Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Online Berbasis Web

Yuk gunakan software akuntansi online berbasis website sebagai sistem informasi akuntansi untuk pencatatan sekaligus memproses transaksi akuntansi di perusahaan Anda

Bisnis yang berkembang dengan keuntungan berlipat tentu menjadi harapan setiap pemilik bisnis. Namun dengan berkembangnya perusahaan, maka data keuangan akan tumbuh menjadi lebih kompleks. Tentunya, data keuangan ini perlu dikelola dengan baik untuk mengetahui bisnis bisa bertahan atau tidak.

Tak dipungkiri, mengelola data keuangan bisa menjadi pekerjaan yang membingungkan, memakan waktu, dan rawan kesalahan apabila dikerjakan secara manual. Tapi untungnya, software akuntansi online berbasis web dapat menawarkan efisiensi untuk menyelesaikan kerja tersebut. Perangkat lunak ini bersifat  ringan serta dapat diakses dengan cepat melalui browser selama memiliki koneksi internet atau intranet ke server.

Sebelum adanya software akuntansi, tugas keuangan harus dilakukan secara manual, menggunakan jurnal transaksi besar. Software akuntansi lah yang akan mengotomatiskan tugas-tugas ini.

Software akuntansi online dapat berkisar dari program entri tunggal yang sederhana yang digunakan untuk menyimpan pencatatan individu, hingga sistem akuntansi yang lebih canggih yang dapat digunakan untuk mengelola hutang, piutang, buku besar, faktur, gaji, dan bahkan aset perusahaan. 

5 Keuntungan Penggunaan Software Akuntansi Online

Saat ini, banyak bisnis sudah mulai beralih ke dari pencatatan manual ke software akuntansi. Lantas, apa saja sih keuntungan menggunakan teknologi ini? 

1. Memastikan Pengendalian Keuangan Berjalan Baik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, software akuntansi online memungkinkan pemilik bisnis untuk mengontrol keuangan mereka secara otomatis, meskipun mereka mungkin bukan ahli dalam akuntansi. 

Tapi dengan sedikit pelatihan, pemilik atau karyawan yang bertugas dapat mengelola semua operasi akuntansi menggunakan komputer atau perangkat seluler mereka tanpa harus membayar pihak eksternal untuk mengontrol anggaran mereka.

2. Menghemat Biaya

Software akuntansi mengotomatiskan penghitungan inti dan prosedur administratif serta mengontrol kerangka pendapatan perusahaan sehingga Anda tidak perlu mengalihkan pengelolaan keuangan Anda ke pihak eksternal. 

Jadi perangkat lunak ini juga dapat mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan pendistribusian dokumen, karena semua data disimpan secara digital di lokasi yang aman dan dipantau. 

3. Meningkatkan Akurasi Data

Salah satu manfaat penting dari software akuntansi online yang baik adalah mengurangi kesalahan manusia yang biasanya terjadi pada saat penghitungan dan pemasukan data. Ketidakakuratan dalam laporan keuangan dapat menyebabkan krisis yang berdampak pada masa hidup bisnis Anda, dan perangkat lunak akuntansi dapat mencegah masalah ini terjadi. 

4. Meningkatkan Pengambilan Keputusan

Tanpa solusi akuntansi otomatis, akan ada kesulitan memahami kondisi keuangan bisnis. Software ini memberi pemilik angka-angka yang dapat membantu untuk mencari tahu di mana harus memotong pengeluaran atau di mana harus berinvestasi lebih banyak.

Dengan gambaran yang jelas tentang keadaan keuangan saat ini, pemilik akan dapat mengembangkan strategi yang lebih cerdas dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih mudah.

5. Meningkatkan Keamanan Data Keuangan

Data keuangan merupakan informasi perusahaan yang paling rahasia dan harus dijaga dengan baik agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Software akuntansi online memastikan data keuangan perusahaan tetap aman.

Dengan demikian, hanya mereka yang diberi hak akses yang dapat melihat data tersebut. Pemilik pun dapat segera membantu bisnis Anda menghindari catatan keuangan yang salah tempat, hilang, dan terhapus dengan mencadangkan data Anda

Dapat disimpulkan bahwa software akuntansi memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola prosedur keuangan, melakukan tugas keuangan dengan benar dan cepat.

Tanpa bantuan software akuntansi online berbasis web, pemilik bisnis atau manajer akuntansi harus menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat laporan keuangan dan dokumen lain atau merekonsiliasi rekening dan laporan bank. 

Perangkat lunak ini sangat membantu mereka mendapatkan gambaran lengkap tentang kesehatan keuangan perusahaan mereka, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih bijak ke depannya.

Mari pindah ke solusi cerdas ini. Gamatechno memiliki software akuntansi yang berfungsi sebagai finance management system untuk memudahkan pengelolaan anggaran, pencatatan keuangan perusahaan. 

Fitur Utama Software Akuntansi Online Gamatechno

Dengan beberapa fitur utamanya software akuntansi online dari Gamatechno ini terdiri dari beberapa fitur utama antara lain: 

Software Akuntansi Online Terbaik dari Gamatechno

1. Purchasing

Purchasing merupakan salah satu fitur di dalam software akuntansi yang dikembangkan untuk memudahkan bagian keuangan dalam pencatatan Purchase Request, Purchase Order, Purchase invoice, Purchase Payment, dan Purchase Return.

2. Sales

Fitur software akuntansi selanjutnya yaitu Sales dikembangkan untuk memudahkan bagian keuangan dalam pencatatan Sales Request, Sales Order Delivery, Sales invoice, Payment Receipt, dan Sales Return

3. Cash Bank

Membantu pencatatan pemasukan maupun pengeluaran perusahaan. Selain itu perusahaan dapat melacak transaksi yang sudah terjadi dengan menggunakan fitur bank reconcile dan bank book

4. Asset List

Mempermudah pengelolaan daftar dan nilai serta depresiasi asset yang dimiliki oleh perusahaan seperti tanah, bangunan ataupun kendaraan.

5. Posting (End Period: Monthly & Yearly)

Fitur End Period Monthly digunakan untuk menghitung selisih laba rugi kurs dan perhitungan depresiasi aset.
Fitur End Period Yearly digunakan untuk melakukan tutup buku tahunan. Dalam fitur ini akan mengakumulasikan laba rugi tahun berjalan kepada laba rugi ditahan.

6. Report

Dengan software akuntansi atau finance management system pantau untung/rugi bisnis secara langsung melalui dashboard bisnis kapanpun, dimanapun. Jumlah piutang (A/R) terupdate secara real-time

Setelah mengetahui keuntungan dari penggunaan software akuntansi online dan mengenal beberapa fitur utama dari Software Finance Management System dari Gamatechno, apakah Anda ingin mencoba menerapkannya untuk perusahaan Anda saat ini?

Exit mobile version