Apa itu ERP dan fungsinya untuk Bisnis Anda

Saat ini sudah banyak Software ERP Indonesia yang secara tidak langsung membantu perusahaan untuk beralih dari cara konvensional ke dalam sistem yang memudahkan dalam menjalankan bisnis.

Mendengar ERP atau Enterprise Resource Planning, maka sudah sangat jelas berbicara tentang perencanaan sumber daya perusahaan. Secara umum ini merupakan sebuah konsep dimana perusahaan dapat membuat perencanaan untuk memanfaatkan sumber daya secara maksimal. Sumber daya yang dimaksud menekan pada aspek finansial, akuntansi, sumber daya manusia, rantai suplai dan lain sebagainya. Perusahaan menggunakan ERP untuk dapat menghasilkan pekerjaan yang efisien dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen yang berujung pada keuntungan maksimal perusahaan.

ERP menjadi sebuah teknologi yang dikenal sejak tahun 1960-an dimana perusahaan mempunyai keinginan untuk meningkatkan daya saing. Tahun 1990, ERP mulai dikenal secara luas menjadi sebuah sistem yang memiliki lebih banyak fungsi manajemen dan operasional.

 

Lalu, apa saja fungsi dari ERP sendiri untuk bisnis Anda?

Hemat biaya operasional dan kinerja lebih efisien

Software ERP membuat biaya operasional perusahaan berkurang karena ERP bekerja secara otomatis dan cepat. Maka perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya tenaga kerja untuk mengerjakan secara manual. Kegiatan seperti pemesanan, pengiriman, kinerja supplier, pemeriksaan kualitas, kas perusahaan, dan sebagainya dapat menjadi lebih efisien dalam satu waktu.

Menyederhanakan kegiatan operasional

Kegiatan operasional perusahaan akan terhubung satu sama lain sehingga pembaharuan dalam satu kegiatan akan secara otomatis diperbaharui. Seperti misalnya kegiatan memasukkan data transaksi tidak perlu dimasukkan pada berbagai modul, tetapi cukup sekali saja. Sistem database terpusat akan membantu perusahaan dalam menyimpan data secara aman.

Terciptanya kolaborasi

Siapa bilang jika antar divisi dalam perusahaan sulit untuk melakukan kolaborasi? Justru kolaborasi sangat penting dilakukan agar perusahaan dapat berkembang secara pesat. Software ERP dapat menjadi penghubung komunikasi antar divisi untuk mengakses data karena sistem informasinya yang terpusat. Sehingga perkembangan bisnis dapat dilakukan dengan mengakses data divisi lain secara real time.

Data perusahaan menjadi lebih aman

Walaupun software ERP dapat diakses oleh divisi lain, namun dapat dimonitor secara terpusat untuk jalan aksesnya. Terdapat admin yang mengelola data untuk dapat memberikan akses secara terbatas kepada pihak yang berkepentingan. Sehingga tidak semua data dapat dilihat oleh divisi lain jika itu merupakan data yang bersifat rahasia dan penting. Software ERP juga dapat menunjukkan data aktivitas pengguna untuk dapat melihat kegiatan apa saja yang berjalan di software tersebut.

Membuka peluang bisnis

Software ERP dapat memberikan laporan yang lengkap, akurat dan real time seperti sumber daya material, sumber daya manusia, mesin dan sebagainya untuk membantu manajemen dalam melakukan perencanaan bisnis kedepan. Sehingga manajemen dapat dengan mudah melakukan keputusan akan perkembangan bisnis perusahaan.

Anda dapat dengan mudah mengambil manfaat dari software ERP di atas dengan mulai mencoba mengimplementasikan sistem ERP. Bisa bertahap dari kebutuhan pengelolaan human resource dulu, finance, atau supply chain bagi anda yang bergerak di perusahaan retail.

Apapun jenis perusahaan yang sedang anda jalankan sistem ERP bisa menyesuaikan dengan proses bisnis di perusahaan Anda. Yang terpenting adalah kemampuan untuk integrasi antar aplikasi atau modul, sehingga kedepan anda dapat dengan mudah untuk saling menggunakan data dengan mudah.

Anda dapat mencoba gtERP untuk mulai terapkan di perusahaan anda. Dengan modul yang lengkap, terintegrasi dan dapat menyesuaikan sesuai proses bisnis di perusahaan anda.

Exit mobile version