Aplikasi Akuntansi untuk Perusahaan Enterprise

Aplikasi akuntansi enterprise

Aplikasi akuntansi untuk perusahaan enterprise telah menjadi kebutuhan yang semakin penting di era digital saat ini. Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan serba cepat, memiliki aplikasi akuntansi yang handal dapat membantu perusahaan mengelola keuangan mereka dengan lebih efektif dan efisien. Aplikasi akuntansi juga membantu meningkatkan keakuratan laporan keuangan perusahaan, memudahkan pemantauan keuangan, serta mengoptimalkan pengeluaran dan pemasukan perusahaan. Selain itu, aplikasi akuntansi untuk perusahaan enterprise dapat diintegrasikan dengan sistem lain seperti sistem manajemen inventaris, sistem penjualan, dan sistem manajemen sumber daya manusia untuk memberikan solusi terpadu bagi perusahaan.

Namun, tidak semua aplikasi akuntansi cocok untuk setiap jenis perusahaan. Perusahaan enterprise yang memiliki kompleksitas yang lebih tinggi membutuhkan aplikasi akuntansi yang lebih canggih dengan fitur dan fungsi yang lebih lengkap. Oleh karena itu, dalam memilih aplikasi akuntansi, perusahaan perlu mempertimbangkan berbagai faktor seperti kemampuan aplikasi dalam memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan, tingkat integrasi dengan sistem lain, kemudahan penggunaan, dukungan teknis, dan biaya. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang tepat, perusahaan enterprise dapat memaksimalkan pengelolaan keuangan mereka dan meningkatkan efisiensi operasional mereka secara keseluruhan.

Apa itu Perusahan Enterprise?

Perusahaan enterprise adalah sebuah perusahaan yang besar dan kompleks yang beroperasi dalam ranah nasional atau tingkat global. Perusahaan enterprise biasanya mempunyai jumlah karyawan yang tinggi, banyak departemen, dan jangkauan beragam produk atau jasa. Mereka juga cenderung mempunyai struktur organisasi yang lebih kompleks dan mensyaratkan solusi bisnis tingkat lebih lanjut untuk mengelola operasional mereka.

Perusahaan enterprise dapat beroperasi di industri bervariasi; termasuk teknologi, finansial, kesehatan, ritel, dan manufaktur. Sehubungan dengan ukuran dan kompleksitasnya, perusahaan-perusahaan tersebut menghadapi berbagai tantangan unik dalam mengelola operasional mereka, seperti ketika mengelola data finansial, mengelola supply chain, dan keselarasan dengan persyaratan regulasi. Secara keseluruhan, perusahaan-perusahaan enterprise memainkan peran yang signifikan di ekonomi global dan merupakan kontributor utama yang menyediakan lowongan dan inovasi kerja.

Apa itu Aplikasi Akuntansi?

Aplikasi akuntansi adalah sebuah program software yang menangkap dan mencatat semua transaksi akuntansi perusahaan; termasuk pengelolaan aset tetap, pengelolaan pengeluaran, pengelolaan revenue, account payable, account receivable, inventaris, pelaporan, dan analitis. Sebuah aplikasi akuntansi biasanya dijalankan pada serangkaian hardware dan peralatan jaringan yang dikelola secara lokal atau bergantung pada ahli infrastruktur pihak ketiga berbasis cloud.

Sistem akuntansi yang lengkap menjaga alur aset, utang piutang, revenue, dan pengeluaran perusahaan. Transaksi-transaksi tersebut lalu dicatat dalam buku keuangan umum secara real-time, memberikan CFO dan tim bendahara akses cepat ke data finansial yang akurat dan real-time. Sistem ini juga memberikan visibilitas ke performa tingkat operasional perusahaan.

Pencatatan secara sistematis transaksi finansial memudahkan proses pembuatan laporan keuangan tahunan dan kuartal; termasuk laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan ekuitas pemegang saham. Aplikasi akuntansi adalah komponen kunci dari sebuah sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

Sistem ERP menyatukan fungsi esensial bisnis seperti akuntansi perencanaan dan analisa finansial, supply chain, manajemen inventaris, dan procurement. Aplikasi ini diintegrasikan dengan user interface pada umumnya dan model data.

Benefit Penggunaan Aplikasi Akuntansi untuk Perusahaan Enterprise

Tanpa aplikasi akuntansi, Anda akan bergantung pada buku keuangan dan kalkulator. Jika begitu, prosesnya akan lebih lama sampai Anda bisa mulai untuk menganalisa data yang sudah Anda kumpulkan. Dengan mengotomasi tugas-tugas ini, Anda dapat menyelesaikan laporan yang lebih mendetail dalam waktu yang lebih cepat juga. Selain itu, berikut adalah keuntungan lainnya dari penggunaan aplikasi akuntansi:

Dengan program akuntansi, Anda bisa bekerja dengan lebih cerdas, bukan lebih keras. Sehinga, Anda dapat mempercepat waktu pemrosesan Anda dengan mengeleminasi penghitungan manual dari to-do-list sehari-hari. Selain itu, Anda dapat mengoptimalkan operasional Anda karena Anda tidak perlu lagi menggunakan banyak aplikasi yang berbeda-beda ― Anda bisa melihat segala sesuatunya pada satu layar saja.

