Smart City Indonesia: Belajar dari 9 Inovasi Columbus Ohio Menuju Smart City

Smart City Indonesia: Belajar dari 9 Inovasi Columbus Ohio Menuju Smart City

Blog.Gamatechno.com – Smart city sedang menjadi primadona. Tidak hanya di negara berkembang saja seperti India dan Indonesia, tetapi negara maju sebut saja Amerika Serikat pun terkena demamnya. Kali ini inovasi yang dilakukan oleh Columbus di Ohio patut untuk disimak.

Pasalnya, belum lama ini The Buckye State memenangkan perlombaan konsep smart city yang diselenggarakan oleh Departemen Transportasi. Hadiahnya, Columbus memperoleh suntikan US$40 juta yang bebas dihabiskan untuk mendukung kota ini supaya menjadi “kota pertama yang mengintegrasikan teknologi inovatif secara menyeluruh”. Tidak hanya berhenti sampai di situ, Columbus pun memperoleh tambahan pendanaan sebesar US$10 juta dari Vulcan untuk mendukung implementasi infrastruktur bagi kendaraan listrik.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Gamatechno rangkumkan sembilan inovasi yang dipersiapkan oleh Columbus.

1. Smart Ligthing Penerangan cerdas

smart-lighting-will-provide-free-wifi-throughout-most-of-linden-the-northeastern-part-of-columbus-ohio Teknologi ini akan menyediakan sinyal WiFi yang bisa dimanfaatkan oleh publik. Jadi selain sebagai penerangan dari kegelapan, lampu yang dipasang mempunyai kegunaan lain yang lebih wow. Karena smart lighting ini mempunyai sensor yang otomatis aktif kalau mendeteksi gerakan manusia.

2. Layanan Kiosks Rapid Bus

sidewalk-labs-could-provide-kiosks-to-provide-transit-information-about-the-citys-rapid-bus-service-1Seperti namanya, Kiosks Rapid akan menyediakan informasi tentang rute transit dari layanan bus yang ada. Informasi yang diberikan pun bukan yang bersifat statis, tetapi real-time. Keuntungannya, masyarakat bisa dengan tepat memperkirakan kapan bus yang akan dinaikinya tiba. Selain itu, teknologi ini juga memberikan info tempat terdekat di mana masyarakat bisa meminjam sepeda publik serta berbagai info berkaitan dengan event hingga lowongan pekerjaan.

3. Aplikasi Transportation Mobility

a-mobility-app-will-give-people-real-time-information-of-different-transportation-options-they-can-use-to-get-to-their-destinationBerbeda dengan Kiosks Rapid, aplikasi ini dikhususkan untuk layanan transportasi. Trasnportation Mobility menyajikan informasi real-time tentang berbagai pilihan moda transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai tempat tujuan lengkap dengan tarifnya. Columbus diduga akan menggandeng Sidewalk Lab untuk adopsi teknologinya.

4. Elektrik, mobil self-drivingelectric-self-driving-cars-will-transport-workers-around-easton-a-large-shopping-center-in-columbus

Ini adalah salah satu teknologi terbaru yang bikin heboh dunia. Di Columbus, mobil yang berjalan otomatis ini akan mengantarkan para pekerja di sekitar Easton, pusat perbelanjaan terbesar di Columbus. Rencananya, setiap mobil listrik bisa mengangkut 12 orang sekaligus.

5.Truck Platooning

Truk columbus smart city

Selain kebutuhan individu, Columbus ikut memperhatikan kebutuhan publik. Truk ini digunakan untuk memindahkan barang-barang kebutuhan rutin dengan lebih efisien. Rencananya, truk ini bakal beroperasi secara otomatis. Truk pertama akan dikemudikan oleh supir, sedangkan truk di belakangnya akan mengikuti secara otomatis berkat adanya sensor cerdas.

6. Smart Pass

smart pass smart city ohio

Ini yang paling keren. Smart Pass memungkinkan penduduk untuk memperoleh akses ke semua transportasi publik, cukup dengan satu kartu. Sistem dari teknologi ini seperti e-money. Penduduk harus mendepositkan sekian dollar dan setelahnya bisa digunakan di seluruh transportasi baik itu publik maupun swasta. Pun untuk penduduk yang berekonomi menengah ke bawah dimungkinkan untuk memperoleh subsidi. Konsep ini sama dengan JogjaPass, platform pintar untuk Jogja Istimewa yang dikembangkan Gamatechno dan AINO Indonesia.

7. Aplikasi Parking Spot

an-app-will-let-you-know-where-the-nearest-parking-spot-isSeperti yang kita saksikan di tayangan TV maupun film-film, Amerika memiliki sistem parkir yang lumayan membingungkan. Apalagi kalau di tengah kota. Aplikasi ini akan menyediakan informasi tentang tempat parkir terdekat yang bisa diakses.

8. Stasiun pengisian daya dan mobil listrikcolumbus-will-release-more-electric-buses-and-spur-the-conversion-to-electric-cars-by-setting-up-more-charging-stations-throughout-the-city

Columbus akan meluncurkan lebih banyak bus listrik dan melakukan konversi ke mobil listrik bagi penduduknya. Untuk mendukung kebijakan ini, pemerintah juga menyediakan stasiun pengisian daya listrik di seluruh kota.

8. Panel Surya untuk mobil listrik

installing-solar-panels-will-help-charge-electric-vehicles-at-nightTerakhir, teknologi panel surya ikut diimplementasikan pada tempat-tempat parkir mobil listrik yang ada. Hal ini akan membantu proses pengisian daya sehingga lebih efektif dan mudah.

Itulah sembilan inovasi keren yang akan diimplementasikan oleh Columbus, Ohio untuk menuju smart city. Indonesia sangat bisa ikut mengadopsi teknologi serupa. Pastinya seluruh inovasi tersebut tidak hanya menguntungkan publik, tetapi juga lingkungan hidup.

Sumber : Business Insider

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment