Tips dan Tools Wajib untuk Freelancer, Kerjaan Jadi Lebih Efektif

Tips dan Tools Wajib untuk Freelancer, Kerjaan Jadi Lebih Efektif

Generasi milenial saat ini banyak yang akhirnya memutuskan bekerja secara freelance atau disebut freelancer. Bekerja secara freelance dianggap lebih nyaman dan lebih fleksibel terutama di tengah tingginya kompetisi mencari pekerjaan. Freelance job menawarkan banyak alternatif kebutuhan yang jauh lebih spesifik tentang skill yang dimiliki masing-masing orang.

Jika Anda ingin menjadi freelancer ada hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah memasarkan skill yang dimiliki serta beberapa spesifikasi yang harusnya dimiliki. Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang pengelolaan usaha kecil, dimana freelancer bisa masuk menjadi usaha berskala kecil yang Anda lakukan. Berikut tips dan tools yang digunakan untuk dipelajari sebagai bekal menjadi seorang freelancer:

Tips menjadi seorang freelancer yang memasarkan skill secara online:

1. Kenali Skill yang Dimiliki
tips freelancer, tips menjadi freelancer, tips menjadi freelancer online
Pertama, Anda harus tahu skill yang bisa Anda miliki, bidang yang disukai, hobi atau kompetensi tertentu. Hal ini penting karena Anda akan melakukan aktifitas memasarkan keahlian yang dimiliki.
2. Riset Pasar
tips freelancer, tips menjadi freelancer, tips menjadi freelancer online
Lakukan riset pasar atau riset target klien sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Hal ini terkait dengan bagaimana penetrasi Anda untuk masuk dalam dunia penawaran kerja, hal-hal apa saja yang kemungkinan akan dibutuhkan oleh klien hingga terkait bagaimana memasarkan diri Anda agar memperoleh pekerjaan atau proyek.
3. Portofolio
tips freelancer, tips menjadi freelancer, tips menjadi freelancer online
Siapkan portofolio terkait dengan pekerjaan yang akan Ada lakukan. Siapkan karya-karya terbaik, prestasi atau kompetensi yang bisa dilihat oleh calon klien untuk menarik minat menggunakan jasa Anda.
4. Keseriusan dalam Bekerja
tips freelancer, tips menjadi freelancer, tips menjadi freelancer online
Tunjukkan profesionalitas Anda ketika bekerja termasuk ketika menjadi freelancer. Usahakan untuk selalu disiplin pada setiap proyek pekerjaan terutama yang memiliki deadline agar klien Anda merasa puas.
5. Pengaturan Waktu
tips freelancer, tips menjadi freelancer, tips menjadi freelancer online
Milikilah kebiasaan baik dalam bekerja seperti disiplin untuk urusan waktu bekerja dan istirahat. Usahakan untuk tidak menunda pekerjaan, akan lebih baik jika pekerjaan bisa selesai lebih cepat dari tenggat waktu yang diberikan.
6. Kualitas Pekerjaan
tips freelancer, tips menjadi freelancer, tips menjadi freelancer online
Selalu lakukan kroscek pada setiap pekerjaan yang sudah selesai dan sebelum diserahkan kepada klien. Pastikan kualitas jasa dan pekerjaan yang Anda berikan maksimal, sehingga diharapkan nantinya klien akan puas dengan hasil kerja dan kedepannya bisa menjalin kerjasama kembali.

Dalam rangka menunjang pekerjaan, Anda juga harus memiliki beberapa hal yang bisa digunakan sebagai “senjata” ketika berhubungan dengan klien dan proyek pekerjaan. Beberapa “senjata” atau tools tersebut diantaranya:

a. Kalender
Catat semua hal yang terkait pekerjaan seperti deadline, tanggal meeting, tanggal awal dan mulai pekerjaan agar tidak ada yang terlewat. Hal ini terkait dengan manajemen proyek yang Anda kerjakan agar tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan. Anda bisa menggunakan aplikasi google calendar untuk membuat agenda online.

b. Penyimpanan berbasis cloud
Pekerjaan yang dilakukan secara online juga membutuhkan media penyimpanan. Meskipun Anda memiliki media penyimpanan konvensional seperti flashdisk, harddisk external dan lain-lain, langkah untuk mengantisipasi hilangnya data tetap diperlukan, salah satunya dengan penyimpanan menggunakan layanan cloud seperti google drive.

c. Alat Komunikasi
Pekerjaan yang minim pertemuan secara fisik harus didukung dengan alat komunikasi yang memadai agar segala hal yang berkaitan dengan informasi pekerjaan tetap lancar. Beberapa perlengkapan alat yang mungkin dibutuhkan seperti akses internet yang memadai, alat video chat seperti Skype.

d. Contracting and Legal Paperwork
Selalu tanyakan kepada klien Anda mengenai surat kontrak atau surat perjanjian kerja sama. Hal ini terkait dengan kesepakatan yang dibuat antara Anda dan klien tentang pekerjaan, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, tentang rules dan ketentuan dan lain-lain. Ada berbagai macam software business agreement yang tersedia dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda salah satunya adalah HelloSign.

e. Finance Tools
Anda sebagai penyedia jasa harus memiliki sistem mengenai transaksi keuangan. Transaksi keuangan yang dimaksud adalah tentang pembayaran, tagihan utang dan piutang yang tertuang dalam bentuk invoice. Lunaz adalah software invoice yang bisa menjadi pilihan Anda dalam pembuatan invoice pembayaran yang dilengkapi dengan fitur layanan yang cukup lengkap mulai dari detail transaksi, tracking status transaksi, pencatatan payment yang diterima hingga menampilkan statistik keuangan.

f. Productivity Tools
Pekerjaan yang diambil atau yang disepakati bisa jadi berbeda pada setiap proyek yang dilakukan. Upayakan Anda selalu upgrade productivity tools untuk mendukung pekerjaan yang Anda lakukan. Beberapa vendor klien terkadang meminta Anda untuk memiliki atau menggunakan alat tertentu terkait dengan proyek yang sedang dilakukan. Untuk itu, usahakan Anda memiliki alat yang disesuaikan dengan kebutuhan proyek pekerjaan. Jika Anda seorang desainer maka bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Collection dan software grafis lainnya.

g. Social Media Management Tools
Lakukan upaya pemasaran dengan menggunakan sosial media yang Anda miliki atau yang sedang digemari khalayak. Buatlah sistem terkait dengan pengelolaan sosial media agar infomasi mengenai “pemasaran” diri Anda selalu terbarui. Penggunaan aplikasi Hootsuite bisa sebagai pilihan untuk mengelola sosial media yang Anda miliki.

Sebuah pekerjaan meskipun itu berbentuk freelance tetap dikategorikan sebuah bisnis yang keberlangsungannya harus tetap dijaga. Seperti layaknya sebuah bisnis, Anda juga harus tetap memasarkan skill yang dimiliki agar tetap mendapat proyek pekerjaan yang berkesinambungan meskipun memiliki waktu pengerjaan yang cukup fleksibel. Penggunaan software invoice salah satunya membantu Anda dalam upaya pengelolaan keberlangsungan pekerjaan jenis ini.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment