Strategi Menghemat Biaya Promosi dengan gtSMS

Strategi Menghemat Biaya Promosi dengan gtSMS

Blog.Gamatechno.com – Strategi promosi produk maupun jasa terdiri dari beragam teknik. Banyak strategi yang dapat diterapkan untuk menghemat biaya promosi. Mulai dari yang bersifat offline dengan cara menyebar brosur, memasang baliho, pasang iklan di media, melakukan campaign di keramaian, hingga yang bersifat online misalnya dengan menggandeng influencer, memasang iklan di media sosial, dan mengirimkan broadcast sms.

Langkah promosi yang tepat adalah salah satu ujung tombak keberhasilan penjualan, maka tidak heran kalau biaya yang harus dikeluarkan umumnya tinggi. Namun, sebenarnya ada satu cara promosi yang sampai saat ini masih cukup efektif dan tergolong murah yaitu broadcast SMS.

Meski kini kemajuan internet sudah banyak menggeser penggunaan fitur SMS, tetapi meskipun begitu tidak dapat diabaikan bahwa tiap pemilik smartphone tetap harus memiliki kartu SIM di handphonenya. Tanpa kartu SIM, ada beberapa aplikasi yang tidak akan bisa dijalankan. Misalnya login aplikasi ojek online, menggunakan fitur mobile banking, maupun login ke aplikasi chatting. Karena fakta inilah, maka promosi via SMS masih relevan untuk dilakukan.

Akan tetapi, promosi lewat SMS tidak bisa sembarangan dilakukan. Bila cara yang dilakukan salah, justru akan berujung pada buruknya citra bisnis yang ditawarkan. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan gtSMS.

gtSMS adalah layanan pesan singkat di mana identitas pengirim yang tertulis di layar penerima bukanlah nomor HP, melainkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti hotel, agen travel, mall, event organizer, perusahaan, bank, perkreditan, restoran/rumah makan, pariwisata, instansi pemerintah, maupun institusi pendidikan.

Misalnya, Anda bisa menerima broadcast sms yang nama pengirimnya adalah GAMATECHNO, sekalipun Anda tidak pernah menyimpan nomor Gamatechno. Menarik, bukan?

Dengan langkah tersebut, tentu pesan atau informasi yang dikirimkan kesannya bisa lebih kredibel dan profesional. SMS dengan sistem senderID ini akan meminimalisir potensi pesan singkat yang dianggap sebagai spam maupun penipuan.

Pada praktiknya, jenis-jenis broadcast SMS Masking yang dikirim bisa dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Di ranah penjualan, Anda bisa menggunakan tipe SMS Promotion maupun SMS Discount. Keduanya sama-sama ditujukan untuk menginformasikan produk/jasa yang ingin didorong tingkat paparan ke publiknya. Yang unik, SMS Masking bukanlah tipe pesan singkat yang bisa diforward, sehingga penerima diskon bisa mudah dideteksi serta dikontrol jumlah penerimanya.  

Selanjutnya ada pula yang masuk ke tipe penyampai pesan. Antara lain SMS Reminder, SMS Greetings, dan SMS Announcement. Secara engagement dengan pelanggan, SMS ini paling cocok digunakan, sebab terkesan ada sisi personal dan dekat yang ditawarkan. SMS Reminder contohnya dapat ditunjukan sebagai pengingat jatuh tempo pembayaran, pajak, tagihan, dan sebagainya. Tentu saja, karena menggunakan sistem gtSMS, kredibilitas pengirim lebih terjamin. Sedangkan, SMS Greetings bisa digunakan untuk mengucapkan selamat, misalnya ucapan ulang tahun, peringatan hari raya, hingga penanda tahun baru. Lalu SMS Announcement bisa dipilih untuk menyebarkan informasi publik serupa penyelenggaraan workshop, seminar, ujian, dan sebagainya.

Tipe terakhir adalah penunjuk otentik atau SMS Authentication. Jenis ini sangat bermanfaat untuk penyedia jasa jual beli yang memiliki fitur aktivasi layanan serta konfirmasi identitas. Dengan adanya otentikasi ganda, potensi peretasan akun bisa diminimalisir.

Dengan beragam fungsionalitasnya, SMS Masking nyatanya memiliki banyak kelebihan dibandingkan media promosi lainnya. Dengan langkah ini, informasi yang dikirim akan langsung sampai ke target secara cepat dan tepat. Apalagi smartphone/handphone adalah salah satu benda yang wajib dibawa ke mana-mana, sehingga potensi segera dibuka oleh pengguna semakin besar. Bagi perusahaan/pengguna jasa SMS Masking, biaya yang mesti dikeluarkan pun bisa lebih minimalis. Pengiriman pesan singkat ke target jelas lebih murah apabila dibandingkan dengan pembuatan leaflet maupun media promosi konvensional lainnya.

Baca juga Layanan SMS Masking, Solusi Promosi Murah Untuk Usaha Anda

Bagi perusahaan yang mengedepankan aspek transparansi, SMS Masking juga lebih terjamin. Sebab jumlah pesan yang dikirim dalam sekali broadcast memiliki kapasitas besar. Selain itu, ada opsi khusus di mana kita bisa mendeteksi SMS tersebut sampai atau tidak, dan apabila gagal maka akan dikirim ulang secara otomatis. Dan tentu saja, strategi promosi ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment