Digital Walkie Talkie Sebagai Solusi Masalah Pengadaan & Maintenance Alat Komunikasi Industri

Digital Walkie Talkie Sebagai Solusi Masalah Pengadaan & Maintenance Alat Komunikasi Industri

Back view of adult man talking with colleagues in the walkie while riding by truck

Seiring maju dan berkembangnya inovasi pada teknologi komunikasi, tahukah Anda kini ada yang namanya digital walkie talkie? Walkie talkie berbentuk aplikasi yang bisa diunduh di smartphone dan tentunya memiliki kemampuan digital push to talk. 

Walkie talkie yang mungkin hanya pernah Anda lihat di film ini masih sangat berguna, terlebih bagi mereka yang bekerja di lokasi konstruksi dan lapangan. Kini, ada banyak aplikasi walkie talkie gratis yang memberi Anda pengalaman ngobrol yang menyenangkan, Digitalkie adalah salah satunya.

Apa Itu Digitalkie?

Sebagai informasi, walkie talkie adalah alat komunikasi dua orang atau lebih yang memanfaatkan gelombang radio. Dengan alat ini, penggunanya dapat berbicara dan mendengar secara bergantian. Banyak orang sering menyebutnya juga dengan handy talkie.

Sebenarnya, walkie talkie dan handy talkie adalah dua hal yang mirip tapi cukup berbeda. Sebab, handy talkie memerlukan izin untuk digunakan serta memiliki range frekuensi yang lebih besar dari walkie talkie. Untuk memilih yang mana, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 

Tapi saat ini walkie talkie pun dapat ditemui dalam bentuk aplikasi. Ya, Anda bisa menginstall aplikasi walkie talkie di smartphone Anda. Tak cuma bertukar informasi via suara, aplikasi walkie talkie menawarkan lebih dari itu, contohnya ada pada Digitalkie.

Sebagai digital walkie talkie, aplikasi ini fokus membantu mengelola manajemen komunikasi lapangan untuk tim operasional perusahaan yang lebih efektif dan efisien.  

Fitur Digitalkie

Realtime Push to Talk Communication

Digitalkie memiliki fungsi utama untuk komunikasi suara secara real time melalui jaringan internet yang cepat serta pengoperasian alat yang mudah dan sederhana.

Channel Selection

Fitur di mana  operator perusahaan dapat membuat saluran (channel) percakapan sesuai dengan kategori, departemen maupun tim melalui aplikasi mobile.

Pesan Teks & Multimedia

Tak cuma komunikasi suara, Digitalkie dibekali fitur teks chat dan multimedia seperti foto dan dokumen lainnya untuk memudahkan koordinasi tim.

SoS Emergency Button

Fitur penting yang berguna untuk mengirimkan sinyal darurat ke seluruh anggota tim dan operator, agar mendapatkan respons dan tindakan sesegera mungkin saat keadaan tertentu.

Running in Background

Fitur di mana aplikasi dapat berjalan meski tidak sedang dibuka, sehingga pesan suara maupun chat secara realtime bisa bekerja dengan instant.

Selain itu, Digitalkie memiliki fitur berguna lainnya seperti tracking koordinat anggota tim, merekam dan menyimpan percakapan, hingga memonitor statistik aktivitas percakapan tim lapangan.

Skema Pembiayaan  

Anda mungkin masih bertanya, kenapa harus menggunakan digital walkie talkie seperti Digitalkie jika bisa membeli alat genggam konvensionalnya. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan.

Beli atau Pengadaan Device

Pertama, beli atau pengadaan device tidak murah. Harga walkie talkie di pasaran sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga juta. Itu belum ditambah biaya maintenance device. Apabila Anda memiliki banyak pegawai lapangan, tentu biaya pengadaan device bisa membengkak.

Sewa atau Rental

Kedua, opsi sewa walkie talkie justru akan lebih mahal. Sebab rental walkie talkie biasanya mematok satu unitnya mulai harga 20 ribuan dengan durasi sewa harian hingga bulanan. 

Langganan

Dibanding membeli atau menyewa device, berlangganan aplikasi walkie talkie menjadi pilihan yang lebih ekonomis. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak investasi pada device radio walkie talkie, cukup instal aplikasi walkie talkie di smartphone dan tentunya maintenance free. 

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Digitalkie?

Kebutuhan komunikasi menggunakan Digitalkie tak hanya terbatas pada profesi yang dituntut untuk selalu siap siaga seperti penjaga keamanan dan pegawai konstruksi. Sebab apapun profesi yang berada di lapangan dan memerlukan koordinasi tim jarak menengah bisa memanfaatkannya.

Jadi mulai dari pekerja tambang, transportasi, panitia event, para pegawai di industri perhotelan, staf di pusat perbelanjaan hingga jajaran staf di sebuah sekolah atau universitas pun bisa memanfaatkan Digitalkie.

Jadi yuk ubah ponsel atau tablet anda menjadi aplikasi digital Push To Talk dengan Digitalkie, yang  membantu mengelola manajemen komunikasi lapangan lebih efektif!

Exit mobile version