Pengalaman Wisata Jogja Dengan Teknologi Augmented Reality

Pengalaman Wisata Jogja Dengan Teknologi Augmented Reality

Blog.Gamatechno.com – Piknik adalah kebutuhan semua orang. Tapi backpacker macam saya ini ya harus pinter-pinter nyari informasi lokasi tujuan. Selain untuk menghemat biaya, juga agar liburannya tidak sia-sia. Siapa tau di kota tujuan ada event tertentu yang setahun sekali diadakan, ya kan? Dan kali ini, saya cerita tentang pengalaman baru yang saya temui di lokasi piknik saya, Jogja.

Jogja semakin kesini semakin terasa istimewa! Nggak cuma pariwisatanya aja yang dikembangin, tapi juga teknologinya. Coba-coba berhadiah dengan mencari informasi tentang kota Jogja, malah dapat durian runtuh. Saya tidak sengaja menemukan aplikasi “Jogja Istimewa” yang lengkap banget. Ada wisata, event, budaya, transportasi, bahkan dilengkapi dengan Augmented Reality. Eh udah tau Augmented Reality? Nanti saya akan jelaskan di bawah ya!

Aplikasi Pemandu Wisata di Jogja

Pertama kali saya buka aplikasinya, muncul pencarian lokasi terdekat secara otomatis. It helps you so much when you lost, guys! Jadi selama kamu anteng ngadep Jogja Istimewa, se-tersesat-sesatnya kamu di Jogja, aplikasi itu tetep bisa ngasih kamu pilihan-pilihan lokasi terbaik. Tidak hanya lokasi saja, tapi juga ada gambar dan ulasan yang bisa bantu kita kalau kebingungan milih destinasi. Milih destinasi wisata aja bingung, apalagi memilih…. kulinernya 😀

Wisata dipandu aplikasi Jogja Istimewa

Salah satu fitur yang paling beda dari semua aplikasi yang ada di smartphone saya yaitu Augmented Reality. Kalau di aplikasi Jogja Istimewa, namanya Jogja AR. Awalnya bingung karena setelah di klik kok di layar muncul seperti mau ambil foto tapi tidak ada tombolnya, malah ada gambar kecil dan nama suatu lokasi. Akhirnya saya cari tau dan menemukan jawabannya.

Sensasi Pengalaman Berwisata Dengan Teknologi AR

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (Wikipedia). Kalau masih bingung, sederhananya, kalau kita mengarahkan kamera kita ke benda-benda di sekitar kita (misalnya gedung atau apapun itu), kita bisa melakukan aktivitas seperti saat menggunakan smartphone misalnya melihat informasi gedung, atau jadwal event yang diselenggarakan di gedung tersebut, bahkan melakukan transaksi seperti booking hotel dan sebagainya. Dengan Augmented Reality, juga jadi lebih mudah dalam menemukan suatu tempat karena akan ditampilkan informasi pada layar smartphone yang kita arahkan ke gedung tersebut.

Jogja AR benar-benar membantu bahkan di saat kita berada di dalam gedung atau tersesat di tengah hutan karena Jogja AR memiliki rentang maksimal 40 km dari lokasimu berada. Saat gambar dan nama lokasi muncul di layar, kita bisa langsung menyentuhnya dan melihat deskripsi singkatnya. Selain itu, ada fasilitas direction sehingga kita dengan mudah menuju ke lokasi tersebut dengan arahan dari aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Google Maps. Sangat mudah bukan?

Pokoknya Jogja sungguh Istimewa. Nggak hanya tempat dan penduduknya, namun juga perkembangan teknologinya. Jadi semangat kalau merencanakan piknik ke Jogja, karena nggak bakal kelewatan event yang diselenggarakan karena ada fitur Jogja Event. Kamu bisa kepo maksimal acara yang mungkin kamu tunggu-tunggu seperti sekaten, karnaval, dan sebagainya. Kalau semua kota atau provinsi punya aplikasi se-keren Jogja Istimewa, boleh-lah ya mampir ke sana. Karena nggak akan takut tersesat dan dalam satu aplikasi bisa mendapatkan informasi yang hampir menyeluruh tentang Jogja. Kurangnya aplikasi ini hanya satu, cukup boros kuota karena banyak sekali gambar yang harus dimuat. But overall, you’ve to try this apps, everybody! Easy, informative, and helpful! Coba sendiri dan rasakan langsung bagaimana menjelajah Jogja dengan teknologi. Kamu bisa download di link ini untuk Android dan IoS.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment