Manajemen Komunikasi Tim Keamanan dengan Digitalkie

Komunikasi Tim Keamanan

Komunikasi merupakan aspek yang sangat penting dalam setiap hubungan anggota tim di semua divisi. Pengelolaan komunikasi yang baik menjadi salah satu aspek utama untuk menunjang kelancaran proses kerja. Sama halnya untuk tim keamanan, komunikasi merupakan hal yang esensial dan krusial demi kelancaran proses kerja mereka. Biasanya, tim keamanan menggunakan satu alat sebagai media untuk komunikasi seperti HT.

Namun, sekarang sudah banyak dikembangkan teknologi yang bisa menggeser fungsi dari HT ini dengan sebuah software push-to-talk yang terintegrasi dan mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan HT atau walkie-talkie.

Sebuah perusahaan pasti mempunyai tim keamanan yang membutuhkan jaringan komunikasi yang aman, privat, pengelolaannya tersentralisasi, dapat dipercaya, dan cepat guna mendukung anggota tim yang pasti tidak hanya 1 atau 2 orang saja. Terlebih untuk sebuah perusahaan besar, pasti anggota tim keamanan bisa mencapai lebih dari 100 anggota tim keamanan.

Tantangan Komunikasi Tim Keamanan

Ketika masih menggunakan HT atau walkie-talkie berarti tim harus menambah device atau perangkat HT itu sendiri. Setiap orang pasti membawa alat komunikasi seperti smartphone dekat dengan mereka. Dan ketika harus mobilitas kita biasanya membawa smartphone kita di saku baju atau celana. Jika tim keamanan masih menggunakan HT berarti mereka harus menambah satu perangkat lagi, artinya mereka membawa dua perangkat kemana-mana yaitu HT dan smartphone.

Hal tersebut menjadi tidak praktis dan bisa jadi merepotkan. Dengan adanya aplikasi push-to-talk (PTT) pada smartphone, mereka menemukan bahwa menggunakan PTT yang di-install pada smartphone mereka sendiri akan mengeliminasi kebutuhan tim keamanan untuk membawa dua perangkat dan juga dapat menghemat biaya karena tidak perlu membeli perangkat tambahan.

Solusi Komunikasi Tim Keamanan

Untuk meningkatkan produktivitas kerja tim keamanan, tentu manajemen komunikasi menjadi hal yang sangat krusial. Jika menggunakan unit radio HT atau walkie-talkie menjadi tidak praktis, keberadaan aplikasi PTT menjadi sebuah solusi cerdas yang menjadikan komunikasi lebih lancar sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja juga. Dengan satu perangkat yaitu smartphone, komunikasi antar anggota tim keamanan menjadi lebih praktis karena tidak perlu membawa dua perangkat.

Aplikasi PTT dapat di-install pada smartphone dan mempunyai banyak keunggulan karena sistem yang terintegrasi. Cara kerja aplikasi PTT tidak jauh berbeda dengan radio HT atau walkie-talkie yaitu dengan menekan tombol PTT untuk bicara atau menyampaikan pesan ke anggota tim keamanan lainnya.

Salah satu keunggulan dari aplikasi PTT yaitu suara lebih jernih dibandingkan dengan penggunaan HT. Selain untuk berkomunikasi dengan sesama anggota tim, aplikasi PTT juga mempunyai banyak fitur yang sangat bermanfaat seperti perekam percakapan, penyediaan channel komunikasi, pesan teks, tombol darurat, back office & dashboard, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Digitalkie dan Keunggulannya

Digitalkie merupakan solusi aplikasi push-to-talk untuk membantu proses komunikasi lapangan seperti tim keamanan supaya proses komunikasi tersebut dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Digitalkie dapat membantu mengelola manajemen komunikasi tim keamanan perusahaan Anda dengan berbagai macam keunggulannya.

Aplikasi PTT ini memfasilitasi percakapan PTT multichannel selama 24 jam, rekaman percakapan, hingga tata kelola manajemen pengguna dalam jumlah besar. Selain komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien, penggunaan Digitalkie juga dapat mendukung penghematan biaya. Bisa dibilang aplikasi ini merupakan HT digital yang dapat dijalankan fungsinya dengan meng-install aplikasi pada smartphone Anda.

Digitalkie mempunyai banyak fitur yang dapat membantu dalam manajemen komunikasi tim keamanan perusahaan Anda, seperti: komunikasi PTT secara real-time, channel selection, rekaman percakapan, tracking koornidat, pesan teks & multimedia, SOS emergency button, dan running in backgorund.

Kemudian keunggulan aplikasi PTT Digitalkie dibandingkan dengan HT konvensional yaitu:

  1. Privasi terjaga karena hanya anggota yang memiliki akses yang dapat terhubung
  2. Tidak membutuhkan perizinan seperti izin postel frekuensi radio dan pendaftaran perangkat
  3. Dapat memonitor anggota secara real-time dengan GPS
  4. Jangkauannya luas selama ada sinyal internet
  5. Posisi detail pengirim SOS bisa diketahui
  6. Bisa mengirim pesan multimedia berupa teks, gambar, maupun dokumen
  7. Terdapat dashboard untuk mengontrol, memonitor, dan menyimpan sumber data seluruh aktivitas anggota tim

Untuk urusan manajemen komunikasi tim keamanan, serahkan saja ke Digitalkie. Hadir dengan berbagai fitur yang dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja tim keamanan dan membuat komunikasi antar anggota tim menjadi lancar.

Exit mobile version