9 Mitos ERP (Enterprise Resource Planning)

mitos erp

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning, yaitu sebuah portal software manajemen proses bisnis yang berkaitan dengan pengumpulan secara real-time, penyimpanan, dan interpretasi data untuk proses bisnis inti.

ERP mengintegrasi sistem organisasional yang bervariasi dan memfasilitasi aliran informasi di antara semua fungsi bisnis, dengan tujuan terhindar dari eror dan terbebas dari gangguan transaksi dalam proses produksi. Perusahaan-perusahaan besar sudah menuai buah sukses dari ERP di seluruh penjuru dunia.

Saat ini, sistem ERP sudah menjadi hal umum di bisnis skala besar maupun kecil. Meskipun sudah menjadi populer, miskonsepsi tentang ERP tetap ada dan juga implementasinya pada marketplace saat ini. Dalam artikel ini akan dibahas lebih jauh mengenai mitos-mitos Enterprise Resource Planning. Simak artikel ini sampai habis, ya.

Mitos 1: ERP itu Mahal

ERP kelihatannya mahal tetapi investasinya akan berbuah manis dalam jangka panjang. Nyatanya, timbal balik dari investasinya tinggi. Kebutuhan ERP dari setiap bisnis berbeda-beda satu dengan yang lainnya, begitu juga dengan harganya. Ketika solusi ERP yang inovatif dan high-end masih bisa membawa tag harga yang cukup melambung, penggunaan teknikal seperti mobile dan cloud computing diharapkan mampu membuat software ERP lebih terjangkau. ERP tidak harus selalu mahal tapi terjangkau untuk bisnis apapun di luar sana.

Mitos 2: ERP hanya untuk Bisnis dan Perusahaan Besar

Meskipun sistem ERP biasanya digunakan oleh firma-firma besar di masa lalu, bisnis yang lebih kecil semakin bisa mengeksplorasi Enterprise Resource Planning juga sehubungan dengan bertumbuhnya opsi untuk kustomisasi melalui inovasi teknologi. Solusi ERP hadir dengan berbagai macam varian bentuk dan ukuran. Memilih solusi ERP yang tepat, mau tidak mau juga harus mempertimbangkan ukuran bisnis. Hal tersebut vital untuk implementasi yang efektif dan pertimbangan masa ketahanannya.

Mitos 3: ERP hanya Menguntungkan Eksekutif dan Manajemen

Tentu saja ERP menguntungkan manajemen, tapi selain itu juga menguntungkan karyawan-karyawan yang menjadi bagian dari sistem tersebut. ERP memungkinkan terbentuknya manajemen berkualitas tinggi dengan informasi vital untuk tujuan pembuatan keputusan. Tetapi keuntungannya bisa menyebar ke seluruh bisnis, meningkatkan prosedur operasional dan meningkatkan performa karyawan lintas semua level.

ERP memungkinkan tersebarnya pembagian informasi, yang bisa meningkatkan komunikasi, memperbaiki perencanaan proyek, menghindarkan dari duplikasi tugas dan menurunkan biaya pembelanjaan, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Dengan kata lain, solusi ERP bisa menguntungkan perusahaan secara keseluruhan.

Mitos 4: Solusi ERP hanya Digunakan untuk Mengesankan Konsumen

Jika diimplementasikan dengan tepat, solusi ERP pasti mempunyai potensi untuk memberikan kesan baik terhadap konsumen. Bagaimanapun, pemberian kesan tersebut bukan hanya kesan dangkal dan juga bukan tujuan utama mereka. Menyediakan hasil superior melalui performa operasional yang profesional dan meningkatkan kualitas produk dan jasa dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan niat baik konsumen dan menguatkan hubungan dengan klien tentunya.

Mitos 5: Solusi Satu ERP Cocok untuk Semua

Penting untuk membandingkan jenis-jenis solusi ERP dan memilih yang terbaik yang paling cocok tergantung dari kebutuhan bisnis, tren fungsionalitas, dan fiturnya. Contohnya, sebuah perusahaan yang memproduksi satu produk mungkin dalam hal kebutuhan perencanaan sumber bisnis berbeda dari unit manufaktur yang memproduksi barang-barang logam yang akan punya proses berbeda dari tumbuhan kimiawi. Atribut spesifik dan kapabilitas yang dicari dari sebuah sistem ERP seharusnya berubah tergantung pada variasi kebutuhan bisnis perusahaan Anda.

Mitos 6: ERP, SCM, CRM adalah Sama

Enterprise Resource Planning (ERP), Supply Chain Management (SCM), Customer Relationship Management (CRM) mempunyai sistem yang berbeda-beda dan menargetkan proses bisnis yang berbeda-beda pula. Sistem-sistem ini bisa diimplementasikan dan diintegrasi secara terpisah atau malah justru dikombinasikan bersama tergantung pada kebutuhan perusahaan masing-masing.

Mitos 7: ERP Butuh Waktu Lama untuk Mengimplementasikannya

Waktu yang umumnya dibutuhkan untuk pengimplementasian sebuah ERP secara general akan bergantung oleh beberapa faktor; seperti ukuran bisnis, ekspektasi dari leadership perusahaan, jumlah pengguna, tingkat dari kustomisasi, cakupan dan kekompleksan teknikal dari perubahan, dan ketersediaan sumber. Implementasi yang sukses, oleh karena itu, bisa membutuhkan komitmen dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Mitos 8: ERP adalah Sistem IT dan Milik Departemen IT

Enterprise Resource Planning adalah sebuah aset bisnis yang membutuhkan ownership dan input lintas departemen dan hirarki korporasi dari atas ke bawah, dari karyawan staf biasa hingga C-suite executive. Jadi, ketika teknologi informasi (IT) adalah sebuah bagian integral dari implementasi dan pemeliharaan ERP, setiap fungsi bisnis mempunyai perannya masing-masing untuk mensukseskan ERP.

Mitos 9: Sistem ERP Menonaktifkan Profesi Pekerja

Sebuah sistem ERP memfasilitasi enterprise resource planning. Bagaimanapun, profesional yang berkualifikasi dibutuhkan untuk mengkonfigurasi sistem ke kebutuhan spesifik bisnis yang mensyaratkan product knowledge yang kuat dan pengalaman pengimplementasian. Terlebih, meskipun solusi ERP bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada banyak dimensi, tetap saja masih ada aktivitas bisnis yang membutuhkan intervensi manual.

Dengan mengurangi error, menghemat waktu dan menghemat biaya, implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) bisa meningkatkan produktivitas human processes di tempat kerja. Namun, tetap saja itu bukan berarti menghapuskan aspek manusia di dalam proses-prosesnya.

Tadi itu adalah sembilan mitos tentang ERP yang perlu Anda ketahui sehingga tidak salah sangka lagi dan tidak termakan oleh mitos. Untuk kebutuhan solusi ERP tentu harus dianalisa dan diobservasi dengan seksama sehingga bisa memilih jenis solusi ERP yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Yuk, konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Gamatechno dengan klik di sini.

Exit mobile version