Platform Cloud dengan Jaminan Keamanan Kelas Internasional

Platform Cloud dengan Jaminan Keamanan Kelas Internasional

cloud

Beberapa waktu lalu sempat tersiar berita mengenai foto-foto selebriti Holywood yang berhasil diretas oleh hacker. Sebut saja Kim Kardashian, Jenifer Lawrence, dan Kate Upton ketar ketir ketika foto-foto pribadi yang disimpan di dalam iCloud tersebar dengan bebas di dunia maya. Hal ini membuat anda khawatir untuk menyimpan data pribadi ke dalam cloud. Bagaimana tidak, iCloud yang menggunakan enkripsi 128 bit minimum yang setingkat dengan tingkat keamanan yang diterapkan oleh lembaga keuangan besar, datanya dapat ‘dicuri’ dan dapat dilihat oleh semua pengguna internet.

Menangapi hal itu, CEO Apple memberikan sanggahan bahwa memang akun-akun selebriti yang diretas sudah menjadi incaran hacker. Namun tidak dapat dipungkiri hal ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya keraguan masyarakat untuk melakukan penyimpanan data di dalam cloud. Menindak lanjuti hal ini, pihak Apple kemudian akan memperketat sistem keamanannya untuk memperbaiki dan mengembalikan kepercayaan masyarakat.

Hal yang menjadi perhatian dalam penerapan teknologi ini sedari awal adalah tingkat sekuritas dan privasi. Kedua hal ini telah kita singgung dalam artikel sebelumnya. Tingkat sekuritas atau keamanan memang awalnya diragukan dalam implementasi cloud di Indonesia namun teknologi ini dilengkapi dengan standar keamanan yang wajib dimiliki oleh penyedia jasa layanan cloud. Salah satu aturan yang mengatur sitem keamanan untuk platform cloud adalah ISO 27002, yang merupakan standar praktek keamanan informasi dan tingkat keamanan. Karena itu, baik penyedia jasa layanan maupun pengguna memang harus menjaga keamanan secara dua arah dengan cara mematuhi standar keamanan yang telah ditentukan.

Belajar dari kejadian ini, anda tentunya harus lebih cermat dalam memilih layanan cloud. Anda harus memilih layanan dengan jaminan keamanan yang tinggi, terutama untuk korporasi. Pelajari dulu lebih jauh mengenai sistem cloud yang akan anda gunakan, apa saja kelebihan yang dapat anda peroleh dan resiko yang mungkin terjadi selama penggunaan sistem ini.

PT Gamatechno sebagai salah satu penyedia layanan jasa cloud akan memberikan edukasi terlebih dulu agar klien merasa nyaman dan percaya. Perusahaan jasa IT yang kantor pusatnya terletak di Yogyakarta ini memiliki salah satu program unggulan dalam menyediakan layanan cloud yang dikhususkan untuk perguruan tinggi yaitu eCampuz. Dengan tingkat sekuritas yang tinggi, eCampuz memberikan jaminan bahwa data-data anda akan tersimpan dengan baik. Sebagai salah satu penyedia jasa yang terpercaya, PT Gamatechno menjalin kerjasama dengan salah satu penyedia jasa layanan cloud terkemuka di Indonesia. PT Gamatechno menjadi mitra solusi bagi Indonesian Cloud yang merupakan penyedia jasa layanan cloud terpercaya, memiliki sertifikat teknologi secara independen dan memiliki tingkat level keamanan paling tinggi di Indonesia.

Leave a comment