Mempunyai catatan finansial yang akurat merupakan hal yang krusial untuk memonitor progres bisnis Anda. Dengan menggunakan program akuntansi Anda dapat menyederhanakan aspek akuntansi yang mungkin menyebabkan error. Aplikasi akuntansi dapat mengotomasi pengawasan, dan jika Anda ingin mengecek catatan miskalkulasi, Anda dapat dengan mudah menemukan dan memperbaikinya sebelum laporan akhir. Beberapa aplikasi bahkan mempunyai kemampuan untuk menambahkan fitur komen sehingga Anda dapat memberikan catatan untuk referensi di masa mendatang.

Beberapa perusahaan ternyata masih menggunakan jasa outsourcing untuk pembukuan mereka. Artinya, masih banyak bisnis yang mengelola finansial mereka dan semua urusan yang berkaitan dengan menggunakan paperwork. Dengan menginstall software yang cocok dengan bisnis Anda, Anda dapat menghemat budget yang Anda gunakan untuk jasa outsourcing. Aplikasi berbasis cloud atau on-premise dapat membantu Anda menghemat biaya printing sekaligus juga mengurangi jejak karbon atau gas emisi.

Kebanyakan aplikasi akuntansi dilindungi dengan pemasangan password. Dengan begitu, informasi pengguna akan aman dari pengaksesan pihak yang tidak berizin. Selain itu, dengan menyimpan data pada software; Anda dapat melakukan pengaksesan, pencarian berkas, pemulihan data dengan cepat, dan juga aman jika terjadi bencana. Jika data Anda dapat diakses secara digital, maka akan menghindarkan kerusakan dokumen jika terjadi bencana alam seperti gempa bumi, kebakaran, atau banjir.

Seiring dengan berkembangnya perusahaan Anda, kuantitas berkas yang perlu Anda cek dan jumlah penghitungan yang perlu Anda lakukan akan semakin berlipat ganda dan menjadi kompleks. Dengan penggunaan software, Anda dapat mengakses informasi yang Anda butuhkan lintas platform bahkan. Selain itu, migrasi data juga dapat dilakukan dengan mudah karena aplikasi akuntansi mengijinkan Anda untuk mensinkronkan database online dan offline. Beberapa aplikasi juga dapat menyediakan update status real-time sehingga Anda dapat melihat perubahan yang terjadi dengan cepat.

Dengan fitur perencanaan pajak yang ditawarkan oleh banyak aplikasi akuntansi, Anda dapat menyimpan nota, invoice, dan laporan laba rugi di satu portal saja. Beberapa aplikasi bahkan mumpuni untuk integrasi sehingga Anda dapat menyesuaikan penghitungan menurut kebijakan terbaru.

Sebuah aspek penting dari manajemen finansial, pencatatan bisa menjadi pekerjaan intensif yang membingungkan. Untuk mengurangi beban tersebut, beragam solusi aplikasi akuntansi menyediakan fitur yang mengumpulkan data yang Anda input di aplikasi berbeda. Terpisah dari menyatukan data ke satu sistem operasi yang komprehensif, aplikasi akuntansi juga dapat menganalisis praktik bisnis dan mengidentifikasi tren arus dana perusahaan Anda. Aplikasi akuntansi mampu menghitung pendapatan bersih Anda untuk menunjukkan di mana dan kapan Anda menghasilkan lebih banyak revenue.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Aplikasi Akuntansi

Ketika memilih aplikasi akuntansi untuk operasional bisnis Anda, penting untuk memilih aplikasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Penting juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat integrasi dengan sistem lain, kemudahan penggunaan, dukungan teknis, dan tentunya biaya. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, aplikasi yang Anda pilih menjadi tepat guna, efektif, efisien, dan tidak membuang-buang anggaran.

Contoh Aplikasi Akuntansi untuk Perusahaan Enterprise

Memilih aplikasi akuntansi yang tepat sangat penting bagi perusahaan enterprise untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas operasional mereka. Ada beberapa contoh aplikasi akuntansi yang cocok untuk perusahaan enterprise dan mampu memenuhi kebutuhan mereka yang kompleks. Salah satu contohnya adalah Oracle Financials; merupakan aplikasi akuntansi yang sering digunakan oleh perusahaan enterprise. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur penting seperti manajemen keuangan, manajemen aset, manajemen risiko, dan manajemen proyek. Beberapa contoh lainnya yaitu QuickBooks Enterprise, SAP, Odoo, FreshBooks, Xero, BlackLine, Tally Prime, Zoho, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa aplikasi akuntansi adalah komponen penting dari sebuah sistem ERP, sehingga Anda perlu mempunyai solusi ERP yang tepat untuk kebutuhan aplikasi akuntansi bisnis Anda. Yuk, hubungi tim Gamatechno sekarang juga untuk konsultasikan solusi ERP yang Anda butuhkan.

Exit mobile version