Trend 7 Wearable Device di Indonesia

Trend 7 Wearable Device di Indonesia

Blog.Gamatechno.com – Wearable device dapat diartikan sebagai perpaduan antara teknologi mutakhir dengan peralatan atau aksesoris yang biasa kita pakai, seperti contoh jam tangan, kacamata, kamera, gelang, dan sebagainya. Sebagian besar teknologi wearable device dipengaruhi oleh perkembangan teknologi smart phone, sehingga beberapa diantaranya masih memerlukan smart phone untuk dapat beroperasi dengan maksimal seperti Apple Watch, Razer Nabu, dan Google Glass.

Saat ini wearable device makin berkembang dan mulai banyak digunakan. Berikut Gamatechno rangkum tujuh wearable device yang mulai berkembang di Indonesia :

  1. Smart Watch

smart watch, smart city

Jam tangan yang memiliki teknologi smartphone ini sekarang sudah cukup populer di Indonesia. Smart watch terhubung dengan smart watch secara nirkabel dengan smartphone untuk  mendapatkan jaringan internet. Untuk pengoperasiannya ada beberapa tombol di bagian sisi jam, dan beberapa jenis jam tertentu dapat dioperasikan melalui layar sentuh. Daya smart watch dapat bertahan 2-4 hari bergantung pada pemakaian, dan dapat diisi ulang.

  1. Smart Glasses

smart glass smart city

Salah satu contoh teknologi ini adalah Google Glass. Teknologi ini cukup dikenal, namun belum begitu populer karena harganya mahal dan fungsinya yang belum dapat dimaksimalkan di Indonesia. Seperti smart watch, kacamata ini terhubung dengan smart phone untuk mendapatkan koneksi internet.  Proyeksi yang dihasilkan cukup jelas meskipun posisinya dekat dengan mata. Daya tahan kacamata ini bisa mencapai 1 hari dengan pemakaian normal. Cara pengoperasiannya berbeda-beda untuk tiap merk, pada Google Glass dioperasikan dengan menyentuh sisi bingkai kacamatanya. Dilengkapi juga dengan kamera untuk menangkap foto dan video.

  1. Smart Bracelet

smart band smart city

Hampir sama dengan smart watch, bedanya adalah smart wristband ini berbentuk gelang kecil. Dilengkapi akselerometer yang akurat  untuk merekam pergerakan, dan fungsi getar sebagai media pemberitahuan dari smartphone. Gelang ini merekam seluruh akitifas kita sehingga cocok digunakan untuk mereka yang suka berolahraga. Fitur alarm dapat di set melalui smartphone. Beberapa tipe dapat menampilkan pesaan singkat yang masuk pada smart phone.

  1. Action Camera

smart camera

Salah satu contohnya adalah Go-Pro dan kini sudah sangat populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau dan mudah dipakai. Dilengkapi dengan  layar monitor, memori eksternal, dan perlengkapan anti air. Untuk beberapa merk dapat merekam video dengan kualitas 4K. Daya tahan baterai 2-3 jam, untuk pengambilan video hanya bertahan hingga 1 jam saja. Perangkat pendukung lainnya seperti helm khusus dan  body holder dijual terpisah. Terdapat aplikasi di Android dan iOS untuk mengontrol timer dan melihat foto/video.

  1. Quadcopter

quad copter

Quadcopter  sudah sangat populer di kalangan fotografer dan penelitian. Dikendalikan dengan remote control dan dilengkapi dengan kamera yang dapat mengambil hingga 800 foto atau 30 menit video. Durasi terbang terbilang cukup singkat, 7-10 menit. Quadcopter ini dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang, untuk remote control menggunakan 4 baterai “AA” dan dapat terbang sejauh 50 meter dari  remote control. Quadcopter memerlukan sekitar 90 menit untuk mengisi ulang baterainya.

  1. Virtual Reality

virtual reality

Virtual Reality (VR) saat ini sedang populer di dunia. Menampilkan sensasi  first-person menjadikan gadget ini cocok digunakan untuk  gaming. Dilengkapi dengan headset, serta  di beberapa merk dilengkapi sensor biometrik seperti pergelangan tangan dan jari. Oculus  merupakan salah satu merk VR yang terkenal dengan produknya yaitu Oculus Rift. Selain membeli VR, kita juga dapat menggunakan smartphone kita untuk dijadikan VR dengan menggunakan Google Cardboard.

  1. Smart Balance Wheel

smart balance wheel

Teknologi ini belum lama masuk ke pasar teknologi di Indonesia, namun cukup mendapat sambutan yang baik. Smart Balance Wheel  dapat menopang hingga 100 kilogram  dengan kecepatan maksimum 10 km/jam, serta dapat menempuh jarak sejauh 20 kilometer. Untuk. suplai tenaga, teknologi ini menggunakan baterai Lithium-ion 36v 4.4AH yang menggerakkan motor dengan daya 350 W. Baterai dapat diisi ulang dengan listrik rumah selama 90-120 menit. Merk yang populer di Indonesia adalah Run Wheel.
Demikian adalah 7 wearable devices yang diprediksi akan semakin populer di Indonesia versi blog.gamatechno.com. Masih banyak lagi wearable device selain 7 kategori diatas namun karena keterbatasan akses internet dan gaya hidup, tidak semua bisa diadaptasi dengan cepat oleh masyarakat Indonesia. Menurut Anda, wearable device apa saja yang akan populer di Indonesia kedepannya ?

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment