Perbedaan Absensi Fingerprint dan Absensi Online

HRD wajib tahu, Ini perbedaan absensi fingerprint dan absensi online karyawan, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari masing-masing jenis absensi untuk karyawan tersebut

Pertama kali hal yang harus dilakukan seorang staff atau karyawan adalah absensi sebagai tanda bukti pencatatan jika dia sudah hadir dikantor dan siap untuk bekerja. Semua Perusahaan pastinya ingin setiap staff atau karyawannya memiliki kedisiplinan dalam bekerja.

Salah satu hal yang bisa menjadi indikator kedisiplinan tersebut adalah ketepatan waktu datang ke kantor atau absensi. Jika staff atau karyawan tidak memiliki kedisiplinan dalam kehadiarannya, maka tentu akan membuat kegiatan di perusahaan tersebut terganggu. Jadi dapat disimpulkan sangat penting bagi sebuah Perusahaan untuk memastikan kegiatan operasional Perusahaan berjalan dengan baik.

Saat ini ada dua sistem absensi yang banyak digunakan oleh perusahaan sistem aplikasi absensi online, dan juga aplikasi fingerprint. Beberapa puluh tahun yang lalu absensi dilakukan secara manual dengan mengisi buku absensi ataupun menggunakan mesin absensi analog, maka beberapa tahun belakangan ini sudah populer menggunakan aplikasi absensi online, dan juga aplikasi fingerprint.

Pada awalnya aplikasi fingerprint adalah sistem absensi yang populer digunakan oleh banyak Perusahaan untuk pencatatan kehadiran staff atau karyawan. Seiring berjalannya waktu, dimana saat ini seluruh dunia sedang menghadapi musibah pandemi covid-19, banyak Perusahaan yang menerapkan WFH (Work From Home) dimana staff atau karyawan bekerja dari rumah melalui remote. Berkembanglah teknologi baru dalam Software HR atau HRIS bernama aplikasi absensi online.

Kedua sistem absensi tersebut merupakan sistem absensi yang masih populer digunakan diberbagai macam jenis Perusahaan baik dalam skala kecil UMKM maupun yang sudah skala international. Sebelum kita sampai pada kesimpulan perbedaan utama kedua aplikasi tersebut, mari kita bahas satu persatu kelebihan dan kelemahan dari kedua sistem absensi tersebut.

1. Absensi Fingerprint

Hari-hari ini fingerprint adalah bagian hidup kita sehari-hari; ponsel, tablet, dan bahkan laptop sekarang memiliki fungsi fingerprint. Fingerprint merupakan sistem absensi yang saat ini banyak digunakan oleh sebuah Perusahaan dalam pecatatan absensi karyawannya.

Kelebihan Absensi Fingerprint

Setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda sehingga ini akan meminimalisir kecurangan serta keamanan yang tinggi. Mudah untuk digunakan karena jari Anda selalu Anda bawa kemanapun pergi. Tidak dapat dipindahtangankan, hal ini memungkinkan pelacakan tenaga kerja yang lebih akurat.

Menggunakan fingerprint juga memberikan tingkat akuntabilitas yang lebih tinggi di tempat kerja. Bukti biometrik Anda hadir ketika situasi atau insiden telah terjadi sulit untuk disangkal dan dapat digunakan sebagai bukti jika diperlukan.

Kelemahan Absensi Fingerprint

Kegagalan identifikasi dan sistem, fingerprint dapat bekerja dengan batasan teknis yang sama seperti semua sistem identifikasi elektronik lainnya seperti pemadaman listrik, kesalahan, dan faktor lingkungan. Penggunaan fingerprint memiliki biaya yang cukup tinggi baik dari awal instalasi maupun ketika maintenance secara rutin. Penarikan data absensi yang manual.

2. Absensi Online

Absensi Online menggunakan Eoviz Lite Apps

Apakah Anda pernah mendengar istilah ESS (Employe Self Service)?absensi online tidak sekedar bekerja sebagai pencatat waktu masuk dan pulang karyawan, namun berperan menyediakan layanan mandiri kepada karyawan meliputi pengajuan cuti, lembur, perubahan absensi, data karyawan, dan juga fitur lainnya.

Kelebihan Absensi Online

Akurasi data yang tinggi dan menurunnya tingkat kesalahan. Biaya instalasi awal dan pemeliharaan yang lebih murah. Mengakomodasi kebutuhan remote working atau WFH di saat masa pandemi covid-19 yang kita alami saat ini. Terintegrasi dengan banyak sistem lain

Kelemahan Absensi Online

Membutuhkan perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga untuk memperlancar proses absensi, membutuhkan koneksi internet yang stabil. Karyawan akan mengalami kesulitan dalam melakukan pencatatan kehadiran apabila berada di tempat yang memiliki keterbatasan sinyal internet.

Setelah kita membahas kelebihan dan kelemahan kedua sistem absensi tersebut, terlihat sebenarnya keduanya mempunyai sisi positif dan negatif. Namun, aplikasi absensi online lebih efektif dan efisien disaat masa pandemi saat ini.

Kesimpulannya aplikasi fingerprint dengan aplikasi absensi online merupakan sebuah sistem yang saling melengkapi. Kedua aplikasi tersebut sejatinya tidak dapat dibandingkan, namun satu sama lain bisa menjadi pelengkap yang saling melengkapi.

Akan tetapi, kelebihan yang dihadirkan oleh absensi online, bisa menjadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk berinvestasi menggunakan salah satu absensi online seperti Software HR atau HRIS Gamatechno yang dapat terintegrasi dengan kebutuhan absensi online. 

Perbedaan Absensi Fingerprint dan Absensi Online

 

 

 

Exit mobile version