Digital Push To Talk untuk Solusi Komunikasi Tim Operasional & Lapangan

Digital Push To Talk untuk Solusi Komunikasi Tim Operasional & Lapangan

Logistic engineer manager man wearing protective mask holding laptop and talking with walkie talkie working at container warehouse construction site.

Sudahkah Anda tahu soal aplikasi handy talkie atau walkie talkie Android? Ya, sekarang Anda bisa mengubah smartphone untuk berfungsi layaknya alat handy talkie konvensional itu. Cara mengoperasikan ht di smartphone ini memanfaatkan fitur digital push to talk, fitur serupa yang juga dimanfaatkan dalam cara menggunakan walkie talkie.

Fitur Digital Push To Talk ini memungkinkan komunikasi yang cepat dan efisien terbatas pada sekelompok orang yang telah ditentukan dalam jarak tertentu.

Apa itu Digital Push To Talk

Untuk lebih mengetahui apa yang dimaksud dengan handy talkie yang kini bisa berupa aplikasi pada smartphone, ada baiknya mengetahui dulu apa itu push to talk. Sebab keduanya adalah hal yang saling terkait.

Mengutip dari Tech Target, push to talk adalah sarana komunikasi instan yang biasa digunakan dalam layanan telepon seluler nirkabel yang menggunakan tombol untuk mengalihkan perangkat dari mode transmisi suara ke mode penerimaan suara.

Fungsionalitas push to talk juga telah ditambahkan ke berbagai perangkat digital termasuk smartphone. Dengan menggunakan jaringan digital, penggunaan tidak hanya terbatas pada suara saja. Mereka juga dapat menggunakan fitur-fitur seperti pelacakan GPS, pesan instan, dan transmisi data, seperti yang mereka lakukan pada smartphone.

Cara Menggunakan Digital Push to Talk atau Walkie Talkie

Pada dasarnya, push to talk pada aplikasi handy talkie android bekerja layaknya walkie talkie, hanya saja pesawat yang digunakan adalah telepon seluler yang mana menggunakan jaringan seluler, sehingga ruang lingkupnya lebih luas.

Komunikasinya sendiri bersifat ”half-duplex”. Artinya, kedua belah pihak tidak dapat berbicara di waktu yang bersamaan.

Cara penggunaan dari fitur ini yaitu user yang berbicara harus menekan tombol saat bicara kepada grup atau individu, lalu melepas tombol itu jika sudah selesai.

Saat tombol tidak ditekan, berarti smartphone atau seluler tersebut berfungsi sebagai pesawat penerima informasi dari grup conference di mana ia tergabung.

Studi Kasus Penggunaan Digital Push To Talk untuk Industri

Secara historis, fitur push-to-talk umum digunakan di bidang-bidang seperti keselamatan publik, keamanan, serta konstruksi. Sebab ini adalah teknologi yang mudah diaktifkan dan memungkinkan pengguna untuk fokus pada pekerjaan yang ada. Selain bidang-bidang yang disebutkan, penggunaan digital push to talk dalam aplikasi handy talkie juga meringankan kerja industri lain, seperti:

Industri perhotelan

Penggunaan ponsel untuk berkomunikasi di antara staf bisa terhambat di area hotel dengan sinyal buruk. Mereka jadi tidak bisa menjawab panggilan atau tidak dapat dihubungi sama sekali. Tak heran, hal ini akan menyebabkan keterlambatan dalam memberikan standar pelayanan yang baik.

Dengan digital push to talk, staf tidak perlu khawatir dengan kondisi sinyal buruk. Meski tetap menggunakan sinyal internet, ia bahkan dapat bekerja pada koneksi 2G lawas. Jadi walaupun kecepatan internet cukup lambat, aplikasi ini akan tetap menjalankan fungsinya.

Industri pendidikan

Pada area perguruan tinggi yang luas, melakukan komunikasi yang selalu lancar tanpa mengalami gangguan bisa menjadi tantangan. Sebab di beberapa titik tempat, staf kampus mungkin kehilangan koneksi karena sinyal tidak cukup kuat untuk mempertahankan transmisi.

Dibanding menggunakan handy talkie konvensional, staf dapat menyelesaikan tugas dengan cara yang lebih efisien dengan aplikasi. Alat konvensional harus menambah repeater untuk komunikasi jarak jauh, sedang aplikasi hanya membutuhkan sinyal internet yang bahkan bisa bekerja meski kecepatannya lambat.

Industri pertambangan

Pekerja pertambangan sering kali harus mengerjakan proyek di lokasi terpencil. Selain komunikasi yang cepat, pekerja akan membutuhkan kemampuan untuk meminta bantuan dalam keadaan darurat.

Menggunakan aplikasi handy talkie seperti Digitalkie, bisa memenuhi kebutuhan itu selama masa konstruksi. Selain berkomunikasi suara secara real-time, Digitalkie dilengkapi tracking berbasis GPS untuk mengetahui posisi tiap tim.

Terdapat pula fitur tombol emergency untuk mengirimkan sinyal darurat ke seluruh anggota tim agar mendapat bantuan segera.

Industri perbelanjaan

Staf di pusat perbelanjaan juga umum menggunakan handy talkie konvensional sebagai alat komunikasi. Seperti yang diketahui, harga HT konvensional relatif mahal. Belum ditambah dengan biaya perizinan frekuensi radio dan maintenance.

Menggunakan aplikasi handy talkie bisa menjadi solusi yang cost-friendly. Sebab cukup instal aplikasi di smartphone dan tidak memerlukan perizinan frekuensi radio.

Beralih ke Digitalkie

Memiliki akses cepat untuk komunikasi dua arah secara real-time, adalah alasan utama mengapa perangkat berkemampuan push to talk menjadi andalan. Tak cuma memperlancar komunikasi, tapi juga membuat kerja lebih efisien.

Digitalkie menjadi solusi digital push-to-talk yang memenuhi kebutuhan itu. Dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, Anda bisa dengan mudah mengkoordinasikan tim lewat smartphone. Yuk beralih ke Digitalkie sekarang!

Exit mobile version