ERP untuk Small Medium Enterprise E-commerce

erp untuk small medium enterprise

Beberapa masalah dan tuntutan kebutuhan perusahaan, menantang untuk terjadinya inovasi pada bidang teknologi. Seperti halnya tuntutan dari perusahaan atau bisnis berbasis online. Beberapa inovasi teknologi dibuat karena beberapa orang merasa kesulitan untuk menjalankan toko online kecil tanpa kemudahan untuk sistem backend-nya. Banyak waktu terbuang pada pekerjaan yang membosankan dan repetitif, tetapi ketika mereka mencari solusi software untuk mengautomasi permasalahan ini, tidak ada satupun di pasar yang cocok dan tepat untuk ukuran budget yang tidak terlalu besar.

Jadi perusahaan teknologi berusaha memenuhi kebutuhan konsumen tersebut dan membangun solusi untuk mereka ― mengembangkan produk, dengan coding dan segala hal yang perlu dikerjakan. Ternyata persoalan ini tidak hanya dimiliki oleh sebagian kecil pihak, namun juga oleh jutaan perusahaan yang berukuran kecil hingga medium. Dengan adanya inovasi teknologi, ini menjadi solusi bagi mereka dan sekarang mereka bisa menjual secara online dengan mudah (terbantu juga oleh portal seperti Shopify dan juga Amazon) namun pada beberapa kasus, masih juga diperlukan penggunaan Excel atau sistem ERP yang kuno dan masih kaku untuk segala sesuatu di bagian backend.

Ada sebuah produk, Xentral, yang mudah untuk digunakan, API-driven dan ERP bermodul yang cocok untuk perusahaan berskala kecil sampai medium yang berjualan secara online. Produk ini bisa memecahkan masalah manajemen order lintas channel, pemenuhan orderan, dan lain sebagainya. Selain itu juga produk ini bisa menangani masalah manajemen pergudangan, integrasi akuntansi, pengemasan, dan sourcing. Secara krusial, Xentral juga menghubungkan berbagai macam tool frontend dan channel dengan sistem mereka sendiri, dengan kata lain, Xentral menjadi sumber tunggal dari data yang dimiliki dan dibutuhkan konsumen.

Xentral bermitra dengan beberapa perusahaan dan sangat peka terhadap setiap tim yang merupakan mitra mereka. Para founder terobsesi dengan produk mereka dan konsumen juga senang dengan produk serta layanan mereka. Produk sederhana dengan sesuatu yang besar – ternyata bisa menjadi sesuatu yang canggih dan dapat diskalakan, mudah untuk digunakan dan terstandarisasi yang dapat membantu usaha e-commerce UMKM untuk menjalankan bisnisnya. Konsumen bisa bangun dan berlari dengan cepat hanya dengan satu modul saja (seperti manajemen pesanan) dan melanjutkan menambahkan modul hingga mereka menjalankan bisnis mereka secara keseluruhan.

Saat ini, kita berada di awal permulaan kategori baru didukung oleh tren yang sedang berlangsung yaitu adopsi e-commerce yang benar-benar kuat dan bisnis UMKM yang canggih. Kedua tren tersebut menuntut keberadaan portal dan inovasi teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan para konsumen. ERP tidak hanya mendukung sebagai backend atau frontend saja untuk gelombang baru dari era perusahaan modern yang berjualan online, khususnya bisnis skala UMKM, tetapi juga untuk menciptakan kategori baru secara keseluruhan yaitu ERP untuk e-commerce UMKM.

Untuk UMKM yang menjalankan bisnis dengan menggunakan portal-portal e-commerce, tepat untuk mereka mulai mengimplementasikan ERP untuk bisnis mereka. Untuk bisnis UMKM, tipe ERP yang paling direkomendasikan yaitu ERP berbasis cloud. Berikut adalah beberapa dampak signifikan yang dirasakan oleh perusahaan UMKM dengan integrasi software ERP berbasis cloud untuk sistem e-commerce:

ERP ternyata memang tidak hanya cocok untuk bisnis atau perusahaan berskala besar saja namun bisnis sekelas UMKM pun juga perlu mengimplementasikan teknologi sistem ERP ini. Dengan penggunaan ERP pada UMKM yang khususnya menjalankan bisnisnya secara online melalui portal-portal e-commerce, ERP akan sangat membantu kelancaran bisnis dan memudahkan pekerjaan tentunya, sehingga secara keseluruhan profit pun bisa jadi lebih optimal juga.

Jika saat ini Anda masih bingung atau ragu tentang pengimplementasian sistem ERP e-commerce untuk bisnis UMKM yang sedang Anda jalankan, yuk, klik di sini dan tim Gamatechno siap memberikan solusinya.

Exit mobile version