Sistem Informasi Akademik yang Sesuai PDDIKTI

Sistem Informasi Akademik yang Sesuai PDDIKTI

Pengelolaan data yang dimiliki oleh perguruan tinggi penting dilakukan karena menyangkut banyak kepentingan antara pihak kampus dengan civitas akademika, juga pemerintah dan publik. Sistem yang dibangun oleh pihak kampus dalam upaya pengelolaan data selalu mengikuti arahan dan peraturan sesuai kebijakan pemerintah sehingga selalu disempurnakan dan diperbarui. Sistem itu disebut dengan Sistem Informasi Akademik PD DIKTI yang keberadaannya dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan perguruan tinggi agar layanan yang dimiliki Universitas terkomputerisasi sehingga kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dimiliki semakin meningkat standarnya. (Baca : Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Sistem Informasi Akademik)

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi Terdiri dari:

a. Standar kompetensi lulusan;
b. Standar isi pembelajaran;
c. Standar proses pembelajaran;
d. Standar penilaian pembelajaran;
e. Standar dosen dan tenaga kependidikan;
f. Standar sarana dan prasarana pembelajaran;
g. Standar pengelolaan pembelajaran; dan
h. Standar pembiayaan pembelajaran.

Sistem Informasi Akademik PD DIKTI ini memungkinkan civitas akademika yang meliputi dosen, mahasiswa dan staf administrasi yang ada di perguruan tinggi dapat saling berinteraksi dan berkolaborasi untuk menunjang standar kegiatan akademik dalam perguruan tinggi tersebut. Implementasi dari sistem ini dirasa memiliki keunggulan yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

1. User Friendly
Tampilan menu yang disajikan dalam laman Sistem Informasi Akademik dirancang mudah dioperasikan tanpa menghilangkan informasi penting yang akan disampaikan.
2. Sesuai dengan kebutuhan Perguruan Tinggi
Sistem ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan pada Perguruan Tinggi untuk kegiatan seperti pada proses input pengambilan mata kuliah, format transkrip nilai, pengelolaan data mahasiswa dan dosen, pengelolaan program studi dan lain-lain.
3. Kompatibel dengan laporan DIKTI (SK-034)
Mengakomodir kebutuhan seperti pembuatan laporan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasiskan Evaluasi Diri) SK-034 dari DIKTI sehingga setiap semester dapat dibuat dengan cepat karena telah diambil dari kegiatan “transaksi” harian yang dilakukan oleh instansi Anda dengan cepat dan akurat.
4. Menekan Biaya Operasional
Memangkas biaya operasional dengan menerapkan sistem menjad langkah yang dinilai efektif untuk pengelolaan data akademik, efektifitas kerja serta biaya untuk kebutuhan pembelian alat tulis kantor (ATK).
5. Berbasis Web/Jaringan
Menggunakan sebuah jaringan lokal (LAN) maupun internet, Sistem Informasi Akademik ini memudahkan koordinasi dan efektifitas kerja.
6. Dikembangkan secara konsisten
Sistem ini secara berkesinambungan dan konsisten dikembangkan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuannya sehingga menyesuaikan dengan versi terbaru sistem laporan EPSBED ke DIKTI.

Sebagai partner perguruan tinggi, Gamatechno menghadirkan eCampuz, dimana Sistem Informasi Akademik berbasis Cloud ini telah memenuhi standar PDDIKTI seperti yang dijelaskan 6 Poin diatas. Dimana tujuan utama dari eCampuz ini membantu para operator kampus dalam mengintegrasikan data dari sistem akademiknya ke Forlap DIKTI. (BacaSistem Informasi Akademik Versi Cloud eCampuz ).

Code Heroes Merc
Leave a comment