5 Alasan Mengapa Layanan Garansi Harus Dikelola Oleh Pelaku Usaha

Alasan Mengapa Layanan Garansi Harus Dikelola Oleh Pelaku Usaha

Apakah Anda pernah berpikir mengapa beberapa produk di pasaran diberikan layanan garansi oleh produsennya? Apa sih alasan sebenarnya para produsen memberikan layanan purna jual tersebut?

Pasti Anda selalu berpikir bahwa layanan garansi hanya sebagai jaminan yang diberikan produsen kepada konsumennya atau hak yang harus diterima pelanggan atas pembelian suatu barang. Namun jawabannya tentu jauh lebih dari itu.

Banyak hal yang didapat oleh para produsen ketika mereka memberikan ataupun mengelola layanan garansi mereka. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa banyak produsen yang saling berlomba dalam melakukan pengelolaan terhadap layanan purna jualnya.

 

Berikut ini Alasan Mengapa Pelaku Usaha Harus Mengelola Layanan Garansi

 

1. Meningkatkan kualitas produk

Tentu saja, dengan adanya layanan purna jual yang baik akan semakin meningkatkan kualitas dari produk yang Anda pasarkan. Hal itu karena konsumen akan menganggap bahwa adanya layanan garansi menjadi jaminan atas kualitas dari produk yang dijual. Konsumen juga akan semakin mantap memilih produk bergaransi dibanding dengan produk yang tidak memiliki garansi.

2. Meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Dengan semakin baik layanan garansi yang Anda berikan maka akan tercipta kepuasan konsumen terhadap layanan produk Anda. Jangan salah, kepuasan konsumen ini jika terus dikelola pastinya akan meningkatkan loyalitas.

Oleh karena itu, pengelolaan garansi tidak dapat Anda lakukan secara sembarang, bukan sekedar formalitas namun harus benar-benar memberikan kemudahan bagi konsumen sehingga mampu menciptakan pengalaman yang baik.

3. Data pelanggan lebih mudah dikelola

Selain membawa manfaat bagi konsumen, pengelolaan garansi yang baik juga akan memberikan keuntungan bagi Anda sebagai pelaku usaha. Adanya sistem pengelolaan garansi yang terstruktur, Anda akan semakin dimudahkan untuk mengelola data pelanggan.

Lantas apa pentingnya data pelanggan?  Tentu saja sangat penting, data pelanggan dapat anda kelola lagi untuk keperluan lain seperti riset pasar, pemetaan distribusi produk serta keperluan perusahaan lainnya.

4. Meningkatkan penjualan produk

Siapa yang tidak mau jika penjualan produk meningkat? Tentu Anda ataupun produsen lain akan berharap selalu mengalami hal tersebut. Namun untuk menuju kesitu pastinya tidaklah mudah. Lalu apa hubungannya pengelolaan garansi dengan peningkatan penjualan? Banyak sekali hubungannya jika Anda mau merunutnya. Seperti yang telah dijelaskan tadi, dengan mengelola layanan garansi yang baik Anda akan mampu meningkatkan kualitas produk yang selanjutnya akan memberikan kemantapan bagi konsumen untuk memilih produk Anda. Selain itu layanan garansi terbaik Anda juga akan meningkatkan loyalitas dari pelanggan.

Lantas bagaimana jika kemantapan terhadap produk dan loyalitas telah terbangun? Tentu saja konsumen akan semakin banyak yang akan membeli produk Anda. Dari sini pun sudah jelas bahwa pada ujungnya pengelolaan layanan garansi yang baik akan mampu memberikan kontribusi dalam mendorong peningkatan penjualan atas produk Anda.

5. Sebagai bahan evaluasi terhadap kualitas produk

Siapa sih yang tidak mau memiliki produk dengan kualitas yang baik? Untuk menciptakan produk dengan kualitas terbaik tentunya tidak dapat dilakukan dengan sekejap, perlu adanya evaluasi sebagai bahan perbaikan.

Yang menjadi pertanyaan di benak Anda pasti bagaimana cara melakukan evaluasi terhadap kualitas produk? Ya salah satu caranya memberikan layanan garansi kepada konsumen Anda. Dengan adanya layanan garansi Anda akan tahu seberapa banyak konsumen yang melakukan klaim garansi atas produk Anda, kasus kerusakan apa saja yang seringkali dilakukan klaim oleh konsumen Anda.

Tentu saja tanpa adanya pengelolaan garansi yang tersistem, data-data tersebut akan sulit Anda dapatkan sehingga untuk melakukan evaluasi pun akan terasa sangat jauh untuk dapat dilakukan. Beda cerita jika Anda melakukan pengelolaan pada layanan purna jual tersebut.

 

Dari kelima alasan tersebut tentunya akan semakin membuka wawasan Anda mengapa saat ini sangat perlu melakukan pengelolaan terhadap layanan garansi produk. Hal tersebut bukan tanpa alasan tapi memang akan membawa banyak manfaat bagi perkembangan produk Anda.

Baca juga : Garansi Digital vs Garansi Fisik, Mana yang Lebih Efektif?

Untuk dapat mengelola layanan garansi dengan mudah, kini Anda dapat memanfaatkan Sidig sebagai platform pengelolaan garansi secara digital. Melalui platform tersebut Anda akan diberikan kemudahan dalam pengelolaan garansi dari proses hulu hingga hilir. Platform tersebut juga sangat ramah terhadap konsumen sehingga akan semakin mampu meningkatkan daya saing produk Anda. Sidig dapat Anda manfaatkan secara gratis dengan cukup melakukan pendaftaran di website sidig.id.

Exit mobile version