Mau dapat Projek Ribuan Dollar? Hindari 10 Kesalahan Programmer Pemula Ini

Mau dapat Projek Ribuan Dollar? Hindari 10 Kesalahan Programmer Pemula Ini

Blog.Gamatechno.com – Mendapatkan projek bernilai ribuan dollar jadi impian banyak programmer. Jika kamu programmer pemula, hindari 10 kesalahan berikut agar projek ribuan dollar bisa cepat datang didepan mata!

1. Takut Memulai

1.-Takut-Memulai (3)
Merasa belum tahu apa-apa? Takut salah? takut memulai untuk belajar? Ini jadi masalah bagi programmer pemula. Jika memulai saja tidak bagaimana kamu bisa jadi programmer handal dan kaya raya? Perlu diingat bahwa mereka programmer dengan proyek ribuan dollar juga mengawali karir sebagai pemula. Jika kamu takut, mau mulai dari kapan?

2. Format Code berantakan

tips programmer pemula code berantakan

Pernah melihat code program yang berantakan? Sulit dibaca? Copy Paste dari berbagai sumber lalu dijadikan satu? Kasus ini banyak terjadi. Padahal membuat code program membutuhkan rasa seni. Terutama untuk merangkai logika agar tak hanya bisa dipahami mesin, tapi juga manusia.

Faktanya banyak programmer tersiksa karena meneruskan kode orang lain yang berantakan. Atau bahkan kita  Tentu saja kita tak ingin projek yang kita kerjakan menjadi molor hanya karena butuh waktu untuk memahami bahkan membuat ulang code yang bahkan kita buat sendiri.

3. Penamaan variabel dan fungsi yang absurd > penamaan variabel yang seenaknya sendiri,

tips programmer pemula variabel aneh
Sering menggunakan penamaan variabel yang absurd? Misalnya seperti singkatan tak dikenal, terlalu panjang, atau bahkan menggunakan bahasa hati.

Lebih baik hindari sekarang juga. Ini  biasa terjadi karena asal copy paste dari  berbagai sumber tanpa dipahami dan disesuaikan dengan kebutuhan. Penamaan variabel memang masalah simple tapi juga perlu diperhatikan baik-baik. Dengan nama sesuai standar dan mudah digunakan akan lebih menghemat waktu ketika membaca ulang kode.

4. Penggunaan `case` tidak konsisten

tips programmer pemula case
`case` disini bisa berarti penggunaan besar/kecil huruf atau gaya penulisan seperti `camelCase` dan `snake_case`. Mengabaikan hal kecil seperti ini bisa membuat programmer membutuhkan waktu lama untuk mencari typho atau kesalahan ketik.

5. Komentar yang Berlebihan

tips programmer pemula komentar terlalu banyakKomentar dalam kode memang bagus dan dianjurkan untuk dokumentasi program. Namun kadang programmer pemula mengomentari hal-hal yang tidak perlu, sehingga malah terlihat semrawut. Dengan membuat banyak komentar tidak penting, otomatis ukuran file jadi lebih besar, itu tentu tidak oke untuk kualitas source code

6. Kurang memahami ekspresi-ekspresi sederhana dalam bahasa pemrograman

tips programmer pemula bingungKamu tahu beda == dan === ? Kegunaan dari tanda !, ?, :, di proses coding?

Apa saja yang seharusnya ada dalam if ? Ekspresi-ekspresi sederhana tersebut wajib diketahui dan dipahami agar code program bisa efektif.

7. Tidak tahu beda bahasa, framework, platform, dan IDE.

tips programmer pemula beda platform frameworkKalau sampai sekarang masih belum tahu perbedaan 4 hal ini, kamu harus belajar banyak tentang pemrograman!

8. Tidak memanfaatkan debuging tools yang tersedia

tips programmer pemula cari error debuggerDebuging tool selau tersedia dalam suatu bahasa pemrograman, framework, platform, IDE. Fungsi debuging tool ini untuk memudahkan mencari bug/error. Tapi banyak programmer pemula yang tak tahu sehingga ketika menemui error lebih banyak menghabiskan waktu untuk browsing keyword yang kurang tepat atau nge-junk di forum bertanya sana-sini tanpa membaca dokumen dan FAQ.

9. Tidak mengamankan keberadaan source code.

tips programmer pemula amankan kodeLevel sangat awam :

Baca juga:  Containerization, Teknologi Masa Depan pengganti Virtualization

Tidak backup file program secara manual, ketika tertimpa musibah akan menyalahkan musibah atau kebakaran jenggot. Hingga akhirnya berharap dimaklumi dan dikasihani.

Level selanjutnya :

tidak pakai manajemen kode/ versioning sistem seperti git, mercurial, dsb. bisa jadi tidak tahu kegunaan sesungguhnya atau tidak peduli.

10. Merasa jago tahu segalanya dan berhenti belajar

Tips Programmer pemula merasa jagoTeknologi terus berkembang. Software dan program perlu terus diupdate untuk memenuhi kebutuhan jaman. Jika ilmu yang sudah dikuasai tak juga di update tentu akan tertinggal dan usang dimakan waktu.

Code Heroes Merc

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*