Efisiensi Alat Komunikasi di Kawasan Industri dengan Aplikasi HT PTT Digitalkie

Efisiensi Alat Komunikasi di Kawasan Industri dengan Digitalkie

Efisiensi Alat Komunikasi di Kawasan Industri dengan Digitalkie

Walkie talkie masih menjadi alat komunikasi utama bagi beberapa profesi, tak terkecuali untuk mereka yang bekerja di kawasan industri. Terus berprogres, kini muncul digital walkie talkie berbentuk aplikasi. Tentunya aplikasi walkie talkie menawarkan lebih banyak fitur.

Didukung oleh teknologi digital push to talk, memungkinkan pekerja industri berkomunikasi yang cepat dan efisien tanpa harus membawa alat genggam konvensional lagi.

Permasalahan Klasik Walkie Talkie HT Konvensional: Besarnya Biaya Pengadaan Alat

Lokasi kawasan industri yang luas serta penempatan yang kerap berubah, membuat tim pekerja harus siaga mengikuti perubahan.

Walkie-talkie merupakan pilihan terbaik untuk memastikan bahwa di seluruh lokasi industri, semua pekerja terus-menerus mengetahui status tugas dan informasi secara real-time.

Namun demikian, pengadaan alat walkie talkie bukanlah hal yang murah, terlebih di mana setiap karyawan harus bekerja dilengkapi dengan alat tersebut. Satu alat walkie talkie atau handy talky (HT) yang berkualitas, dibanderol mulai harga ratusan ribu. Jika ada penambahan personil atau tim di perusahaan tentu akan membuat biaya pengadaan melambung. Belum lagi dengan biaya maintenance ataupun izin penggunaannya.

Menggunakan aplikasi walkie talkie berarti Anda tidak perlu khawatir tentang biaya pembelian yang tinggi. Sebab, karyawan bisa mengunduh aplikasi walkie talkie dalam ponsel mereka, yang dapat bekerja di manapun dengan akses WiFi atau koneksi internet.

Efisiensi Pekerjaan dengan Aplikasi HT Digital

Selain bisa menekan biaya pengadaan alat, aplikasi walkie talkie atau HT digital juga menawarkan efisiensi dalam bekerja. Digital walkie talkie memberi koneksi instan untuk meningkatkan efisiensi kerja karena membuat kita langsung terhubung dengan orang yang tepat.

Tinggal membuka aplikasi walkie talkie dalam ponsel dan mengetuk tombol push to talk, seorang pengguna dapat langsung terhubung ke pengguna lain atau grup tertentu yang sudah ditentukan.

Sebab biasanya jika menggunakan walkie talkie konvensional, semua komunikasi terjadi pada satu saluran, obrolan berlangsung tidak henti-hentinya sehingga pekerja cenderung mengabaikan.

Di sisi lain, salah satu fitur terbaik dari digital walkie-talkie adalah sering kali menyertakan teknologi peringatan darurat, jadi bisa melihat lokasi di mana pekerja yang sedang kesulitan untuk segera dikirimkan bantuan.

Pentingnya Aplikasi Digital Push-To-Talk pada Studi Kasus LafargeHolcim

Aplikasi walkie talkie dengan digital push-to-talk terbukti membantu pekerja menjaga fokus pada tempatnya dan memberikan kualitas kerja terbaik mereka. Contohnya bagaimana cara LafargeHolcim mengefisienkan penggunaan alat komunikasi.

Dengan 1.440 pabrik siap pakai di seluruh dunia, LafargeHolcim adalah pemimpin global dalam solusi bangunan yang inovatif dan berkelanjutan.

Dalam upaya untuk merampingkan komunikasi dan mengurangi biaya serta bahaya keamanan, cabang LafargeHolcim Dallas-Fort Worth (DFW) beralih ke aplikasi walkie talkie digital untuk komunikasi pekerja.

Sebelumnya, walkie talkie konvensional telah menjadi alat utama untuk pengiriman dan komunikasi pengemudi selama bertahun-tahun. Tapi saluran terbuka walkie talkie cukup mengganggu saat mengemudi, ditambah lagi biaya maintenance yang lumayan tinggi.

Dari problem itu, cabang DFW mencoba menggunakan aplikasi walkie talkie yang bisa terintegrasi dengan aplikasi terpusat LafargeHolcim yang baru dibuat, ConcreteDirect.

Kualitas suara aplikasi yang jernih dengan kemampuan menggunakan jaringan seluler dan WiFi menarik perhatian tim.

Di sini pengemudi cukup menekan satu tombol dalam menjawab atau melakukan panggilan lewat ponselnya. Mereka jadi bisa memilih apa yang ingin didengar, daripada terus-menerus mendengar obrolan yang mengganggu.

Hal ini pun memungkinkan petugas operator untuk berkomunikasi lebih efisien dan jelas dengan pengemudi.

Hasilnya, terjadi penghematan waktu tunggu respons dari operator serta penghematan uang dalam pengadaan alat komunikasi LafargeHolcim. Penggunaan aplikasi walkie talkie tersebut juga meminimalkan gangguan di jalan dan di lokasi konstruksi sehingga lebih banyak mobilitas dan keamanan bagi pekerja saat mengemudikan truk.

Digitalkie untuk Solusi Komunikasi Industri di Indonesia

Dari studi kasus di atas, terlihat bahwa penggunaan aplikasi walkie talkie akan membawa banyak manfaat ke tempat kerja, termasuk peningkatan produktivitas, pengurangan biaya, dan tentu saja, peningkatan keselamatan pekerja.

Tertarik beralih dari walkie talkie konvensional ke digital? Digitalkie bisa menjadi solusi tepat untuk kebutuhan komunikasi pekerja di kawasan industri.

Berfungsi sebagai aplikasi HT android maupun digital walkie talkie, Digitalkie tentunya menjadikan bisnis Anda bebas biaya pengadaan dan maintenance device karena cukup install aplikasinya ke ponsel pintar.

Ditambah lagi, fitur lengkap yang tersemat pada Digitalkie dapat membantu mengelola manajemen komunikasi lapangan untuk kerja tim yang lebih efektif dan efisien.

Exit mobile version