Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

Software Akuntansi Terbaik

Untuk mendukung kelancaran dalam pencatatan keuangan, sering kali pebisnis, baik dalam skala besar maupun UMKM memerlukan software akuntansi. Pasalnya, mencatat transaksi keuangan bisnis secara manual tak cuma sudah ketinggalan zaman, tapi juga rawan terjadi human error. Hal ini tentunya akan membawa masalah di kemudian hari.

Tak sekadar mencatat transaksi keuangan, penggunaan software akuntansi membantu pemilik bisnis melacak piutang dan hutang, memiliki pemahaman yang jelas tentang keuntungan mereka, bersiap untuk musim pajak dan lain sebagainya.

Apa saja rekomendasi software akuntansi terbaik untuk bisnis?

Bagi Anda yang merupakan pelaku bisnis dan sedang mencari alat agar aktivitas pencatatan keuangan lebih efektif, simak rekomendasi software akuntansi terbaik berikut ini!

1. Accurate

Accurate menjadi salah satu software akuntansi yang cukup populer. Software ini dikembangkan oleh PT Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft), sebuah perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Indonesia.

UI yang user-friendly menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Accurate. Selain itu, pemilik bisnis yang awam dengan dunia akuntansi bisa menggunakannya dengan mudah untuk pemula sekalipun.

Accurate menawarkan fitur yang cukup lengkap dan memiliki flow kerja akuntansi yang dapat digunakan berbagai bidang usaha,

Terdapat modul job costing software yang memudahkan dalam menyusun laporan keuangan, laporan laba rugi, dan sebagainya karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja tanpa harus menunggu laporan dari staff.

2. Xero

Software akuntansi berbasis web yang dirancang untuk bisnis kecil dan menengah ini berasal dari Selandia Baru dan dirilis pada tahun 2006.  Xero terkenal dengan tampilan dasbornya yang intuitif dan mudah dibaca. Selain itu dapat digunakan untuk berkolaborasi dengan banyak pengguna termasuk anggota tim dan karyawan.

Xero menawarkan beberapa fitur berguna termasuk Hubdoc tempat pengguna menyimpan tagihan dan kuitansi serta pelacakan dan biaya proyek. 

Software berbasis cloud ini juga memiliki aplikasi Android dan iPhone sehingga mudah diakses dari mana saja.

3. Kledo

Software akuntansi Kledo juga bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang memerlukan sistem untuk mengelola keuangan perusahaan lebih efektif. 

Kledo adalah software akuntansi online berbasis aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku usaha kecil dan menengah dalam melakukan pencatatan keuangan secara praktis.

Selain pencatatan, Kledo menawarkan berbagai fitur agar lebih mudah dalam mengatur invoicing, purchasing, inventory dan menganalisa performa bisnis.

Karena berbasis aplikasi, dengan software akuntansi Kledo pelaku bisnis lebih mudah untuk melihat laporan keuangan bisnis kapan saja menggunakan device apapun.

4. Easy Accounting System (EAS)

Dikembangkan sejak tahun 2009, Easy Accounting System (EAS) merupakan salah satu software akuntansi yang populer digunakan. Aplikasi ini dapat menyederhanakan tugas-tugas keuangan seperti mencatat transaksi, membuat faktur, mengelola pembayaran dan penerimaan, hingga membuat laporan keuangan.

Beberapa fitur unggulan EAS antara lain Import Transaksi (Jurnal voucher, invoice, dsb) dan e-faktur ready.

Selain sebagai software akuntansi keuangan dan point of sales (POS), EAS sekaligus software semi-ERP systems yang bisa digunakan untuk berbagai operasi bisnis.

5. Zahir

Zahir Accounting merupakan software akuntansi yang dirancang untuk membuat pengelolaan keuangan bisnis lebih mudah, terutama bagi bisnis kecil dan menengah. 

