5 Langkah Jitu Promosikan Potensi Pariwisata Daerah

5 Langkah Jitu Promosikan Potensi Pariwisata Daerah

Blog.Gamatechno.com – Dunia yang terimbas arus globalisasi seperti saat ini telah memunculkan banyak kesempatan baru. Pariwisata menjadi salah satu anak emasnya. Wisatawan domestik maupun mancanegara sama-sama ingin mengeksplor tempat-tempat baru sebanyak mungkin. Tidak hanya bagi wisatawan, kesempatan baru ini juga menjadi sasaran banyak pemodal yang melihat adanya pasar strategis baru.

Pertanyaannya berikutnya, seberapa siap daerah-daerah tujuan wisata dalam menyambut euforia ini? Sayangnya, banyak daerah di Indonesia yang masih setengah matang dalam mengelola aset wisatanya. Hal ini tidak sepenuhnya salah pengelola setempat. Namun, perlu dilihat ke belakang bahwa keseriusan secara regulasi pemerintah di bidang pariwisata pun masih berumur jagung. Baru ketika fenomena globalisasi marak, sektor pariwisata mulai digenjot sekuat tenaga.

Hari ini, sektor pariwisata terutama pariwisata daerah di Indonesia masih sangat menggeliat. Proses yang masih berjalan ini di sisi lain justru memberikan keuntungan tersendiri. Sebab, masih banyak potensi yang bisa digali, termasuk cara-cara promosi yang bisa ditempuh (Baca : Strategi Optimalisasi Media Digital Pariwisata ).  Berikut ini Gamatechno rangkum lima langkah jitu untuk mempromosikan pariwisata daerah.

1. Perbaiki Akses, Infrastruktur dan Fasilitas

blog duta wisataTidak ada sektor pariwisata yang sukses tanpa ditunjang infrastruktur memadai. Infrastruktur bisa dibilang merupakan pilar utama untuk mencapai tujuan pariwisata yang berkelanjutan. Artinya, dengan infrastruktur yang semakin baik, maka akan semakin membuat betah wisatawan. Apalagi kalau destinasi wisata memiliki akses yang mudah dijangkau serta menyediakan fasilitas memadai. Ketersediaan berbagai aspek tersebut tidak hanya bertujuan untuk membuat pengunjung nyaman, namun juga akan menambah pun menghargai estetika objek yang diunggulkan.

2. Gandeng Investor

blog investor
Di Indonesia, perekonomian daerah akan jalan di tempat kalau hanya mengandalkan pemerintah. Di sektor pariwisata, seharusnya hubungan vitalnya adalah antara pengelola setempat, pemerintah, dan investor swasta. Namun perlu diperhatikan bahwa bentuk kerja samanya tidak boleh timpang dan malah merugikan salah satu atau semua pihak. Investor swasta di sini harus mampu melakukan branding terhadap pariwisata daerah dengan baik. Pun, apabila dipegang oleh swasta, seharusnya pelayanan pariwisata di daerah bisa berjalan profesional.

3. Pilih duta wisata

SONY DSC
Kalau secara infrastruktur, pengelolaan, serta aspek penting pendukung terjaminnya pariwisata daerah sudah berjalan baik, langkah selanjutnya adalah memiliki ujung tombak promosi. Maka, posisi duta wisata menjadi signifikan di sini. Duta wisata adalah wajah pariwisata daerah yang diwakilinya. Keberadaan duta wisata akan mempermudah penyebaran informasi tentang pariwisata daerah kepada masyarakat luas—hingga ke daerah lain.

4. Manfaatkan Internet

Online booking key on computerSaat ini, promosi konvensional tidak bisa terlalu diandalkan. Internet-lah yang menjadi tulang punggung baru untuk promosi pariwisata daerah. Pengelola harus memiliki website yang representatif dan informatif. Masalahya, hal ini sampai sekarang masih diabaikan. Banyak website tentang potensi di daerah-daerah yang hanya asal ada dan tidak diperbarui secara rutin. Padahal, website inilah yang menjadi salah satu rujukan utama wisatawan domestik dan mancanegara sebelum memilih destinasi wisata. Selain website, media sosial dan efek word-of-mouth-nya saat ini juga menjadi faktor yang menentukan keberhasilan promosi. ( BacaPenerapan Smart Tourism dalam Industri Pariwisata di Indonesia )

5. Membuat Aplikasi Mobile Official Kota

m-city

 

Masih di ranah digital, jurus terakhir dalam mempromosikan pariwisata daerah adalah memiliki aplikasi mobile berbasis smartphone. Salah satu contohnya adalah mCity. Keberadaan aplikasi mobile akan memudahkan wisatawan dalam memperoleh informasi dan menjelajahi suatu daerah. Selain itu, aplikasi mobile juga bisa berfungsi untuk membangun city branding. Bukankah exposure semacam ini yang sama-sama diharapkan oleh wisatawan, pengelola, maupun investor? ( Baca jugaIni 5 Alasan Penting Tiap Kota Harus Memiliki Aplikasi Mobile Resmi Perkotaan )

Pariwisata daerah adalah salah satu faktor utama dalam membantu percepatan pembangunan. Selain itu, citra suatu daerah juga sangat ditentukan oleh sektor pariwisatanya. Masyarakat luas bakal menilai suatu daerah layak atau tidak untuk dikunjungi biasanya dari impresi sewaktu berwisata. Oleh karena itu, berbagai alternatif langkah promosi patut untuk dicoba.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment