5 Kota Terpintar di Dunia, Siapa Saja Mereka?

5 Kota Terpintar di Dunia, Siapa Saja Mereka?

Blog.Gamatechno.com – Perusahaan Juniper Research yang berbasis di Inggris telah mengeluarkan daftar smart city di dunia yang dinilai paling pintar di tahun 2016. Kalau sebelumnya di 2015 yang menjadi pemimpin puncak smart city paling pintar di dunia adalah Barcelona, untuk 2016 Singapura-lah yang merebut tahta tersebut. Singapura memperoleh nilai yang memuaskan dari aspek adopsi teknologi cerdas, pencahayaan cerdas, penggunaan teknologi untuk mengatasi permasalahan lalu lintas, titik-titik akses nirkabel (Wi-Fi), penetrasi smartphone, serta bentang penggunaan aplikasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut Gamatechno rangkum daftar lima besar kota tercerdas di dunia!

1. Singapura

smart city dunia singapore

Dengan ukuran luas kota yang tidak terlalu besar, Singapura mampu mewujudkan program Smart Nation. Program ini diluncurkan oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada akhir 2014. Singapura tidak cuma menerapkan teknologi standar pada warganya. Belakangan, dipasang pula banyak sensor dan kamera yang tersebar di seluruh penjuru pulau. Teknologi ini memungkinkan pemerintah untuk memantau segalanya, mulai dari kebersihan ruang publik hingga tingkat kepadatan keramaian serta pencatat gerakan yang akurat dari setiap kendaraan pribadi terdaftar.

2. Barcelona

smart city dunia barcelonaBarcelona pada tahun sebelumnya, 2015, menduduki posisi puncak. Meski turun peringkat, kota ini tetap mantap dengan predikat smart city-nya. Pembangunan smart city dimulai pada 2012 ketika Walikota Xavier Trias membangun sebuah proyek besar yang dinamai Smart City Barcelona. Hal yang dijadikan kebanggaan utama Barcelona adalah keberadaan portal App4BCN yang memungkinkan pengguna serasa memiliki akses kota ini di dalam genggaman, transportasi pintar yang bahkan sudah mengimplementasikan energi listrik ramah lingkungan, smart city campus, serta smart governance.  

3. London

Smart city londong Posisi ketiga ditempati oleh London yang sampai rela mengeluarkan dana sangat besar untuk terwujudnya smart city ini. London merupakan rumah bagi 40 ribu perusahaan digital serta ada sekira 200 ribu karyawan yang bekerja di sektor teknologi. Untuk mendukung warganya, London membangun smart city yang mempermudah komunikasi, transportasi, serta koneksi bisnis. Selain itu, di sektor pemerintahan pun London juga menerapkan smart policies and programmes. Kebijakan ini langsung berdampak pada warga London serta perusahaan yang ada.

4. San Francisco

Smart city dunia san fransiscoSan Francisco adalah kota yang dipenuhi oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar. Sebut saja Goiogle, Apple, Snapchat, Ford Motor, dan sebagainya. Maka tidak heran kalau kota ini masuk ke dalam daftar kota terpintar. Kabar terbaru, San Francisco memperoleh pendanaan dari Departemen Transportasi Amerika Serikat dalam Smart City Challenge. Dana US$50 juta yang diterima dari federal digunakan untuk membangun infrastruktur smart city. Dalam pelaksanaannya, kota ini menyoroti terwujudnya transportasi terintegrasi dengan meminimalkan penggunaan mobil pribadi, menaikkan jumlah adopsi kendaraan listrik, sensor pintar yang bisa memonitor kemacetan serta penggunaan layanan publik, hingga teknologi baru untuk menggerakkan kendaraan secara otomatis.   

5. Oslo

smart city osloDi posisi ke lima ada Oslo yang berfokus pada konsumsi energi ramah lingkungan. Dengan implementasi teknologi smart city, kota ini terus memangkas konsumsi energi yang bisa meningkatkan emisi gas rumah kaca. Bahkan, pada 2020 Oslo menargetkan bisa memotong emisi hingga 50% dari lini transportasi, sehingga pada 2030 kota ini akan mencapai iklim natural 95%. Dari aspek teknologi, Oslo juga memasang sensor untuk memonitor parkir, pelayanan kesehatan (termasuk mengutamakan pasien berusia lanjut), hingga penerangan cerdas.
Bercermin dari lima besar smart city tercerdas di dunia tersebut di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa elaborasi antara teknologi dan ramah lingkungan adalah prioritas utama smart city. Ketika lingkungan bisa terus menopang keseharian, kualitas hidup masyarakat kota pun menjadi meningkat. Ke depannya, kompetisi untuk menjadi smart city terbaik bisa dipastikan akan semakin sengit dan menarik untuk diikuti.

Leave a comment