang; Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Bangka; Bank Central Asia (BCA); dan masih banyak lainnya. ( Kunjungi Link Berikut untuk Penjelasan Lebih lengkap tentang gtConsulting )

Sedangkan, di bagian Training, Gamatechno berfokus kepada tiga pelatihan pokok: Big Data Training Series, Security Training Series, dan GTFW Training Series.

Big Data Training Series bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan diri dalam hal analisis big data, baik itu secara teknis maupun praktis. Nantinya, hasil dari pelatihan ini adalah menjadikan peserta memperoleh gambaran pengelolaan big data sesuai dengan sudut pandang yang relevan bersolusi konkrit. Sehingga ketika diaplikasikan ke organisasi masing-masing hal ini akan memperbaiki pengambilan keputusan berbasiskan data yang awalnya tidak terstruktur menjadi terstruktur.

Di dalam seri big data ini terdapat beberapa fokus yang bisa diambil, antara lain: TUV Big Data Certification, Big Data Administrator Training dan Sertifikasi, Big Data Engineer Training dan Sertifikasi, dan Big Data for Executive Training

Berikutnya, Security Training Series berorientasi pada pemahaman konsep dan praktik di bidang keamanan sistem komputer. Di dalamnya, peserta pelatihan akan dibekali materi tentang ancaman peretasan, intrusion detection, DDOS attack, serta langkah-langkah pencegahannya di institusi masing-masing.

Bagian terakhir adalah GTFW Training Series yang merupakan perpanjangan layanan GTFW, yaitu framework yang didesain khusus oleh Gamatechno. Kerangka ini bermanfaat untuk mengembangkan software (sistem informasi) skala enterprise secara agile. Pelatihan ini ditujukan untuk berbagi wawasan tentang mudahnya membuat sebuah aplikasi web menggunakan GTFW. Dengan sertifikat GTFW, peserta berpotensi bekerja sama dengan klien Gamatechno yang jumlahnya lebih dari 200 instansi. ( Lebih lengkap Tentang gtTraining )

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment