tips mengelolah kampus

Tips dalam Mengelola Kampus

Mengelola sebuah perguruan tinggi tentunya bukan perkara mudah. Mengumpulkan dan menerapkan sistem pada manusia akan lebih sulit daripada sistem komputer. Ini dikarenakan manusia memiliki cipta, rasa dan karsa yang membuatnya dapat berpikir dan bertindak sendiri tanpa diprogram. Karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik untuk dapat menunjang kemajuan sebuah perguruan tinggi.

Kerjasama ini dapat berupa kerjasama antar individu maupun individu dengan sistem komputer. Kerjasama antar individu dapat terwujud dengan adanya pemahaman tiap individu mengenai visi dan misi perguruan tinggi serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawabnya. Pengetahuan individu mengenai tugas dan tanggung jawab individu lain juga tidak kalah penting. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman seseorang mengenai alur kerja perguruan tinggi tersebut.

Sistem komputer diperlukan untuk membantu perguruan tinggi dalam mengolah data. karena itu kerjasama individu dengan sistem komputer perlu dibina sejak awal. Pengenalan dan pembelajaran sistem komputer akan menjadi penentu keberhasilan pengoperasian sistem ini. Dengan pemahaman yang baik mengenai sistem komputer yang digunakan maka kebutuhan individu dapat terpenuhi. Jika suatu saat terjadi kerusakan pada sistem diharapkan individu ini dapat mengetahui dan melakukan pertolongan pertama.

Ada 3 komponen utama dalam mengelola perguruan tinggi menurut Dirjen Pendidikan Tinggi, Djoko Santoso dihadapan lebih dari 90 pendidik dan tenaga kependidikan yang hadir dalam acara pembukaan Pemilihan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Berprestasi 2013 di Jakarta.

Yang pertama adalah individunya baik dosen maupun tenaga kependidikan; kedua adalah pengelola seperti kepala program studi, dekan hingga rektor; dan yang ketiga adalah sistem dalam institusi itu sendiri. Jika semua komponen ini dikelola dengan baik maka perguruan tinggi dapat mencapai hasil yang maksimal.

Ketiga komponen tersebut merupakan komponen utama yang dibutuhkan oleh sebuah perguruan tinggi. Namun ada komponen tambahan yang dapat menunjang kemajuan. Komponen tersebut adalah sistem komputer yang memadai serta pelatihan bagi sumber daya manusia agar dapat terus berkembang menyesuaikan perkembangan teknologi dan tentunya perkembangan pendidikan. Dengan adanya sistem komputer yang memadai, perguruan tinggi dapat mengelola data dengan baik dan mempermudah berjalannya sistem admisi, pembayaran, registrasi dan akademik.

Pelatihan bagi sumber daya manusia perlu terus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang dinamika yang ada dalam dunia pendidikan dan teknologi. Perkembangan teknologi yang pesat tentunya perlu dibarengi dengan skill yang mumpuni. Begitu juga dengan dunia pendidikan yang terus mengalami pembaruan dan perbaikan agar dapat menciptakan pendidikan yang ideal bagi mahasiswa.

Download infografis Kontribusi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz Terhadap Penilaian Akreditasi Perguruan

Dapatkan penawaran menarik menggunakan aplikasi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz khusus untuk Anda!

Leave a comment