Revaluasi Aset, Langkah yang Menguntungkan Perusahaan

Penilaian kembali aset tetap perusahaan atau revaluasi aset membantu perusahaan untuk melakukan penghitungan kembali terhadap penghasilan dan biaya. Mengapa perusahaan perlu melakukannya? Tentu saja dengan melakukan revaluasi aset maka akan terlihat kemampuan perusahaan yang sebenarnya.

Namun, dalam perhitungannya, aset yang dapat masuk ke revaluasi aset adalah aset tetap berwujud dan terletak di Indonesia yang bersifat dimiliki dan juga digunakan. Misalnya seperti aset property, yang tentu saja perhitungan ini berdasarkan nilai pasar saat itu.

Apakah ada dasar hukum yang mengatur revaluasi aset?

revaluasi aset, dasar hukum revaluasi aset, langkah menguntungkan perusahaan
Tentu saja ada dasar hukum yang mengatur mengenai revalusi aset, yaitu UU No 36 Tahun 2008 Pasal 19 ayat 1 tentanG Perubahan Keempat atas UU No 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan. UU ini mengatakan jika Menteri Keuangan mempunyai hak untuk menetapkan peraturan tentang penilaian kembali aset dan faktor penyesuaian bila terhadi ketidaksesuaian unsur biaya dengan penghasilan. Sehingga dengan adanya dasar hukum ini, revaluasi aset perlu dilakukan oleh perusahaan, ditambah juga dengen beberapa keuntungan yang didapat oleh perusahaan.

Apa saja keuntungan melakukan revaluasi aset?

Perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari revaluasi aset sebagai berikut:

Kewajiban Pajak Perusahaan akan semakin ringan

Nilai aset perusahaan yang akan bertambah maka akan berdampak pada biaya penyusutan yang juga akan bertambah. Direktorat Jenderal Pajak dan Kementerian Keuangan mengatakn jika naiknya biaya oenyusutan setelah proses revaluasi yang dibebankan dalam laporan keuangan akan membantu meringankan kewajiban perpajakan perusahaan

Menunjukan nilai riil kekayaan

Nilai aset tetap terlihat wajar di laporan keuangan perusahaan setelah melakukan revaluasi. Sehingga untuk perusahaan besar yang cukup dikenal masyarakat luas, revaluasi aset akan membuat nilai aset menjadi lebih riil dan realistis.

Meningkatkan minat investor

Setelah perusahaan melakukan revaluasi aset, maka keuangan akan semakin terkontrol dan tentu saja hal ini menarik investor melihat peluang yang baik di perusahaan Anda. Performa keuangan yang baik akan membuat perusahaan dengan mudah mendapatkan dana dari penawaran saham dan penerbitan obligasi.

Mempermudah merger perusahaan

Jika kedua perusahaan yang akan merger melakukan revaluasi aset, maka akan bertemu dengan nilai aset yang sesungguhnya dan perusahaan akan mudah melakukan merger.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari mengenai revaluasi aset dan keuntungan yang akan didapat perusahaan jika melakukan revaluasi tersebut. Anda dapat mulai memepelajarinya dan mempertimbangkan untuk melakukan hal ini. Pemerintahpun mendukung jika perusahaan melakukan revaluasi aset.