Merancang Infrastruktur TIK Daerah dengan Konsultan IT yang Tepat

Pernah atau tidak Anda merasa bingung dalam memetakan kebutuhan teknologi informasi instansi Anda? Kebingungan tersebut muncul ketika Anda merasa kurang memiliki kapabilitas dalam melakukan identifikasi masalah. Dalam hal ini tentunya Anda membutuhkan partner atau konsultan IT yang bisa memetakan kebutuhan teknologi informasi untuk instansi Anda.

Bersama konsultan IT, Anda dengan mudah bisa memetakan masalah dan kebutuhan yang ada untuk membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara komprehensif. Infrastruktur TIK menjadi penting untuk menjadi prioritas ketika instansi Anda memiliki rencana untuk melaksanakan kebijakan yang melibatkan penerapan TIK.

Nah, Anda sekarang sudah mengetahui kepada siapa harus berkonsultasi ketika menghadapi masalah tersebut. Sekarang Anda harus tahu apa saja layanan yang diberikan serta faktor penentu Anda dalam memilih konsultan IT.

Apa saja yang Bisa Dilakukan oleh Konsultan IT

Pembuatan Master Plan IT
Master plan merupakan dokumen kerangka kerja serta peta jalan untuk pembangunan sebuah daerah atau instansi. Master plan sendiri jika dalam pemerintahan menjadi pedoman penting. Dokumen masterplan ini akan membantu melakukan sinkronisasi perencanaan dan pengembangan kota dari pemerintah pusat hingga daerah. Selain membantu terciptanya smart city, master plan juga bisa membantu mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Di mana SPBE menjadi anjuran Presiden Joko Widodo untuk menciptakan e-government.

Evaluasi Master Plan IT
Secara berkala, master plan perlu dievaluasi kembali untuk mengetahui program pembangunan yang sudah dirancang terlaksana atau belum. Dalam hal ini, konsultan IT juga berperan penting. Selain merancang, mereka tentunya harus memiliki kapabilitas untuk melakukan evaluasi.

Penyusunan Kamus Data Pemerintah
Integrasi data dan pengelolaan TIK menjadi fokus pemerintah saat ini. Untuk memantau kolaborasi data yang terjadi, pemerintah perlu menerapkan e-Government Interoperability Framework (e-Gif). Dalam level ini, konsultan IT bisa memastikan kolaborasi dan pertukaran informasi antar organisasi pemerintah daerah (OPD). Hasil dari penyusunan kamu data pemerintah ini sendiri adalah kamus data primer yang dimiliki oleh semua institusi, peta interoperabilitas data, arsitektur e-Gif, dan roadmap implementasi e-Gif.

Dokumen Standard Operational Procedure (SOP)
Konsultan IT akan membantu Anda dalam merancang dokumen SOP IT instansi Anda. Dokumen SOP ini dapat digunakan sebagai acuan untuk penyusunan spesifikasi teknis pengembangan sistem TIK. Hingga pada akhirnya bisa memberikan layanan informasi kepada masyarakat dengan baik.

Keamanan Sistem Informasi
Konsultan IT bisa melakukan analisa keamanan sistem informasi dan jaringan secara menyeluruh. Setelah melakukan analisa, nantinya mereka akan memberikan strategi pengamanan informasi dan jaringan secara efektif. Keamanan sistem informasi ini menjadi penting untuk mencegah kerusakan sistem dan hacker.

IT Audit dan Assessment
Selain memberikan audit dan assessment pada master plan, konsultan IT juga bisa memberikan assesement terkait perangkat IT yang ada di instansi Anda. Selain melakukan audit, mereka juga akan memberikan rekomendasi sesuai dengan apa yang mereka temukan.

Perancangan Jaringan Fiber Optik
Konsultan IT juga bisa membuatkan peta lokasi dan titik pengembangan jaringan. Hal ini berguna untuk menjadi acuan dalam pembangunan jaringan fiber optik sebuah daerah. Selain peta lokasi, konsultan IT juga akan membuatkan rencana anggaran biaya yang akan dihabiskan untuk pemasangan fiber optik.

