Pentingnya Absensi Online Bagi Perusahaan Outsourcing

Pentingnya Absensi Online Bagi Perusahaan Outsourcing

Memanfaatkan teknologi absensi online bukanlah hal baru untuk menunjang peningkatan produktivitas kerja di berbagai bidang industri, termasuk juga perusahaan alih daya.

Bagi perusahaan outsourcing, mengelola karyawan dengan sebaik-baiknya menjadi prioritas utama yang harus dilakukan. Adanya sistem pengelolaan karyawan yang baik tentu akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan karena pasti akan mampu menyediakan layanan berkualitas bagi klien mereka.

Namun, untuk melakukan pekerjaan ini bukanlah menjadi hal yang mudah bagi HR (Human Resource) perusahaan. Apalagi jika perusahaan telah memiliki tenaga kerja dengan jumlah yang banyak, ditambah lagi penempatan kerjanya berada di lokasi yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi klien berada. Oleh karenanya jika pengelolaan karyawan masih dilakukan secara konvensional akan sangat tidak efektif apalagi jika berkaitan administratif karyawan.

Salah satu contohnya adalah pencatatan kehadiran karyawan. Bayangkan saja, melakukan pencatatan kehadiran karyawan seperti diatas akan terlalu banyak menguras tenaga. Selain perlu waktu yang lama, pekerjaan itu juga rawan terjadi kesalahan dalam pencatatan kehadiran jika masih dilakukan secara manual. Selain itu dengan lokasi kantor pusat dengan karyawan yang berbeda-beda juga akan menyebabkan sulitnya mengelola, mereka, terutama jika karyawan ingin melakukan izin.

Untuk itu di era seperti saat ini, perusahaan outsourcing harus cerdas dalam mengelola karyawannya. Jangan sampai malah kehilangan kepercayaan karena kualitas sumber daya manusia yang ditempatkan di klien kurang memuaskan. Banyak cara yang dapat digunakan dalam mengelola karyawan, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi absensi online yang saat ini telah banyak digunakan. Berikut alasannya mengapa Anda harus menggunakan aplikasi ini?  

 

Manfaat Penggunaan Absensi Online Bagi Perusahaan Outsourcing

Berikut ini manfaat dari penggunaan absensi online yang menjadikan sistem ini sangat penting digunakan oleh perusahaan outsourcing.

 

1. Memudahkan Pencatatan Absensi dan Rekapitulasi Data

Melakukan pencatatan absensi secara manual tentu akan menyulitkan bagi HRD, namun berbeda jika dilakukan dengan absensi online. Pencatatan dapat dilakukan secara otomatis, begitu juga dengan rekapitulasi data.

Dengan absensi online, HRD tidak perlu khawatir lagi karena kesalahan dalam pencatatan absensi tidak akan pernah terjadi lagi.

Selain itu rekapitulasi data maupun pencatatan absensi dapat dipantau secara realtime sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan, data absensi dapat diakses.

 

2. Monitoring Karyawan dengan Mudah

Sistem absensi yang dilakukan secara online akan merekam waktu kapan karyawan masuk dan kapan karyawan keluar sehingga monitoring kehadiran karyawan dapat dilakukan. Dengan sistem ini tentunya akan meningkatkan kedisiplinan bagi karyawan.

Selain itu, sistem absensi online yang telah didukung teknologi GPS juga dapat membantu perusahaan untuk memonitoring lokasi dimana karyawan melakukan absensi sehingga akan tahu apakah karyawan benar-benar telah di kantor atau sebaliknya.

 

3. Meminimalisir Kecurangan

Jika membicarakan kecurangan kehadiran karyawan, aplikasi absensi online menjadi solusi terdepan dalam hal ini. Mengapa demikian? Karena aplikasi absensi online hanya dapat diakses oleh karyawan yang memiliki akun saja.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga hanya dapat digunakan dengan perangkat karyawan yang terdaftar saja sehingga kemungkinan terjadinya kecurangan sangat kecil sekali.

 

4. Lebih Hemat Biaya

Untuk dapat menggunakan absensi online, perusahaan tidak perlu lagi menyediakan alat fisik seperti mesin fingerprint. Perusahaan hanya butuh perangkat komputer dan jaringan internet saja yang pastinya telah dimiliki oleh setiap perusahaan. Untuk melakukan absensi, karyawan juga cukup menggunakan smartphone pribadi karyawan masing-masing. Artinya pengeluaran untuk pengadaan perangkat fisik dapat diminimalisir karena absensi online dapat diakses oleh karyawan yang berada di lokasi penempatan yang berbeda-beda.

 

5. Membantu Perhitungan Gaji Karyawan

Sebagian besar, aplikasi absensi online telah dilengkapi dengan fitur payroll. Dengan fitur ini HRD tidak perlu lagi repot melakukan perhitungan gaji karyawan secara manual karena dapat telah dapat dilakukan secara otomatis dengan sistem ini. Perhitungan gaji juga menyesuaikan dengan data kehadiran maupun lembur karyawan.

Tidak sampai disitu, absensi online juga menyuguhkan fitur perhitungan PPH21, THR hingga BPJS secara akurat sehingga HRD tidak perlu lagi khawatir diakhir bulan.

 

6. Memudahkan Karyawan Mengajukan Izin dengan Leveling Approval

Pengajuan izin dan cuti juga bisa dengan mudah diakses melalui aplikasi. Proses approval juga tidak lagi melewati birokrasi yang panjang karena atasan atau HR dapat melakukannya cukup melalui aplikasi saja. Memanfaatkan absensi online mampu mempersingkat beberapa proses panjang yang ada di perusahaan.

Namun tidak semua absensi online memiliki fitur lengkap seperti yang disebutkan diatas. Salah satu aplikasi absensi online yang dilengkapi fitur lengkap adalah Eoviz Lite.

Baca juga : Pentingnya Absensi Online untuk Bantu HRD

Dengan aplikasi Eoviz Lite ini, perusahaan outsourcing disuguhkan beberapa fitur unggulan yang mampu mempermudah pengelolaan karyawan sehingga mampu meningkatkan kualitas karyawan. Kemudahan-kemudahan yang ada juga akan meningkatkan produktivitas HR dalam menjalankan kewajibannya.

Exit mobile version