pendaftaran perguruan tinggi

Saatnya Hadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Impianmu

 

Ujian Nasional SMA/SMK telah berakhir! Untuk sekolah menengah atas dan sederajat, ujian telah dilangsungkan tanggal 13-15 April 2015 kemarin. Untuk mempersiapkan ujian ini, baik sekolah maupun siswa baru membahu menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif. Sekolah memberikan pelajaran tambahan sesuai konsentrasi studi siswa dan melakukan serangkaian try out. Di sisi lain, siswa mengikuti setiap latihan yang diberikan sekolah dengan serius. Biasanya, siswa juga mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah yang khusus mempersiapkan ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi.

Setelah berjuang dengan ujian nasional, kini saatnya menghadapi ujian masuk perguruan tinggi impianmu. Untuk memasuki perguruan tinggi impian memang tidak mudah. Siswa akan melalui seleksi ketat dengan jumlah rival yang tidak sedikit. Sebut saja Universitas Gadjah Mada (UGM), perguruan tinggi negeri yang sampai saat ini masih menjadi tujuan banyak siswa di berbagai daerah. Melalui Tempo.co, Direktur Akademik UGM Sri Peni Wastutiningsih merilis data jumlah pendaftar di kampusnya lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 hingga penutupan pendaftaran pada Ahad 15 Maret 2015. Jumlah pendaftar tahun ini mencapai 66.748 orang. Jumlah pendaftar itu lumayan besar apabila dibandingkan dengan kuota kursi mahasiswa baru di UGM untuk pendaftar SNMPTN. UGM hanya menyediakan 3.381 kursi pada 66 program studi.

Jumlah kursi yang disediakan UGM untuk pendaftar SNMPTN hanya dapat menampung sedikit dari jumlah pendaftar, apalagi masing-masing jurusan memiliki kuota yang berbeda. Contohnya untuk jurusan Farmasi yang merupakan jurusan favorit, menyediakan kuota sebesar 120 sedangkan jumlah pendaftar sebesar 5.164 orang. Karena itu siswa harus menunjukkan performa terbaik selama mengikuti SNMPTN agar mendapatkan jurusan yang diinginkan.

Setelah pendaftar melakukan pendaftaran online dan penyerahan berkas, tahap selanjutnya adalah proses verifikasi data pendaftar SNMPTN lalu dilanjutkan dengan pengisian Nomor Ujian Nasional (NUN) pada sistem borang pendaftaran. Siswa yang telah menerima NUN dari Kemendikbud, diminta segera melakukan login kembali ke laman Panitia SNMPTN untuk pengisian data itu. Setelah itu Kartu Tanda Peserta SNMPTN akan dicetak dan jadwal pengisian pada 14 sampai 28 April 2015.

Pendaftaran online memang menjadi salah satu keunggulan sebuah perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dengan menggunakan sistem pendaftaran online seperti yang di terapkan UGM, calon mahasiswa dapat lebih mudah melakukan pendaftaran. Biasanya, untuk melengkapi fasilitas pendaftaran online perguruan tinggi juga akan melakukan kerjasama dengan bank untuk pembayaran secara online.

Kedua keunggulan inilah yang juga terdapat pada eCampuz. eCampuz yang merupakan sistem operasi berbasis cloud yang di miliki oleh Gamatechno dapat membantu perguruan tinggi untuk mewujudkan penerapan sistem online. Dalam fitur admisi, eCampuz menjadi portal pendaftaran online Ujian Masuk Perguruan Tinggi dan mendukung integrasi pembelian formulir online dengan Bank Mitra yang di pilih oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

Adanya fasilitas pendaftaran dan pembayaran online akan memudahkan calon mahasiswa dari berbagai daerah untuk menjangkau perguruan tinggi yang diinginkan. Calon mahasiswa yang berasal dari daerah lain mendapatkan akses dan kesempatan yang sama dengan calon mahasiswa yang berada di daerah yang sama dengan perguruan tinggi. Hal ini akan membuka peluang calon mahasiswa yang berkualitas dari berbagai daerah.(lia)

Download infografis Kontribusi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz Terhadap Penilaian Akreditasi Perguruan

Dapatkan penawaran menarik menggunakan aplikasi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz khusus untuk Anda!

Leave a comment