Pemanfaatan SMS Broadcast di dunia Perguruan Tinggi

Pemanfaatan SMS Broadcast di dunia Perguruan Tinggi

Perkembangan teknologi informasi bisa dimanfaatkan khususnya oleh perguruan tinggi untuk lebih memberikan pelayanan yang maksimal terutama untuk peserta didiknya. Perguruan tinggi sebagai sebuah perusahaan penyelenggara jasa pendidikan bisa berupaya untuk tetap mendekatkan diri dengan memanfaatkan teknologi informasi. (Baca : Kerugian Penggunaan Sistem Informasi Pembayaran Mahasiswa Secara Manual dalam Pembayaran Biaya Kuliah )

Teknologi telepon seluler semakin canggih dan semakin dekat dengan penggunanya bisa dimanfaatkan oleh perguruan tinggi untuk memberikan informasi. Semua orang tentu memiliki telepon seluler yang membuatnya mengetahui perkembangan dan update informasi secara lebih personal.

Kebutuhan yang semakin banyak dengan rentang waktu yang singkat, memaksa seseorang untuk selalu dekat dengan sumber informasi agar tetap mendapatkan akses. Tak terkecuali dengan hal-hal yang penting yang menyangkut urusan akademik didalam instansi perguruan tinggi. Insan perguruan tinggi terdiri dari beberapa pihak, mulai dari mahasiswa, karyawan hingga dosen dan pemangku kepentingan. Penggunaan IT dalam perguruan tinggi membantu para insan tersebut untuk mendapatkan kebutuhan akan informasi yang mereka perlukan. Salah satu produk IT yang penting untuk dimanfaatkan adalah SMS Broadcast.

Menilik kebelakang mengenai layanan SMS (short message service) berawal, yang diciptakan selama akhir 1980-an untuk bersinergi pada teknologi digital yang disebut GSM (Global System for Mobile communications). Teknologi ini berkembang dan menjadi dasar untuk model ponsel paling modern saat itu. SMS berkembang dan sekarang menjadi salah satu teknologi yang sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. SMS menjadi fitur dasar dari sebuah alat komunikasi telepon genggam yang berkembang dengan adanya internet dan bisa digunakan pada semua kalangan termasuk instansi tertentu, juga perguruan tinggi.

Awalnya, layanan SMS ini digunakan untuk mengirim pesan ke sejumlah besar orang pada suatu waktu, baik dari daftar kontak atau untuk semua pengguna dalam suatu area tertentu. Layanan ini disebut “broadcast” dan awalnya digunakan oleh perusahaan untuk menghubungi kelompok karyawan atau dengan layanan online didalam perusahaan untuk menyebarkan berita dan informasi kepada pelanggan.

Di dunia pendidikan, terutama beberapa perguruan tinggi telah menerapkan sistem SMS Gateway. Perguruan tinggi membangun kerjasama dengan operator seluler sebagai penyedia layanan SMS Gateway. Isi SMS bisa informasi mengenai pengumuman, pemberitahuan, penilaian, pengawasan, motivasi, jadwal pelajaran, waktu belajar, tugas mandiri, kehadiran dan lain sebagainya.

Umumnya Anda mendengar SMS Gateaway dan SMS Broadcast. Apa bedanya? SMS Gateway bersifat 2 arah yaitu bisa digunakan untuk tujuan broadcast dan reply atau membalas. Perusahaan yang biasa menggunakan layanan ini sebagai SMS center. Lalu, sistem SMS Broadcast adalah sistem yang dirancang untuk pengiriman SMS kepada nomor handphone secara massal tanpa bisa reply atau membalas.

SMS Broadcast atau SMS Gateaway merupakan produk dari kecanggihan IT yang memungkinkan penggunanya untuk menyebarkan informasi melalui pesan singkat (short message service) kepada tujuan penerima terkait dengan informasi tertentu dengan jumlah pengguna yang banyak sesuai daftar. SMS digunakan karena dinilai lebih efektif dan lebih personal langsung tertuju ke pengguna. ( BacaLayanan SMS Masking, Solusi Promosi Murah Untuk Usaha Anda )

Keuntungan menggunakan SMS Broadcast

1. Hemat
Daripada menggunakan media konvensional berupa kertas yang tercetak, instansi bisa menyebarkan informasi menggunakan fasilitas SMS broadcast dengan dampak yang lebih cepat. Selain cepat, SMS broadcast memungkinkan perusahaan untuk memangkas biaya cetak informasi. dengan biaya yang sangat terjangkau, pesan dapat dikirim kepada penerima dengan lebih efektif.
2. Cepat, praktis dan mudah
Sistem SMS, memungkinkan pengirim dapat dengan cepat mengirim pesan kepada penerima, sehingga penerima langsung mengetahui isi pesan. Cara ini dinilai lebih praktis karena dapat dilakukan kepada banyak tujuan penerima dan tentu saja lebih mudah karena telah tersusun pada sebuah sistem.
3. Fokus
Pengirim dapat dengan fokus untuk mengirim pesan sesuai kebutuhan yang telah dibuat. Pesan disesuaikan dengan penerima apakah pesan tersebut berisi informasi, pengingat, atau kepentingan yang lainnya.
4. Berpeluang untuk dibaca
Pesan yang telah dikirimkan kepada nomor penerima akan sampai dan akhirnya dibaca secara langsung oleh penerima. Sangat jarang terjadi pesan tidak terbaca oleh pengguna, kecuali karena pengguna sudah mengganti nomor atau tidak lagi menggunakan nomor tersebut sehingga embuat pesan tidak sampai.
5. Pengguna HP semakin banyak
Telepon genggam atau handphone menjadi kebutuhan penting seiring perkembangan teknologi yang membuat harga teknologi ini semakin terjangkau. Inovasi dari teknologi ini dapat dinikmati banyak kalangan karena harganya bervariasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment