5 Hal yang harus kamu persiapkan sebelum jalan-jalan ke Surakarta

5 Hal yang harus kamu persiapkan sebelum jalan-jalan ke Surakarta

Blog.Gamatechno.com – Apakah kamu berencana untuk liburan ke salah satu kota budaya , Surakarta atau lebih dikenal kota Solo? Salah satu Smart City di Indonesia ini yang menawarkan eksotisme budaya dan sejarah. Salah satu kota destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.  Berikut lima hal yang perlu kamu persiapkan sebelum menjelajah kota dengan slogannya “Spirit of Java”.

  1. Rencanakan akomodasi perjalananmusurakarta

Sebagai kota yang terus berkembang pesat, kota Solo menawarkan kemudahan akomodasi wisata. Berlokasi di tengah pulau Jawa, perjalanan ke kota Solo cukup mudah diakses dari manapun. Didukung dengan tersedianya bandara, beberapa stasiun kereta dan terminal bus, semua bisa jadi pilihan akses perjalanan ke kota ini.

Ketika sudah sampai, akomodasi perjalanan dalam kota juga sangat mudah dan menarik. Jika kamu tidak ingin berkendaraan pribadi, kamu bisa mencoba naik kendaran umum khas solo. Diantaranya bus tingkat “Werkudoro”, Rail Bus ”Bathara Kresna” atau Bus Rapid Transit Batik “Solo Trans”. Bahkan kamu juga bisa keliling kota Solo dengan kereta uap zaman Belanda, yang sering disebut “Sepur Kluthuk Jaladra”. Tentu semua akomodasi ini hanya bisa ditemukan di kota Solo.

  1. Tentukan Tempat Wisata yang akan dikunjungi

surakarta

Ingin menikmati wisata budaya dan sejarah? Kamu bisa mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Beberapa museum juga bisa dikunjungi, seperti museum Batik Danar Hadi  dan museum Radya Pustaka yang merupakan museum tertua di Indonesia.

Sementara jika ingin wisata alam, cukup tempuh 1-1,5 jam perjalanan dari kota. Kamu akan temukan wisata air terjun Tawangmanu. Salah satu destinasi favorit wisatawan di kota Solo.

  1. Jangan lupa icip kuliner khas kota Solo

surakartaSelain mengunjungi tempat-tempat wisata, kuliner khas Solo jadi hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Cicipi Nasi Liwet khas Solo, Serabi Notokusuman dan tentu jangan lupa Tengkleng Pasar Klewer. Tulang kambing dengan daging yang menempel beserta kuahnya, pasti akan membuat mu bergoyang lidah. Semakin menarik, harga kuliner disini sangat bersahabat. Kamu tak perlu khawatir isi dompet terkuras karena mencicipi makanan lezat khas kota yang kaya jenis kuliner ini.

  1. Pilih penginapan sesuai kebutuhan dan budget

surakarta

Kota Solo menawarkan pilihan penginapan yang mudah dan nyaman bagi wisatawan. Banyak penginapan low budget sampai hotel berbintang lima yang bisa dipilih. Kamu perlu mengatur dana wisatamu untuk menentukan penginapan yang sesuai. Lokasi wisata yang akan dikunjungi juga bisa menjadi pertimbangan menentukan penginapan yang pas.

  1. Install aplikasi Solo Destination di gadget mu

surakarta

Sebagai kota yang serius bertransformasi menjadi smart city yang ramah wisatawan, Kota Solo sudah bekerjasa sama dengan Gamatechno meluncurkan aplikasi City Guide pertama di Indonesia. Aplikasi bernama Solo Destination, menjadi sarana informasi dan navigasi bagi wisatawan menyusuri kota Solo. Sangat memudahkan akses beragam informasi, dari mulai kuliner, pusat belanja, hotel, penginapan, tempat wisata, bahkan agenda kota terkini. Cukup install aplikasi di perangkat smartphone-mu, maka perjalanan wisata ke Kota Solo makin mudah dan menyenangkan.

Dengan lima tips diatas, kamu sudah siap untuk menjelajah kota Solo. Sekarang tentukan jadwal liburanmu dan selamat menikmati keindahan kota eksotis dan indah, Solo!!

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment