6 Peran Penting Garansi Digital Untuk Bisnis Anda

6 Peran Penting Garansi Digital Untuk Bisnis Anda

Simak 6 peran penting garansi digital yang dapat membantu perkembangan produk Anda.

Garansi memiliki peran yang sentral dalam perkembangan sebuah produk. Salah satunya  untuk memastikan pemulihan setelah konsumen melakukan pembelian. Hal tersebut memberikan penawaran bagi konsumen dalam perlindungan produk yang sudah mereka beli. Garansi menjadi salah satu sumber kekuatan pasar karena mampu memunculkan persepsi dari konsumen yang merasa bahwa perusahaan penyedia produk bersedia untuk melakukan perbaikan pada produk yang telah mereka gunakan.

Ketika bisnis anda menjalankan program layanan garansi, informasi – informasi mengenai produk tidak boleh diabaikan. Informasi dari kapan konsumen anda membeli produk, hingga jangka waktu garansi yang telah ditetapkan untuk setiap produk yang digaransikan. Hal tersebut sangat penting untuk anda ketahui, karena dapat membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen Anda.

Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, bukan hal yang asing lagi untuk menerapkan garansi digital dalam penjualan sebuah produk. Anda tidak perlu lagi membuat para konsumen anda menunggu terlalu lama untuk mengajukan klaim garansi. Garansi digital dapat membantu bisnis anda memberikan layanan after sales yang baik kepada konsumen. Sehingga, Anda akan mendapatkan kepercayaan konsumen dengan lebih mudah.

Beberapa Peran Penting Garansi Digital untuk Bisnis Anda

1. Membantu Program Pemasaran dan Penjualan Produk

Konsumen biasanya membandingkan karakteristik yang berhubungan dengan produk seperti harga, fitur khusus, persepsi, kualitas hingga garansi dan ketersediaan layanan sebelum memutuskan untuk memilih merek yang akan mereka digunakan. Adanya garansi dapat memberikan kepercayaan pada calon konsumen, sehingga dapat mendorong pemasaran dan penjualan produk yang anda tawarkan.

2. Sebagai Pendorong Keputusan Pembelian Konsumen

Dalam mempertimbangkan atribut pada setiap produk yang ditawarkan, keputusan pembelian konsumen bergantung pada banyak faktor dan dapat bervariasi seperti adanya isyarat intrinsik dan ekstrinsik pada produk yang memiliki pengaruh besar dalam keputusan pembelian konsumen. Isyarat ekstrinsik sangat penting untuk produk seperti elektronik. Dengan adanya layanan garansi dapat menjadi salah satu pemicu konsumen untuk membeli produk anda.

3. Sebagai Penyelamat Pelanggan Anda dari Produk Palsu

Konsumen anda dapat memastikan bahwa produk tersebut asli atau tidak dengan mengecek kode produk yang tertera dengan mengakses sistem garansi digital yang digunakan. Sehingga produsen dapat mempertahankan itikad baiknya dengan menerima informasi dari setiap barang yang dijual.

4. Mempermudah Anda dalam Menganalisis Data

Dengan menggunakan sistem garansi digital, Anda sebagai pemilik bisnis dapat melacak apakah program garansi yang dijalankan telah berhasil dengan adanya bantuan laporan dan analisis yang telah disajikan oleh sistem garansi digital tersebut. Dengan begitu, hasil yang telah diukur dan ditelusuri dapat ditingkatkan dan disempurnakan. Selain digunakan untuk melihat progres layanan garansi yang diberikan, data juga dapat Anda manfaatkan untuk keperluan lain seperti melihat persebaran produk, persebaran klaim garansi hingga sebagai bahan penentuan untuk penempatan service center.

5. Memudahkan Konsumen dalam Mengajukan Klaim Garansi

Dalam proses mengajukan klaim garansi,  Konsumen hanya memerlukan beberapa langkah saja yang akan langsung diterima dan diproses  oleh service center maupun distributor. Dengan  begitu proses klaim garansi dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan konsumen anda tidak perlu menunggu lebih lama.

6. Membantu Mengevaluasi Kualitas Produk

Salah satu cara mengevaluasi kualitas produk anda yaitu dengan memberikan layanan garansi kepada konsumen Anda. Dengan adanya layanan tersebut, anda dapat mengetahui seberapa banyak konsumen yang mengajukan klaim garansi pada produk yang telah mereka gunakan. Banyak tidaknya klaim garansi dapat menjadi acuan bagi Anda untuk melakukan evaluasi maupun perbaikan. 

Baca juga : Kenali Dulu 4 Jenis Garansi Sebelum Anda Memutuskan Untuk Membeli Produk

Dari beberapa peran pentingnya garansi digital diatas, tentunya hal tersebut dapat membantu Anda untuk memahami pentingnya pengelolaan layanan garansi pada produk-produk Anda dan memberikan kepercayaan yang lebih kepada para konsumen Anda. Untuk mempermudah dalam mengelola layanan garansi, Anda dapat menggunakan garansi digital Sidig sebagai platform yang dapat membantu anda memudahkan pengelolaan proses garansi. Platform tersebut juga dapat membantu konsumen Anda dalam mengajukan klaim garansi menjadi lebih efektif dan efisien.

Exit mobile version