6 Manfaat Garansi Digital bagi Pelaku Usaha di Era Digital

6 Manfaat Garansi Digital bagi Pelaku Usaha di Era Digital

Memanfaatkan garansi digital saat ini penting dilakukan oleh para pelaku usaha utamanya di era digital yang menuntut pelayanan service konsumen yang serba cepat dan mudah.

Era digital memang syarat akan kemajuan teknologi. Dapat dikatakan bahwa diera inilah banyak pelaku usaha yang mampu mengembangkan bisnisnya dengan pesat. Tidak hanya para pemain lama, beberapa pelaku usaha baru pun mulai bergeliat tumbuh. Hal tersebut karena era digital seperti saat ini telah menawarkan banyak sekali kemudahan bagi para pelaku usaha sehingga mereka dapat mengeksplor untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Nah bagi Anda para pelaku usaha apakah pernah terbayang untuk meningkatkan layanan konsumen dengan memanfaatkan kemajuan teknologi? Terutama dalam memberikan layanan garansi penjualan?

Salah satu teknologi yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan layanan purna jual produk adalah garansi digital. Belum banyak pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi ini, padahal jika dilihat banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dari sistem garansi digital ini.

Apa itu garansi digital?  Secara mudahnya begini, garansi digital merupakan versi digitalnya kartu garansi fisik dari pembelian sebuah produk. Jadi dengan adanya kartu garansi digital pelaku usaha tidak perlu lagi memberikan dokumen cetak sebagai kepemilikan garansi atas barang yang telah mereka beli. Lalu apa manfaatnya bagi pelaku usaha di era digital ini?

 

Beberapa Manfaat yang akan diperoleh Pelaku Usaha Saat Menggunakan Garansi Digital

 

1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Diera digital seperti saat ini, konsumen selalu mencari sesuatu yang serba praktis dan cepat, tidak terkecuali dalam layanan pembelian produk. Dengan kartu garansi digital ini Anda sebagai pelaku usaha dapat memberikan layanan garansi secara praktis kepada konsumen baik dari pendaftaran garansi, klaim garansi hingga pada mendapatkan service.

Kemudahan yang didapatkan oleh konsumen tersebut tentunya akan menjadi nilai tambah bagi produk Anda dan pastinya akan meningkatkan loyalitas konsumen tersebut.

2. Memangkas Alur Konvensional pada Manajemen Garansi

Salah satu kelebihan dari kartu garansi digital jika disandingkan dengan kartu garansi fisik terletak pada alur manajemen garansi.

Ya, garansi digital telah menyederhanakan beberapa alur pada kartu garansi konvensional sehingga pelaku usaha dapat mengelola layanan purna jual dengan lebih efisien dan cepat. Tidak ada lagi proses yang panjang, baik bagi pelaku usaha maupun konsumen sebagai penerima layanan.

3. Memudahkan Proses Produksi Kartu Garansi

Seperti yang disinggung sebelumnya, garansi digital tidak lagi menggunakan dokumen garansi fisik sehingga proses produksi lebih cepat karena kartu garansi dapat dibuat secara langsung melalui sistem secara digital.

Dengan kemudahan tersebut memungkinkan pelaku usaha memproduksi kartu garansi dengan lebih cepat sehingga distribusi barang pun juga akan dapat dilakukan dengan segera.

 4. Ramah Biaya Produksi Kartu Garansi

Tidak adanya proses pencetakan dokumen garansi tentu saja akan berdampak pada cost produksi kartu garansi. Biaya produksi yang sedianya untuk pembuatan kartu garansi pun dapat dialihkan untuk lini produksi lainnya. Berbeda ceritanya jika masih menggunakan kartu garansi fisik, selain membutuhkan waktu untuk produksi, tentunya biaya juga tidak bisa ditekan.

Sehingga secara jelas penggunaan kartu garansi digital ini akan menjadi penghematan bagi para pelaku usaha.

 5. Mempermudah Pengelolaan Data Konsumen dan produk

Data konsumen merupakan salah satu hal yang harus dikelola oleh pelaku usaha. Dengan masih menggunakan kartu garansi fisik tentu pelaku usaha akan kesulitan dalam mengelolanya, alih-alin mendapatkan data pun akan sulit.

Namun berbeda cerita jika menggunakan garansi digital karena setiap konsumen yang melakukan aktivasi garansi secara otomatis data yang diinput akan tersimpan secara rapi pada database sehingga pelaku usaha dapat langsung mengelolanya untuk kepentingan lain seperti pemasaran.

Disamping itu pelaku usaha juga dapat memonitoring data penjualan produknya.

6. Terhindar dari Pemalsuan Garansi

Siapa sangka saat ini masih banyak sekali beredar kartu garansi palsu yang menyasar pada produk-produk dipasaran. Tentunya pelaku usaha sebagai pihak produsen harus mampu melindungi produk nya dari tindak pemalsuan tersebut, selain untuk menjaga kualitas layanan konsumen hal tersebut juga untuk menjaga brand image dari produk.

Kartu garansi digital merupakan solusi yang paling tepat untuk permasalahan tersebut. Kenapa? Karena kartu garansi hanya dapat dikeluarkan oleh perusahaan melalui sistem dan untuk mengaksesnya pun konsumen harus menggunakan aplikasi sehingga keamanannya pun pasti terjamin.

Baca juga : Platform Garansi Digital Sidig Ajak Produsen Digitalkan Layanan Garansi Produk Mereka

Itulah beberapa manfaat yang akan diperoleh pelaku usaha ketika beralih menggunakan garansi digital sebagai bagian dari layanan purna jualnya. Salah satu garansi digital yang bisa dimanfaatkan adalah Sidig yang dikembangkan oleh Gamatechno Indonesia. Untuk menggunakannya pun tidak membutuhkan proses yang panjang karena pelaku usaha hanya perlu mendaftarkan usaha dan produknya saja.

 

Exit mobile version