Atasi Masalah Finance di Perusahaan Dengan Software Akuntansi

Dengan software finance management system atau juga dikenal dengan software akuntansi, semua masalah yang sering di alami oleh staff keuangan perusahaan bisa minimalisir.

Pemilik bisnis menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan usaha. Mulai dari memastikan strategi pemasaran berjalan tepat, mempekerjakan orang yang sesuai, hingga memelihara hubungan dengan customer.

Tak kalah penting dari itu semua adalah bagaimana mengelola keuangan perusahaan atau manajemen akuntansi. Ini mengacu pada perencanaan strategis, organisasi, arahan, dan pengendalian proses keuangan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Tujuan dari manajemen keuangan itu sendiri adalah untuk mengoptimalkan keuntungan, memastikan umur panjang bisnis, menjaga arus kas yang tepat, meminimalkan pengeluaran modal, dan memaksimalkan pangsa pasar.

Namun ketika masalah finance ini terjadi, pemilik bisnis bisa mendapat masalah besar.
Terlebih jika terus berjalan tanpa usaha perbaikan, akan berdampak jangka panjang pada perusahaan. Seperti perlu menghemat anggaran, mengalami kerugian atau bahkan yang paling parah, yakni bangkrut.

5 Permasalahan Finance yang biasanya dialami sebuah perusahaan?

1. Menunda pencatatan

Ketika Anda menunda pencatatan pendapatan dan pengeluaran bisnis, akan mudah untuk melupakan hingga transaksi-transaksi kecil pun bisa tak tercatat. Tidak peduli berapa pengeluaran atau pendapatan, Anda harus mencatat angka-angka itu sesegera mungkin demi mencegah data keuangan terlewatkan.

Jika tidak, laporan keuangan dapat terganggu dan pada akhirnya, menghambat Anda untuk membuat keputusan berdasarkan data keuangan.

2. Menyimpan catatan keuangan satu tempat

Penting bagi perusahaan untuk memiliki catatan keuangan yang aman. Banyak pemilik bisnis yang melakukan kesalahan dengan menyimpan laporan keuangannya di satu tempat saja, entah itu lemari arsip, komputer lokal, atau hard drive eksternal.

Pemilik bisnis perlu memikirkan adanya kemungkinan laporan tidak sengaja terhapus, kehilangan data, kerusakan dokumen, atau kesalahan perangkat keras yang membuat catatan keuangan mereka tidak mungkin dipulihkan.

Jadi, persiapkan kemungkinan kehilangan data dengan cari tempat penyimpanan cadangan.

3. Tidak membuat laporan keuangan rutin

Penting juga untuk melakukan audit atas pembukuan setiap bulan dan menjalankan laporan rutin. Semakin baik sistem pembukuan dan pengawasan terhadap laporan keuangan, semakin mudah untuk menemukan kesalahan atau area untuk berkembang.

Hanya melalui pembukuan dan pelaporan yang akurat dan terperinci, pemilik bisnis dapat memperoleh gambaran yang jelas dan dapat diandalkan tentang kesehatan bisnis Anda.

4. Tidak memisahkan keuangan bisnis dan personal

Beberapa pemilik perusahaan kecil sering mengabaikan pentingnya memisahkan dana pribadi dan bisnis. Padahal pencampuran keuangan bisnis dan pribadi adalah tantangan yang dihadapi perusahaan mereka. Ini adalah praktik berisiko yang menyulitkan pemantauan arus kas dan pada akhirnya dapat merusak nilai perusahaan.

5. Tidak membuat anggaran

Bagi pemilik bisnis penting untuk mengembangkan dan mempertahankan anggaran. Melakukannya tidak hanya akan membantu merencanakan masa depan, tetapi juga akan memberi pemilik alat untuk menganalisis pengeluaran dan kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat saat diperlukan. Perbarui anggaran secara rutin untuk mencerminkan keadaan saat ini dan gunakan untuk membuat keputusan bisnis yang baik.

Solusi Atasi Masalah Finance Dengan Software Akuntansi

Dengan menyadari masalah finance ini akan memungkinkan pemilik bisnis menghindarinya sebelum menimbulkan masalah lebih panjang. Untuk mengatasi permasalahan keuangan, software akuntansi bisa menjadi solusi. Selain itu, dapat pula menjadi aset berharga perusahaan yang secara signifikan membantu meningkatkan efisiensi departemen keuangan.

Fungsi dan Manfaat Software Akuntansi

1. Multicurrency

Support multicurrency yaitu mampu mencatat transaksi yang dilakukan dalam lebih dari 1 mata uang

2. Report

Transaksi keuangan dan approval tercatat dengan rapi, konsisten, dan terkodifikasi berdasarkan jenis transaksinya

3. Auto-journaling

Mempermudah beban kerja akuntan dan bagian keuangan

4. Klasifikasi Transaksi Keuangan

Pengelolaan transaksi pengeluaran dapat menggunakan BKK, Pembelian (Purchase Order)

Manfaat penting yang diberikan software akuntansi ini, tentu saja memungkinkan pemilik bisnis untuk mengontrol keuangan mereka secara otomatis. Di sisi lain software akuntansi dapat mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan administrasi, karena semua data disimpan secara digital di lokasi yang aman dan dipantau.

Tentunya, software akuntansi ini akan membantu meningkatkan akurasi data karena dapat mengurangi kesalahan manusia yang biasanya terjadi pada saat penghitungan dan pemasukan data secara manual.

Tak terkecuali Finance Management System dari Gamatechno yang dapat membantu usaha Anda menjadi lebih efisien, apapun bentuk proses bisnisnya. Penawaran penjualan, pengiriman pesanan, faktur penjualan, hingga penerimaan pembayaran dapat tercatat dengan mudah dan cepat!

Exit mobile version