5 Dasar Strategi Pemasaran Apartemen yang Penting untuk Dilakukan

“Harga Mulai 400 juta-an, cicilan super ringan. Lokasi strategis. Sudah terjual lebih dari 55.000 unit!”

Begitulah kira-kira iklan yang sering sekali ditawarkan oleh pemasar property khususnya apartemen. Semakin padatnya penduduk, kebutuhan tempat tinggal menjadi hal yang mendesak. Sehingga peluang bagi bisnis apartemen ini dikatakan cukup menjanjikan apalagi di kota-kota besar.

Peluang bisnis yang baik harus juga didukung dengan strategi pemasaran yang menarik. Tetapi jika strategi tersebut hanyalah promosi semata, maka lambat laun akan mudah untuk tersaingi. Karenanya, ada 5 strategi pemasaran apartemen yang dapat dilakukan oleh Anda sebelum menikmati hasil yang memuaskan.

1. Pahami karakteristik

karakteristik apartemen, apartemen, strategi pemasaran apartemen
Apartemen Anda bukanlah benda mati semata, tetapi bagaimana kita membangun karakteristiknya. Sama halnya seperti memilih teman hidup, calon konsumen tidak asal pilih saja tetapi pasti mencari yang cocok dengan image-nya. Jadi pahami terlebih dahulu karakteristik apartemen Anda untuk menentukan target market yang akan Anda sasar setelahnya.

2. Lakukan penjualan langsung

karakteristik apartemen, apartemen, strategi pemasaran apartemen
Mengikuti pameran property di mall atau di acara tertentu sudah pasti membuat bisnis Anda di lingkup target yang benar. Tidak hanya datang dan menawarkan, tetapi bungkuslah cara penjualan dengan hal yang menarik dan membuat mereka ingin datang ke booth Anda. Selain pameran, Anda juga dapat mengadakan event tertentu dengan tema yang diangkat dari kelebihan apartemen yang Anda miliki. Misalnya mengangkat eco friendly apartemen, atau mengunggulkan tentang layanan dan keamanan. Dengan adanya pameran atau event, Anda sudah mendapatkan data calon konsumen yang dapat dihubungi oleh tim Anda.

3. Berhubungan baik dengan media

karakteristik apartemen, apartemen, strategi pemasaran apartemen
Bahkan sebelum apartemen Anda siap dibeli, pastikan hubungan Anda dengan media sudah terjalin dengan baik. Eksistensi Apartemen Anda ditentukan dengan keterbukaan Anda mengenai proyek pembangunan dengan media. Press release juga dapat dilakukan secara rutin dan juga update mengenai promo sangat diperlukan.

4. Promosi unik melalui media digital

karakteristik apartemen, apartemen, strategi pemasaran apartemen
Saat ini dunia digital adalah alat promosi yang kuat untuk menjaring konsumen. Lakukanlah pemasaran melalui media digital seperti website, instagram ataupun portal lainnya yang cocok dengan apartemen Anda. Perhatikan juga kontennya. Jangan hanya konten berjualan saja, tetapi berikan sentuhan emosional kepada target market dengan konten yang intim. Riset sangat diperlukan untuk mengenali pasar bisnis apartemen Anda.

5. Ciptakan WOM atau word of mouth

karakteristik apartemen, apartemen, strategi pemasaran apartemen
Strategi pemasaran selanjutnya adalah Word of Mouth atau WOM. Strategi ini cukup ampuh dilakukan karena berfokus pada pengalaman konsumen yang sudah membeli apartemen Anda. Rekomendasi dari konsumen kepada rekan atau keluarganya sangat bernilai bagi bisnis apartemen Anda. Maka dari itu, Anda dapat memanjakan konsumen yang sudah membeli dengan layanan dan fasilitas terbaik agar strategi WOM dapat berjalan.

Tidak hanya 5 strategi pemasaran apartemen ini saja yang dapat Anda lakukan. Ada banyak cara untuk melakukan pemasaran terbaik bagi bisnis Anda.Jangan lupa, pemasaran terbaik juga didukung dengan tim kerja yang aktif, kreatif dan inovatif.