Gamatechno IT Consulting Services

Cara Memilih Konsultan IT yang Tepat

Meski sudah tahu Anda harus kemana ketika ingin melakukan konsultasi mengenai infrastruktur TIK yang akan dibangun, Anda tidak bisa kemudian memilih konsultan sembarangan. Ada sejumlah hal atau faktor penentu yang harus Anda perhatikan dalam memilih konsultan IT, apa saja?

Pilih Konsultan IT yang Berpengalaman
Pengalaman tidak akan membohongi kinerja dari seseorang. Cari konsultan IT yang memiliki pengalaman beberapa tahun dalam menangani klien. Kunjungi website resmi dan lihat berapa klien yang sudah mereka tangani. Periksa studi kasus dari pekerjaan yang mereka miliki untuk melihat apakah konsultan IT yang Anda pilih bisa memberikan solusi tepat bagi instansi Anda.

Loyalitas Klien
Sebelumnya sudah dibahas selain melihat berapa tahun mereka berkecimpung dalam sebuah bidang, loyalitas klien juga harus dilihat. Lihat instansi mana yang menggunakan jasa mereka secara berulang. Hal ini menunjukkan jika konsultan IT yang mereka berikan bekerja secara profesional dan berhasil memberikan dampak positif. Jika tidak ada di website resmi, jangan ragu untuk menanyakan langsung.

Sertifikasi di Bidang IT Consultant
Skill menjadi penentu ketiga dalam memilih konsultan IT yang tepat. Tanyakan ada berapa orang dalam satu tim yang menangani. Anda juga bisa menanyakan riwayat pelatihan dan pendidikan yang sudah mereka tempuh untuk lebih menambah keyakinan untuk menggunakan jasa konsultan IT. Pastikan mereka memiliki sertifikasi tata kelola IT seperti Control Objective for Information and Related Technology (COBIT), Certified Information Systems Auditor (CISA), Information Technology Infrastructure Library (ITIL), The Open Group Architecture Framework (TOGAF), ISO 27001.

After Sales Support
Dukungan selama perencanaan hingga implementasi infrastruktur TIK juga penting. Pastikan konsultan IT yang akan Anda pilih tidak lepas tangan setelahnya. Pastikan mereka masih membangun komunikasi yang baik dengan Anda, melakukan pendampingan sehingga dipastikan tak ada masalah yang berarti.

Mengikuti Kebijakan IT di Indonesia
Penting untuk memilih konsultan yang mengikuti perkembangan kebijakan IT yang sudah diimplementasikan. Agar nantinya master plan yang telah dirancang tidak bertentangan dengan kebijakan yang sudah disusun oleh pemerintah. Bagi instansi pemerintahan sendiri, penting memilih konsultan IT yang mengikuti kebijakan e-government di Indonesia.

Memiliki Standar Manajemen Mutu
Penting untuk memperhatikan apakah partner yang Anda pilih sudah memiliki sertifikasi ISO 9001 standar manajemen mutu atau belum. ISO 9001 menjadi bukti jika pengerjaan project sudah memenuhi standar yang ada. Mulai dari kriteria ahli, waktu pengerjaan, hingga peralatan yang mereka miliki. Jadi jangan ragu lagi ketika vendor yang akan Anda pilih sudah meraih ISO 9001 standar penjaminan mutu.

Kesimpulan

Konsultan IT bisa membantu Anda dalam memetakan dan memberikan solusi atas masalah IT yang ada di instansi Anda. Nantinya, solusi yang diberikan oleh konsultan IT akan berdampak pada pertumbuhan dan pengambilan kebijakan di instansi Anda.

Gamatechno IT Consulting Services

Kredibilitas dan portofolio harus menjadi pertimbangan utama sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan IT tertentu. Keamanan sistem informasi dan penanggulangan risiko lainnya ada baiknya mulai dipikirkan mulai sekarang. Segera konsultasikan kebutuhan TIK instansi Anda dengan klik tautan berikut.

Exit mobile version