Bagaimana Optimalisasi Prospek/Lead untuk Meningkatkan Penjualan

Perusahaan yang berorientasi pada pelanggan pasti akan mengedepankan sebuah strategi bisnis yang memadukan antara manusia dan teknologi, yang dinamakan sebagai CRM atau Customer Relationship Management. Sistem informasi ini membantu perusahaan dalam pengelolaan penjualan, mempertahankan pelanggan dan juga menambah loyalitas pelanggan.

Perusahaan akan mengetahui perilaku pelanggan dan juga kebutuhannya akan sebuah produk. Tingkat keberhasilan perusahaan dalam hal penjualan tidak hanya dari kuantitas produk yang terjual tetapi juga seberapa jauh perusahaan tahu akan pelanggannya. Jika ada ratusan bahkan ribuan pelanggan, maka perusahaan tidak akan mampu memonitoring hubungan setiap pelanggan. Hal tersebut juga sulit dilakukan jika perusahaan menganalisis produk mana yang prospek untuk dijual dan pencapaian target penjualan dalam kurung waktu tertentu.

Software CRM Indonesia

Maka dari itu diperlukan CRM untuk dapat menampung dan menganalisa data penjualan dan pelanggan untuk dapat menciptakan strategi penjualan selanjutnya. Optimalisasi prospek perlu diperhatikan dengan melihat total prospek penjualan secara sistem.

Bagaimana CRM membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan?

Dalam aplikasi CRM, terdapat beberapa fitur yang memudahkan perusahaan untuk mengelola penjualan dan melakukan optimalisasi lead. Fitur-fitur tersebut menyajikan total prospek yang masuk dan gagal, target penjualan, data pelanggan, bahkan laporan grafik penjualan.

  1. Fitur perkembangan penjualan per semester atau per tahun membantu perusahaan dalam melihat apakah selama ini perusahaan sudah berhasil dengan produknya.
  2. Data pelanggan seperti customer birthday reminder untuk menjaga hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Hal ini akan berpengaruh untuk menciptakan pelanggan yang loyal sehingga dapat dengan mudah mereka memakai atau membeli produk yang diproduksi.
  3. Daily activity salesman seperti tracking leads, prospek maupun dealing project sebagai data perusahaan untuk melihat kinerja penjualan produk.
  4. Fitur narasumber yang berisi data sumber informasi peluang penjualan sebuah produk/project yang berpengaruh juga pada optimalisasi prospek penjualan
  5. Pencatatan peluang penjualan secara detail untuk dapat melihat tingkat kepercayaan pelanggan, pendapatan dan juga peluang laba yang didapatkan
  6. Perusahaan juga dimudahkan dengan database kontrak kerjasama pelanggan dengan perusahaan.
  7. Perusahaan juga akan mendapatkan informasi grafik rekap penjualan berdasarkan total prospek yang masuk, yang gagal, yang berhasil dan target yang dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Dari fitur-fitur di atas perusahaan akan dapat dengan mudah mengidentifikasi pola perilaku komunikasi dan interaksi pelanggan dalam proses penjualan. Data-data yang terkumpul akan membuat perusahaan melakukan optimalisasi lead dengan melakukan strategi komunikasi kepada pelanggan yang potensial untuk membeli produk atau layanan kembali.

Jika Anda ingin pengelolaan yang lebih baik untuk urusan customer, pencatatan prospek dan mengoptimalkan kinerja sales, sudah saatnya Anda gunakan sistem CRM. Lihat apa saja fitur yang ditawarkan gtCRM disini

Exit mobile version