Zahir menyediakan berbagai fitur seperti pencatatan pembelian dan penjualan, manajemen persediaan, pembayaran gaji karyawan, pelacakan hutang dan piutang serta pembuatan laporan keuangan. 

Selain memiliki antarmuka sederhana dan mudah digunakan, software ini terintegrasi dengan layanan perbankan online dan aplikasi lain seperti Microsoft Excel.

Zahir Accounting dapat diakses melalui berbagai device seperti desktop, laptop, dan mobile (Android dan iOS).

6. Zoho Books

Software yang dirilis pada tahun 1996 dan berasal dari India ini  memungkinkan pengguna melakukan banyak aktivitas keuangan tanpa ribet. Mulai dari membuat faktur, melacak transaksi, membuat laporan keuangan dan sebagainya.

Dengan antarmuka yang user-friendly dan aplikasi seluler yang solid, Zoho Books adalah salah satu software akuntansi yang mudah digunakan dan mudah diakses kapan saja.

7. Finance Management System Gamatechno

Software akuntansi dari Gamatechno satu ini sangat membantu bisnis dalam hal efisiensi serta menurunkan beban kerja akuntansi dan keuangan. Sebab, software ini memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi proses pencatatan dan perhitungan.

Dari pembuatan neraca akuntansi, laporan laba rugi hingga perpajakan, akan dapat dikerjakan secara otomatis lewat software ini.

Di dalamnya juga tersedia berbagai fitur memungkinkan pengguna untuk mengelola beragam aspek keuangan perusahaan, seperti melacak arus kas, mengkategorikan pendapatan dan pengeluaran, menyinkronkan transaksi dengan bank.

Di sisi lain, software ini juga membantu dalam pembayaran tagihan secara online, melacak dan menganalisis investasi, membuat laporan keuangan hingga menampilkan data pendapatan secara real-time.

8. Jubelio

Jubelio pada dasarnya adalah platform bisnis yang memiliki banyak fitur serta dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola transaksi dan inventarisasi dengan lebih mudah.

Salah satu fitur unggulannya adalah accounting software yang berguna dalam pembuatan laporan keuangan bisnis secara otomatis. 

Jubelio fokus pada penyediaan layanan omni-channel berbasis teknologi cloud computing, sehingga membantu pelaku usaha ritel, baik yang besar maupun UMKM, untuk menyatukan bisnis ke berbagai platform seperti e-commerce.

9. QuickBooks

QuickBooks termasuk salah satu software akuntansi populer yang sering digunakan pebisnis untuk mengelola penjualan, pengeluaran, dan melacak transaksi harian.

Quickbooks bekerja dengan cara mengotomatiskan seluruh perhitungan dan manajemen keuangan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Software ini menawarkan fitur cukup lengkap mulai dari pembuatan laporan keuangan, pembuatan faktur, hingga pembuatan laporan pajak. QuickBooks memiliki kelebihan mudah digunakan sehingga cocok untuk bisnis kecil dan menengah. Ini juga memudahkan pembayaran karena memiliki banyak integrasi dengan aplikasi lain seperti sistem pembayaran online.

10. Book Keeper Accounting

Book Keeper Accounting membantu pengguna dalam mengelola keuangan bisnis dengan beragam fitur seperti pembukuan keuangan, pencatatan pembelian dan penjualan, pemantauan piutang dan hutang, serta pembuatan laporan keuangan.

Sodtware akuntansi ini memiliki kelebihan dapat diakses secara offline, sehingga pengguna dapat terus mengelola keuangan bisnisnya bahkan tanpa koneksi internet. 

Book Keeper Accounting dapat melakukan sinkronisasi data antara perangkat desktop dan mobile dan tersedia untuk Android dan iOS. 

Demikian beberapa rekomendasi software akuntansi terbaik yang bisa menjadi pertimbangan. Yang utama, pilih software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, terutama bagi Anda yang menjalankan UMKM. 

Selain itu, pastikan software akuntansi tersebut bersifat scalable sehingga dapat terus disesuaikan seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda.

Exit mobile version