5 Modul ERP yang Berguna bagi Perusahaan Industri Jasa

Perusahaan industri jasa merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan ekonomi dengan cara memberikan pelayanan jasa seperti jasa transportasi, perbankan, asuransi, kesehatan, dan sebagainya. Tentu saja dengan berbagai kegiatan yang mengutamakan pelayanan konsumen, maka perusahaan membutuhkan rangkaian sistem informasi yang terintegrasi untuk membantu dan memudahkan proses pengelolaan perusahaan.

Pengelolaan yang dimaksud ialah pengelolaan yang berhubungan dengan karyawan, keuangan, asset, konsumen dan sebagainya. Serangkaian sistem perencanaan sumber daya perusahaan tersebut tertuang dalam sistem ERP.

Terdapat 5 modul utama ERP yang akan membantu perusahaan industri jasa dalam mengelola perusahaannya, diantara:

1. Human Resource Management

Human resource management merupakan salah satu modul software ERP utama yang akan berkaitan dengan pengelolaan data karyawan yang mencakup employee, payroll dan attendance. Pengelola perusahaan akan terbantu dengan mengetahui kondisi karyawan sampai dengan pengambilan keputusan yang tepat terkait dengan strategi SDM. Dalam perusahaan industri jasa, human resource management akan sangat diperlukan menghitung banyaknya proses produksi yang melibatkan banyak karyawan.

Sistem Informasi HR

2. Finance Management

Modul software ERP utama kedua yang tepat bagi perusahaan industri jasa adalah finance yang meliputi financial report, accounting, dan CoA. Finance akan bersentuhan dengan pengelolaan anggaran, keuangan dan akuntansi perusahaan. Sehingga dalam sistem ERP, finance akan terbantu untuk mengurangi human error atau kesalahan dalam perhitungan keuangan perusahaan.

Sistem Informasi Management Finance

3. Customer Relationship Management

Perusahaan industri jasa akan terbantu dengan aplikasi yang dapat mempermudah pengelolaan customer, mitra bisnis dan prospek perusahaan yaitu dengan yang dinamakan dengan CRM. CRM menjadi modul utama ERP untuk mempertimbangkan kepada eksekutif perusahaan industri jasa terkait proyek yang sedang dijalankan dalam perusahaan.

Aplikasi CRM

4. General Affair Management

Selanjutnya, modul utama software ERP Indonesia yang dapat membantu perusahaan industri jasa adalah general affair yang berisi procurement, vendor, dan imbursement. ERP membantu general affair dalam pengelolaan administrasi dengan fitur pengelolaan mitra kerja atau vendor, penilaian vendor, penyederhanaan proses pengadaan, pencatatan surat masuk dan keluar, pencatatan peminjaman fasilitas dan ruang, hingga pada pencatatan penerimaan invoice.

Sistem Informasi Genaral Affair

5. Asset Management

Modul kelima yaitu asset yang meliputi room dan building, fixed asset, dan depreciation. ERP akan membantu perusahaan industri jasa dalam mengelola asset tetap (fix asset) seperti gedung, ruang beserta inventaris yang ada di dalamnya. Perusahaan akan terbantu dengan beberapa fitur di dalamnya yang meliputi pelacakan lokasi barang inventaris, merekam sejarah perpindahannya, merekam sejarah perawatan, merekam kondisi barang, merekam nilai asset beserta nilai saat ini setelah mengalami penyusutan.

Sistem Manajemen Asset

Itulah 5 modul utama ERP yang dapat membantu perusahaan dalam software ERP Indonesia. Dengan memiliki berbagai modul tersebut, maka perusahaan sudah dapat melakukan ERP guna mempermudah dalam menjalankan bisnisnya. Anda bisa mendapatkan segala kemudahan ERP dengan berbagai modul yang tersedia dengan menggunakan gtERP. Rangkaian sistem ini akan membantu perusahaan untuk menjalani proses pengelolaan sebuah perusahaan baik besar maupun dalam skala kecil.

 

Exit mobile version