Tips Manajemen Bisnis Armada dan Transportasi Publik

Tips Manajemen Bisnis Armada dan Transportasi Publik

Blog.Gamatechno.Com – Jika Anda adalah seseorang yang kebetulan berkecimpung di dunia transportasi publik, artikel ini bisa sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan performa manajemen perusahaan. Dalam bisnis transportasi, sistem manajemen memegang peranan penting supaya tujuan yang telah ditarget tercapai.

Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini, teknologi modern bisa membantu dalam memetakan solusi manajemen yang efektif. Namun, sistem manajemen seperti apa yang dibutuhkan?

Berikut Gamatechno rangkumkan lima tips manajemen armada supaya performanya meningkat.

1. Buat prosedur perbaikan dan pemeliharaan kendaraan

Bisnis transportasi sangat menjunjung tinggi aspek keselamatan dan kenyamanan. Ketika melakukan suatu tindakan maupun perubahan dalam sistem, sudut pandang pertama yang dilihat adalah dari sisi kepuasan penumpang. Dua aspek tersebut bisa dioptimalkan apabila bisnis Anda sudah memiliki prosedur yang tepat guna dalam hal perbaikan dan pemeliharaan kendaraan. Di dalam pegangan ini, harus mengikutsertakan perihal kapan tindakan rutin harus dilakukan secara berkala, perkiraan usia komponen, antisipasi kerusakan, tindakan pertama yang mesti diambil ketika terjadi kerusakan mendadak, dan sebagainya. Prosedur yang jelas bakal meningkatkan kualitas armada itu sendiri.

2. Atur penjadwalan armada

Bisnis transportasi mau tidak mau harus berhadapan langsung dengan yang namanya penjadwalan. Sistem ini tidak hanya mempermudah penumpang dalam hal estimasi waktu dan sebagainya, tapi juga menguntungkan perusahaan karena bisa mempengaruhi tingkat efektivitas armada. Penjadwalan juga bisa berfungsi supaya tidak terjadi penumpukan armada hingga menghindari kacaunya performa manajemen.

3. Buat data yang realtime

Beberapa tahun yang lalu Anda mungkin sudah cukup puas dengan sistem pelaporan berkala. Selain karena teknologi saat itu yang belum terlalu mendukung, kondisinya juga belum sekompleks sekarang. Ketika saat ini kontrol seolah-olah ada di tangan semua orang, data realtime adalah keharusan. Pembuatan data yang bisa dipantau secara langsung ini berguna untuk monitoring sekaligus membantu dalam mengambil tindakan khusus apabila terjadi masalah di tengah operasionalisasi armada.

4. Bandingkan kinerja dengan anggaran

Dalam industri perfilman, ketepatan waktu dan efektivitas kinerja memegang kunci penting agar biaya produksi tidak membengkak. Sistem ini pun dipakai oleh banyak industri lainnya, termasuk transportasi. Komparasi kinerja dengan anggaran ini bisa memperlihatkan apakah over-budget, sesuai, atau under-budget. Mau tidak mau, anggaran adalah aspek vital yang harus cermat dalam penggunaan dan pengaturannya supaya armada Anda tetap beroperasi secara sehat.

5. Catat semua biaya dan kebutuhan setiap kendaraan

Pengarsipan dan pencatatan setiap elemen biaya armada itu penting. Hal ini dimaksudkan untuk mengurasi margin pengeluaran tak terduga maupun mengevaluasi biaya yang telah dikeluarkan sebelum-sebelumnya. Tindakan ini tidak hanya berguna di akhir, tapi juga membantu ketika sewaktu-waktu ada tindakan yang mesti diambil, misalnya memproyeksi harga penggantian komponen.

Untuk meningkatkan performa manajemen armada sebenarnya tidak sulit. Hanya butuh langkah-langkah sistematis yang terukur. Kembali lagi, supaya bisnis armada Anda bisa berjalan secara efektif, aspek akurasi waktu, sistem manajemen terpadu, serta minim dari potensi masalah adalah prioritas utama.

Img: Publicdomainpictures.net

Code Heroes Merc

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*