5 Tips Pengelolaan Manajemen Gudang untuk Inventaris Perusahaan

Aktifitas logistik berkaitan dengan manajemen gudang seperti pengelolaan inventaris gudang, waktu yang tepat dalam mengirimkan produk, dan yang lainnya. Maka dari itu manajemen gudang sangat penting dalam sebuah perusahaan produk yang harus dikelola secara baik.

Ada 5 tips pengelolaan manajemen gudang agar kinerja semakin optimal dalam hal inventaris perusahaan, yaitu:

1. Mengatur tata letak ruang gudang

Mengatur ruang dan tata letak gudang akan mempermudah proses masuk dan keluarnya barang. Area gudang harus cukup luas untuk dilalui mesin pembawa barang. Selain itu simpanlah barang yang memiliki permintaan atau cepat habis di area tersebut. Hal ini akan membuat staf gudang mudah melakukan pengambilan dan pengiriman barang jika tata letak ruang diurutkan.

2. Perhitungan siklus secara regular

Perhitungan siklus secara regular perlu dilakukan tanpa harus memberhentikan kegiatan di gudang. Anda dapat menghitung sebagian kecil barang di lokasi tertentu sehingga tidak menghambat lokasi lain dalam melakukan kegiatan. Perhitungan siklus dapat dilakukan tiga bulan sekali untuk menghindari resiko penyusutan inventaris. (Baca Juga : Fungsi Sistem Manajemen Gudang yang Perlu Diketahui! )

3. Kelompokkan barang dengan label

Label akan membantu staf melakukan pelacakan dan pengambilan barang. Seluruh barang dapat memiliki kode SKU atau barcode masing-masing tanpa ada yang sama. Hal ini dapat dilakukan dengan sistem manajemen inventaris yang terintegrasi dengan barcode scanner.

4. Memperhatikan tingkat keamanan gudang

Keamanan gudang perlu di jaga untuk menghindari kehilangan inventaris. Gunakan akses masuk seperti kartu untuk staf yang bertugas dalam mengelola barang. Sehingga tidak semua orang dapat masuk ke dalam gudang. Selain itu pasang kamera pengawas di setiap sudut yang penting. Perlu juga adanya identitas yang mudah dikenali ketika berada di dalam gudang seperti seragam.

5. Melakukan prosedur cross docking

Cross docking akan menghemat waktu pegiriman dan mempercepatnya. Prosedur ini dapat dilakukan dengan menyortir barang yang diterima dari supplier dan menaruhnya di gudang transit atau tempat yang disediakan.

Itulah 5 tips pengelolaan manajemen gudang untuk inventaris perusahaan yang dapat Anda lakukan. Pengelolaan gudang sangat dibutuhkan karena terkait dengan barang masuk dan keluar untuk permintaan konsumen.

Exit mobile version