Mengenal Pentingnya Manajemen Sistem Transportasi Publik

Mengenal Pentingnya Manajemen Sistem Transportasi Publik

Blog.Gamatechno.com – Dalam sebuah kota yang maju, salah satu pembangunan yang memperoleh prioritas utama adalah transportasi publiknya. Tanpa transportasi publik yang baik, masyarakat kota akan kesulitan melakukan mobilitas keseharian. Lebih parah dari itu, kondisi lalu lintasnya pun bisa menjadi semrawut.

Namun, dalam proses menjadikan transportasi publik sebagai pilihan utama untuk melakukan perjalanan, tentu hadir sekian tantangan yang mesti ditangani dengan bijak oleh pihak-pihak terkait. Dari sisi transportasinya sendiri, kita harus sadar bahwa saat ini peminat transportasi massal di Indonesia masih tergolong sedikit. Entah karena alasan mobilitas maupun rutenya yang kurang akomodatif. Peminat yang masih sedikit ini bisa membuat repot operator transportasi publik, sebab bisa membuat kerugian finansial perusahaan.

Selain itu, operator pun tak sedikit yang masih kesulitan dalam memantau moda transportasi yang tengah beroperasi. Ini didasari pada fakta bahwa masih ada operator yang kemampuan mengelola moda transportasinya terbatas.

Kalau hal ini terus-terusan terjadi, tidak heran kalau kemudian imbasnya bisa menjalar ke bidang manajemen trayek yang buruk serta pengemudi yang minim informasi tentang trayek perjalanannya.

Meski begitu, permasalahan transportasi publik bukan hanya berasal dari sisi transportasinya, masyarakat pun ikut ambil bagian. Bagi masyarakat calon konsumen transportasi publik, tidak sedikit yang mengeluhkan tentang ketidakjelasan jam operasional transportasi. Selain itu, di kondisi yang masih minim armada, waktu konsumen banyak dihabiskan buat menunggu kedatangan kendaraan, apalagi kalau lokasi tunggunya tidak strategis. Dan masalah utama yang masih menjadi sorotan sampai sekarang adalah tentang sisi keamanan dan kenyamanan ketika sedang berada di dalam transportasi publik.

Saatnya Berbenah Manajemen Transportasi Publik

Dengan banyaknya masalah yang muncul terkait transportasi publik, ada satu solusi yang bisa langsung diimplementasikan. Yaitu dengan langsung menyasar jantung permasalahan transportasi publik itu sendiri: sistem manajemen transportasi.

Manajemen transportasi adalah rangkaian sistem maupun pengelolaan moda transportasi baik dalam perusahaan maupun di masyarakat/ transportasi publik.

Contoh aplikasi manajemen transportasi publik dengan aplikasi 

Gamatechno memiliki produk bernama MITRO (Mass Intelligent Transport Platform) yang pada dasarnya masih sejalan dengan mass transport information system (sistem informasi transportasi publik).

Sistem manajemen yang dikembangkan ini berfokus pada transportasi publik, terdiri dari tiga elemen yang saling mendukung. Elemen pertama adalah sistem manajemen utama yang bertugas memberi feedback, mengurusi manajemen trayek, menangani manajemen armada, monitoring, serta merekap laporan perjalanan. Elemen kedua yaitu aplikasi yang bisa diakses oleh pengguna transportasi, di situ terdapat fitur yang bisa terhubung ke media sosial, tersedia info kedatangan dan trayek, serta terdapat kolom feedback. Dan elemen ketiga berupa panel monitoring yang bertugas melakukan monitoring fleet dan load, serta memberikan early warning.

Dengan sistem manajemen yang tepat dan akomodatif, sudah pasti operator akan memperoleh manfaat yang lebih besar. Secara permukaan, manajemen yang baik akan meningkatkan kualitas layanan sehingga tingkat kepuasan publik pun meningkat. Ketika masyarakat telah memberikan label yang baik, jumlah pengguna transportasi publik bakal ikut naik pula. Hal tersebut nantinya akan sangat berjasa dalam mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya sehingga kemacetan bisa terurai. Dan bagi internal perusahaan sendiri, sistem manajemen ini akan memudahkan dalam hal manajemen armada, pengemudi, serta trayek yang ada. Win-win solution.

Dapatkan penawaran terbaik solusi transportasi mitro sekarang juga!

Code Heroes Merc

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*