Ini Strategi Yang Dilakukan Foursquare Untuk Promosi Bisnis Startup Dengan Modal Minim

Ini Strategi Yang Dilakukan Foursquare Untuk Promosi Bisnis Startup Dengan Modal Minim

Blog.Gamatechno.com – Sebagai perusahaan rintisan startup memilih dengan tepat cara pemasaran produk dengan efisien, sekaligus dengan dana yang seminimal mungkin menjadi tantangan tersendiri. Sebaik apapun produk baru yang ditawarkan, apabila tidak dapat dipasarkan dengan cara yang tepat maka calon pembeli tidak akan pernah tertarik untuk mencobanya.

Padahal setiap hari ada banyak sekali iklan produk baik barang maupun jasa yang  berebut untuk merebut perhatian calon pembeli diluaran sana. Dari koran hingga website, dari radio sampai televisi, dari flyer hingga billboard raksasa. Disini perusahaan rintisan dituntut untuk memenangkan kompetisi menjaring potensial konsumen sebanyak mungkin dengan dana seminimal mungkin.

Lalu bagaimana caranya? Mari kita belajar dari salah satu perusahaan digital start up yang juga memulai bisnis dengan modal minim, yaitu Foursquare. Perusahaan ini menggunakan strategi Marketing AIDA yang digunakan untuk promosi  bisnisnya. Ada 4 step yang harus dilalui target pengguna untuk mau membeli produk. 4 Step dikenal dengan AIDA formula, merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. AIDA Aini  Lalu bagaimana formula ini dapat menjadi salah satu metode jitu promosi bisnis bagi perusahaan rintisan Anda? Berikut Gamatechno sajikan penjelasannya.

  1. Attention

strategi promosi bisnis attention

Promosi bertujuan untuk menjaring sebanyak mungkin target audience. Anda dituntut mampu menghadirkan sebuah metode promosi yang mampu merebut perhatian banyak orang. Merebut perhatian ini akan menjadi ajang kreativitas bagi Anda sebagai startup baru.

Untuk menarik perhatian banyak orang, salah satu cara yang kerap dipilih startup baru adalah dengan melakukan guerrilla marketing. Metode ini dilakukan dengan cara melakukan sesuatu yang unik di tempat atau situasi tak terduga yang melibatkan banyak orang.

Foursquare melakukan cara ini saat pertama kali berdiri. Saat tidak memiliki cukup dana untuk membeli booth di SXSW Convention di tahun 2010. Mereka membuat sebuah game yang diberi nama ‘four square’ di depan gedung pameran. Game ini berhasil menggaet banyak perhatian para pengunjung, dan pejalan kaki di sekitarnya.

  1. Interest

strategi promosi bisnis interestFase ini menjadi salah satu tahap yang menantang. Saat dimana Anda telah merebut perhatian beberapa target audience dengan promosi Anda. Tetapi dapatkan Anda mendorong mereka untuk mencari tahu apa sebenarnya yang Anda tawarkan dengan promosi tersebut. Pada fase ini Anda hanya diberi sedikit waktu untuk melakukannya.

Pada kasus Foursquare tadi, mereka telah berhasil menarik perhatian banyak orang. Pengunjung pameran, dan pejalan kaki disekiar tempat acara banyak yang kemudian tertarik untuk mencoba gamenya. Pada tahap ini fase attention berhasil dilalui.

Kemudian kapanpun orang mulai bertanya apa itu Foursquare. Pihak foursquare menyediakan merchandise salah satunya sticker untuk dibagikan. Inilah tahap interest terjadi.

  1. Desire

strategi promosi bisnis desireTahap antara interest ke desire sebenarnya terjadi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Ketika Anda telah berhasil membangun interest audience terhadap produk. Anda juga perlu membantu mereka untuk memahami bagaimana produk Anda tersebut dapat menjadi solusi permasalahan mereka.

Proses membangun mainset audience agar memiliki keinginan (desire) untuk menggunakan produk pada studi kasus Foursquare. Terjadi saat audience mulai menanyakan bagaimana mereka dapat menikmati layanan foursquare. Pihak foursquare kemudian membantu para pengujung untuk menginstall aplikasi tersebut.

  1. Action

strategi promosi bisnis actionAudience yang tiba pada fase ini adalah mereka yang berhasil diakusisi. Pada fase ini Anda harus jelas aksi apa yang Anda harapkan dari audience Anda. Pada studi kasus Foursquare tadi, action yang diharapkan adalah dengan mendorong pengunjung yang sudah install untuk melakukan checkin di Foursquare untuk pertama kalinya. Alhasil berkat promosi ini checkin di Foursquare yang awalnya hanya 250.000 per hari. Pada hari itu berhasil meningkat drastis menjadi 350.000 checkin. Tidak hanya itu, berkat fenomena game kreatif tersebut di hari berikutnya The New York Times menuliskan artikel soal game four square tersebut. Termasuk media seperti CNN dan MSNBC.

Formula AIDA ini menuntut kreativitas Anda sebagai perusahaan rintisan. Diperlukan kepekaan untuk melakukan promosi di tempat, dan waktu yang tepat dengan cara yang tepat pula agar metode ini dapat menjadi salah satu formula jitu bagi promosi bisnis Anda.  

Leave a comment