6 Rekomendasi Aplikasi Walkie Talkie atau Digital Push To Talk Terbaik

6 Rekomendasi Aplikasi Walkie Talkie atau Digital Push To Talk Terbaik

Asian contractor in bright orange vest using walkie-talkie for communication with coworkers at construction site

Dengan bentuk yang praktis dan menawarkan komunikasi secara cepat di jarak yang tidak begitu jauh, walkie talkie masih menjadi andalan bagi mereka yang bekerja di lokasi konstruksi. Tapi dengan teknologi saat ini, Anda bisa menginstal aplikasi walkie talkie ke di smartphone Anda.

Beroperasi layaknya walkie talkie konvensional, digital walkie talkie ini tentunya memiliki kemampuan digital push to talk (PTT), di mana komunikasi berlangsung dua arah tetapi tetap dengan waktu yang bergantian.

Baca terus untuk tahu lebih jauh soal aplikasi walkie talkie serta rekomendasinya.

Fitur Aplikasi Walkie Talkie

Aplikasi walkie talkie berfungsi seperti perangkat aslinya. Sebagai pengguna, Anda bisa mendengarkan semua aktivitas di saluran yang dipilih, lalu tekan tombol Bicara saat sudah giliran Anda untuk berbicara.

Aplikasi walkie talkie juga memiliki banyak fitur di luar walkie talkie biasa. Pesan teks, mengirim gambar, memutar ulang pesan suara, adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh aplikasi walkie talkie yang tidak dapat dilakukan oleh walkie talkie biasa.

Analog Walkie Talkie Vs Digital Walkie Talkie

Baik analog maupun digital, walkie talkie memiliki keunggulannya masing-masing. Analog walkie talkie merupakan alat komunikasi dua arah yang menggunakan gelombang radio. Pada dasarnya alat ini adalah persilangan antara ponsel dan radio. Mereka mengirim dan menerima sinyal radio dalam jarak relatif dekat.

Keunggulan paling jelas adalah analog walkie talkie tidak memerlukan abonemen atau pulsa seperti pada telepon untuk melakukan panggilan.

Sedangkan aplikasi digital walkie talkie memiliki keunggulan dari sisi efisiensi pemeliharaan dan pengadaan alat atau device. Selain itu, karena audio yang sangat terkompresi, push to talk digital menggunakan data yang lebih ringan.

Sehingga, digital walkie talkie bahkan dapat bekerja pada koneksi 2G/3G. Jadi walaupun kecepatan internet cukup lambat di ponsel Anda, aplikasi ini akan tetap menjalankan fungsinya.

6 Rekomendasi Aplikasi Walkie Talkie Terbaik

1. Zello

Aplikasi ini menawarkan dua hal kepada pengguna, yakni memungkinkan untuk berkomunikasi secara pribadi dengan orang yang Anda kenal dan juga untuk bergabung dengan saluran (channels) yang mungkin menarik bagi Anda. Zello menghadirkan streaming waktu nyata dengan audio berkualitas tinggi, termasuk PTT, dan berfungsi melalui data seluler Wi-Fi, 2G, 3G, atau 4G.

2. Voxer

Voxer memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan audio langsung, seperti walkie talkie, tetapi semua pesan disimpan sehingga Anda dapat mendengarkan dan merespons nanti. Voxer memiliki fitur end-to-end encryption, yang menjamin keamanan. Ada juga opsi berbagi pesan dalam bentuk foto hingga berbagi lokasi.

3. Nuovoteam

Selain memfasilitasi percakapan dua arah layaknya walkie talkie, aplikasi ini membantu perusahaan melacak dan memantau pekerja dan tenaga lapangan mereka. Memantau lokasi karyawan, jam masuk dan keluar, melacak status kerja dan menetapkan tugas, mengaktifkan manajemen kontak terpadu di seluruh perusahaan, berbagi pesan instan, panggilan video, dan obrolan grup adalah berbagai hal yang bisa dilakukan aplikasi ini.

4. Orion

Aplikasi Orion Push to Talk memiliki fitur yang kurang lebih sama seperti aplikasi walkie talkie lainnya. Namun Orion memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi tanpa harus kehilangan fokus pada perangkat apapun. Sebab mereka memiliki Orion Sync, inovasi push to talk yang dapat dikenakan dan dilengkapi dengan konektivitas LTE serta Wi-Fi terintegrasi.

5. Touch to Talk

Aplikasi ini mengubah ponsel menjadi walkie-talkie dengan berbagai fitur. Pengguna dapat menggunakan data seluler yang ada untuk melakukan panggilan aplikasi (VoIP) baik perorangan ataupun grup. mengirim pesan singkat dalam benuk suara, gambar maupun video hingga melacak lokasi karyawan.

6. Digitalkie

Digitalkie merupakan aplikasi HT android yang bisa diandalkan untuk membantu mengelola manajemen komunikasi tim operasional perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Tak hanya realtime push talk communcation, Digitalkie dilengkapi oleh berbagai fitur lain seperti mengirim pesan teks multimedia, tombol emergency, dan tentunya GPS untuk kebutuhan tracking lokasi anggota tim.

Semua percakapan menggunakan Digitalkie pun bisa disimpan, sehingga Anda bisa memantau, memutar ulang bagian yang penting. Karena merupakan aplikasi HT android, pengguna Digitalkie tak perlu mengatur frekuensi sebelum menggunakannya. Selama terhubung jaringan internet, jangkauannya tak terhingga.

Teknologi saat ini memberi kita beragam cara untuk berkomunikasi secara mudah, salah satunya dengan adanya aplikasi walkie talkie untuk memudahkan kerja lapangan. Aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Exit mobile version