Peran Penting Teknologi IoT untuk Industri

Contoh Penerapan Teknologi IoT di Berbagai Bidang

Era Industri 4.0 telah membawa banyak perubahan dibidang Industri, salah satunya dengan beralihnya pada penggunaan teknologi IoT sebagai penunjang bisnis. Lalu apa saja peran pentingnya teknologi ini bagi Industri?

Penerapan dan penggunaan internet of things (IoT) telah mengubah industri dalam cara mereka mengoperasikan, berkomunikasi, dan memanfaatkan data.

IoT dideskripsikan sebagai jaringan objek fisik yang tertanam dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lain untuk tujuan menghubungkan dan bertukar data dengan perangkat dan sistem lain melalui internet.

Dengan menanamkan sistem, perangkat, dan sensor yang terhubung tersebut ke dalam proses bisnis, organisasi dapat meningkatkan operasi yang ada, serta menghasilkan model bisnis yang lebih efektif.

5 peran penting teknologi IoT untuk industri yang perlu Anda tahu.

1. Meningkatkan efisiensi

Manfaat terbesar dari teknologi IoT adalah memberikan kemampuan kepada produsen untuk mengotomatiskan, dan karenanya mengoptimalkan efisiensi pengoperasian bisnis. Robotik dan mesin otomatis dapat bekerja lebih efisien dan akurat, meningkatkan produktivitas, dan membantu produsen menyederhanakan fungsinya.

Selain itu, mesin fisik dapat dihubungkan ke perangkat lunak melalui sensor yang memantau kinerja secara konstan. Hal ini memungkinkan produsen memiliki wawasan yang lebih baik tentang kinerja operasional masing-masing bagian peralatan serta seluruh armada.

2. Pemeliharaan prediktif

Kurangnya pemeliharaan yang tepat dan prediktif dapat menyebabkan masalah drastis. Ketika pemeliharaan di dunia manufaktur masalnya, bersifat reaktif dan bukan proaktif, produsen terjebak dalam upaya mengidentifikasi apa masalahnya, bagaimana memperbaikinya, dan berapa biayanya. Dengan pemeliharaan prediktif yang didukung oleh solusi IoT, semua masalah tersebut dapat diatasi.

Ketika kinerja dan fungsi mesin dipantau secara konsisten, pabrikan dapat membuat data dasar. Data dasar ini yang kemudian akan diolah menjadi informasi yang perusahaan butuhkan untuk melihat masalah apa pun sebelum terjadi.

3. Real-time data

Teknologi IoT memungkinkan ketersediaan data rantai pasokan secara real-time. Perangkat IoT membuat perusahaan lebih mudah untuk melacak produk dan persediaan, serta melihat perlambatan dan ketidakefisienan. Dengan menghubungkan pabrik ke pemasok, semua pihak yang terlibat dalam rantai pasokan dapat melacak aliran material dan waktu siklus produksi.

Solusi ini juga dapat melacak data operasional ke produsen peralatan asli dan teknisi lapangan yang memungkinkan manajer operasi mengatur unit pabrik dari jarak jauh dan memanfaatkan otomatisasi proses dan pengoptimalan. Oleh karena itu, teknologi IoT memudahkan alur kerja sehari-hari.

4. Meningkatkan keamanan

Semua data dan sensor perangkat IoT yang diperlukan untuk operasi kerja yang berfungsi penuh juga membantu meningkatkan keselamatan di tempat kerja. Ini bisa menjadi “keamanan pintar” ketika semua sensor IoT bekerja sama untuk memantau tempat kerja dan keselamatan karyawan .

Sistem keselamatan terintegrasi melindungi pekerja di lantai, di jalur, dan di distribusi. Jika terjadi kecelakaan, semua orang di area tersebut dapat disiagakan, operasi dapat dihentikan, dan pimpinan perusahaan dapat campur tangan dan memastikan kecelakaan dan insiden tersebut diselesaikan. Kejadian ini juga dapat menghasilkan data berharga yang dapat membantu mencegah terulangnya kejadian di masa mendatang.

5. Mencegah kesalahan

Teknologi IoT membantu mengurangi dan bahkan seringkali mencegah kesalahan dalam manajemen inventaris dan aliran produksi. Perangkat memungkinkan perusahaan untuk memantau peristiwa di seluruh rantai pasokan dan melacak inventaris. 

Pengguna perangkat IoT akan menerima pemberitahuan tentang perubahan penting dari set rencana serta pembaruan. Hal ini memungkinkan visibilitas di banyak saluran ke dalam inventaris dan memberi manajer ukuran dan perkiraan material yang realistis.

Proses di lini produksi juga dapat dipantau menggunakan IoT hampir secara real-time. Ini dapat merekomendasikan penyesuaian dalam operasi untuk manajemen biaya operasional yang lebih baik dan bahkan menunjukkan kelambanan dalam produksi. Solusi ini mencegah perlambatan dan menurunkan biaya dengan menghilangkan pemborosan atau pekerjaan yang tidak diperlukan.

Munculnya IoT industri membawa industri masa depan menjadi kenyataan. Di masa depan, para ahli percaya bahwa teknologi IoT akan meningkatkan tingkat produksi dan inovasi industri lebih jauh. 

Baca juga :  6 Manfaat Internet of Things untuk Bidang Industri

Teknologi IoT mengubah industri dan mendorong tingkat kinerja, produktivitas, dan efisiensi yang luar biasa. Ini memungkinkan industri untuk mendapatkan banyak perbaikan operasional dan keuangan. Dengan semua manfaat yang ditawarkan, dapat dikatakan bahwa teknologi IoT akan terus memberikan dampak pada hasil bisnis yang lebih baik.

Exit mobile version