Penerapan 5 Teknologi Ini Jamin Pelayanan Pemerintah Jadi Lebih Baik

Penerapan 5 Teknologi Ini Jamin Pelayanan Pemerintah Jadi Lebih Baik

Blog.Gamatechno.com – Kemajuan teknologi mengubah persepsi masyarakat akan kemudahan layanan diberagam bidang. Termasuk pelayanan umum yang disediakan pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik. Saat ini beberapa teknologi mulai diterapkan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakatnya. Apa saja teknologi tersebut? Berikut ulasannya.

1. Persuratan online

Pemerintah membawahi banyak bidang dan instansi, serta berhubungan dengan banyak orang. Apabila dulu pemerintah masih berkirim surat melalui jasa pengiriman konvensional yang memakan waktu dan biaya. Saat ini banyak instansi pemerintah yang mulai memanfaatkan surat elektronik (email). Selain mempercepat waktu dalam merespon informasi yang masuk, surat elektronik juga menekan penggunaan kertas sehingga mendorong terciptanya paperless office pada instansi pemerintah. Tidak hanya itu, dengan adanya surat elektronik memudahkan admin instansi pemerintah dalam melakukan pengarsipan dokumen dengan lebih tertata. ( BacaAlasan Pentingnya Penerapan Sistem Persuratan Elektronik di Pemerintahan )

2. Sistem Pelaporan pemerintah

Selama ini pelaporan merupakan pekerjaan yang penting sekaligus rumit karena bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat atas kegiatan yang telah dilaksanakan. Mulai dari laporan kinerja,  laporan fisik, hingga laporan Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPPA).

Sistem pelaporan pemerintah bertujuan untuk meringankan serta menyeragamkan sistem pelaporan pemerintahan.  Dengan sistem semcam ini harapannya laporan yang dihasilkan lebih tepat, jelas, terukur,  dan transparan. Kinerja pemerintah pun menjadi lebih ringan, efektif, dan efisien dalam melayani masyarakatnya.  (BacaPentingnya Penggunaan Sistem Payroll dalam Manajemen Perusahaan )

3. Media komunikasi Aspirasi Masyarkat

Media komunikasi aspirasi masyarakat dapat melalui media website, call center, maupun pesan singkat. Melalui media inilah pemerintah dapat mengetahui aspirasi masyarakatnya lebih cepat. Sebaliknya, dari Anda sebagai warga masyarakat sendiri tidak perlu menempuh jalur birokrasi yang panjang hanya untuk menyampaikan aspirasi Anda kepada pembuat kebijakan. Dengan begitu, aspirasi yang disampaikan lebih cepat direspon, dan ditindaklanjuti.

Berkat media komunikasi aspirasi masyarakat ditambah dengan data identitas warga yang valid. Mampu mendorong pemerintah untuk memetakan kebutuhan warga kotanya sehingga tidak salah dalam menetapkan langkah-langkah strategis kedepannya.

4. Sistem perizinan online

Apakah Anda familiar dengan istilah ‘pelayanan satu atap’? Ini merupakan layanan pemerintah yang artinya Anda hanya perlu datang ke satu instansi untuk mengurus perizinan yang Anda perlukan. Dengan layanan ini Anda cukup membawa persyaratan yang dibutuhkan ke sebuah instansi yang ditunjuk pemerintah tanpa perlu berpindah-pindah tempat.

Saat ini berkat teknologi, ada lagi istilah ‘sistem perijinan online’ (Baca : Langkah Wujudkan Transparasi Perizinan Online dengan Aplikasi gtPerizinan ). Jika pelayanan satu atap masih meminta Anda untuk datang ke tempat tertentu untuk mengurus perizinan. Maka sistem perijinan online dapat Anda akses melalui gadget yang Anda miliki tanpa harus mendatangi instansi terkait.  Berkas-berkas yang dibutuhkan cukup discan saja. Lebih praktis bukan. Salah satu pemerintah yang telah menerapkan sistem perijinan online adalah Kota Denpasar.

5. Media informasi perkotaan

Seiring masyarakat yang menghendaki kemudahan, serta update informasi secara realtime. Beberapa inovasi yang dapat diterapkan pemerintah adalah menghadirkan beberapa media informasi perkotaan. Media ini dapat dikemas kedalam beragam cara sesuai dengan tujuan pelayanannya seperti media informasi lalulintas, harga kebutuhan pokok, destinasi wisata, maupun event. Media informasi yang diupdate secara realtime seperti ini tentu dapat sangat membantu masyarakat kota.

Itu tadi beberapa teknologi yang apabila diterapkan dapat mengubah pemerintahan. Bagaimana dengan kota tempat Anda tinggal? Apakah sudah menerapkan salah satu diantaranya? Memilih penyedia layanan teknologi terbaik jadi tugas untuk. Saat ini telah banyak penyedia layanan teknologi untuk kebutuhan pemerintahan yang dapat Anda pilih. Salah satunya adalah layanan solusi e-goverment dari Gamatechno. Solusi government Gamatechno dibangun untuk tingkatkan kinerja instansi pemerintah sekaligus memberikan pelayanan publik yang lebih baik. 

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment