Smart City Indonesia: Sudah Seberapa Smart-kah Kotamu?

Smart City Indonesia: Sudah Seberapa Smart-kah Kotamu?

Blog.Gamatechno.com – Saat ini banyak kota di Indonesia mulai berlomba-lomba untuk menjadi smart city. Beberapa kepala daerah di Indonesia mulai berlomba-lomba mencanangkan konsep ‘kota pintar’ ini. Dari Ridwan Kamil (Walikota Bandung), dan Basuki Tjahaja Purnama (Gubernur Jakarta) diikuti kepala-kepala pemerintahan di daerah lainnya seperti Banda Aceh, Balikpapan, hingga Banyuwangi.

Di beberapa kota di Indonesia sendiri ide smart city tercetus salah satunya karena populasi manusia yang semakin meningkat tajam. Menurut prediksi ditahun 2050 jumlah penduduk dunia akan menyentuh 8.5 miliar jiwa. Populasi yang meningkat ini mendorong lahirnya arus urbanisasi, termasuk di negara berkembang seperti Indonesia. Adanya arus urbanisasi yang meninggi ini melahirkan masalah-masalah di perkotaan, mulai dari masalah sosial ekonomi, lingkungan, kesehatan hingga edukasi.

Oleh karena itu, konsep smart city hadir untuk meminimalisir dampak dari arus urbanisasi, sekaligus memberikan tata kota yang mampu memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi secara cepat dan tepat.

Seiring dengan perkembangan teknologi seperti saat ini tentu sangat mendukung untuk mengubah kota-kota besar di Indonesia menjadi smart city. Lalu, bagaimana kah sebuah kota bisa disebut smart city? Beberapa poin berikut bisa menjadi acuan untuk melihat apakah kota sudah menjadi sebuah smartcity atau belum.

1. Sudahkah menerapkan teknologi informasi pada pelayanan publik?

Sebuah smart city di bentuk salah satu tujuan utamanya adalah demi memberikan fasilitas akan kemudahan bagi warganya. Beragam pelayanan publik yang tadinya susah dijangkau oleh masyarakat karena faktor birokrasi. Kemudian sistemnya dirubah menjadi serba online, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya, dan memanfaatkannya. Apabila kota yang Anda tinggali saat ini telah menerapkan hal ini berarti kota tersebut telah selangkah lebih dekat untuk menjadi sebuah smart city. Beberapa contoh penerapan TIK dalam pelayanan publik diantaranya Bandung Command Center, situs LAPOR oleh UKP-PPP, serta Jakarta Smartcity Website

2. Sudahkah memanfaatkan teknologi informasi secara optimal dalam lingkungan kerja pemerintahan?

Tidak hanya membenahi dari segi pelayanan publiknya semata. Sebuah kota yang ingin melangkah menjadi sebuah smart city juga harus menerapkan teknologi informasi ke dalam lingkungan pemerintahan. Semua penyelenggaraan pemerintahan tidak lagi direkam secara manual, melainkan tercatat dengan rapi didalam sistem yang telah terintegrasi dengan seluruh divisi didalam sebuah pemerintahan. Hal tersebut tentu akan mendorong berbagi pakai data yang sama didalam lingkup pemerintahan. Selain itu, transparansi terhadap kinerja pemerintah kepada masyarakat luas dapat dengan mudah dilakukan. Beberapa contoh penerapannya adalah  e-goverment, dan e-budgeting.

3. Apakah kota Anda mempunyai inovasi terbaru dibidang teknologi informasi yang ditawarkan untuk publik?

Salah satu ciri khas sebuah smart city adalah dengan hadirnya beragam inovasi-inovasi baru dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat kota tersebut. Jadi sudahkah Anda merasakan adanya inovasi-inovasi terbaru di kota Anda tinggal saat ini? Inovasi ini bisa berupa informasi hasil pangan, informasi kondisi lalu lintas, informasi transparasi dana pemerintahan, dan sebagainya. Salah satu contoh inovasi yang telah diterapkan di salah satu kota di Indonesia adalah pengembangan aplikasi mobile city untuk keperluan promo pariwisata. 

       Baca juga : Smart Government Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Dalam perjalanan membangun sebuah smart city bisa dibilang bukan sebuah perkara yang mudah. Permasalahan terkait infrastruktur, koordinasi antar beragam elemen, dan kesiapan sumber daya manusianya sendiri menjadi sebuah tantangan besar yang harus dihadapi. Tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah semata. Dukungan dari berbagai elemen masyarakat sangat diperlukan demi keberhasilan program smart city di kota-kota besar di Indonesia, yang pada akhirnya akan mendorong Indonesia menjadi semakin maju.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment