Trik Mengelola Armada dan Melayani Penumpang dengan Cara Lebih Baik

Trik Mengelola Armada dan Melayani Penumpang dengan Cara Lebih Baik

Blog.Gamatechno.com – Survei yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa orang-orang lebih suka naik transportasi publik yang bisa dipantau secara langsung. Mereka biasanya akan melihat rute mana yang paling efektif untuk diambil sehingga menghemat waktu.

Fakta lainnya yang ditemukan adalah keberadaan aplikasi di smartphone mampu meningkatkan pelayanan bagi penumpang dengan lebih baik. Aplikasi secara jelas memperlihatkan informasi secara real-time terkait dengan jadwal transit pagi kendaraan publik besar, keterlambatan, bahkan layanan lain yang disediakan oleh operator transportasi.

Pengembangan aplikasi smartphone untuk bidang transportasi dapat pula membuat perpindahan armada menjadi lebih mudah hingga pengurangan ongkos yang sebelumnya habis untuk permasalahan promosi. Dari sisi penumpang pun hal ini akan meningkatkan pengalaman berkendara yang menarik via transportasi publik.

Di Indonesia, poin utama dalam pengelolaan armada sehingga penumpang merasa puas sebenarnya sederhana: kecukupan informasi. Penumpang akan mendapatkan banyak pilihan tentang kapan dan di mana rute dimulai. Penumpang tidak akan membutuhkan selebaran petunjuk rute. Namun, meskipun masih ada yang menggunakan rute selebaran, hal itu tidak akan sebaik apabila terpantau secara langsung.

Apalagi, saat ini pengelola armada semakin dimudahkan dengan biaya pemanfaatan teknologi yang semakin terjangkau. Beberapa tahun silam, menyediakan informasi secara real-time bagi penumpang membutuhkan dana instalasi yang tidak sedikit. Apalagi ketika harus mengintegrasikan sistem dan membangun jaringan via telepon yang rumit. Sekarang, kehadiran teknologi yang semakin umum mampu membantu pengelola untuk menyediakan data lewat aplikasi sendiri sekaligus menyediakan win-win solution bagi penumpang.

Selain itu, pengelolaan armada via aplikasi, misalnya menggunakan gtFleets maupun mTransport, juga memperkuat jaringan komunitas pengguna. Nyatanya, saat ini banyak orang yang lebih suka ketika merasa saling terhubung dalam sebuah komunitas pengguna di mana mereka tinggal dan bekerja. Teknologi yang menghubungkan transportasi dan masyarakat semakin mendorong peningkatan jumlah komunitas pengaksesnya untuk saling berinteraksi. Akibatnya, komunitas ini seringkali secara sukarela akan mengajak teman-teman mereka sehingga meningkatkan jumlah pengguna.  

Kondisi jalanan yang semakin padat dengan kendaraan pribadi beberapa tahun terakhir ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pengelola armada. Lewat bantuan teknologi, pengelola akan mampu meningkatkan persepsi masyarakat tentang transportasi publik. Transportasi publik pun secara otomatis juga akan berbenah dengan menyediakan infrastruktur dan pelayanan yang lebih baik.

Tentu saja keberadaan armada yang memiliki aplikasi smartphone bagi penumpang tidak bisa secara instan membuat masyarakat beralih sepenuhnya. Namun paling tidak, hal ini menjadi tonggak kesetaraan antara transportasi publik, pesepeda, serta pengguna kendaraan pribadi lain. Semua pihak akan memperoleh fasilitas yang sama-sama memadai di jalan. (anas)

Code Heroes Merc
Leave a comment