5 Alasan Penting Sistem ERP Dibutuhkan Oleh Industri Jasa

5 Alasan Penting Sistem ERP Dibutuhkan Oleh Industri Jasa

Perekembangan yang pesat membuat sistem ERP menjadi kebutuhan bagi setiap industri jasa. Sistem ini diyakini cukup mampu menunjang kemajuan dari industri jasa.

Apakah Anda seorang pemilik bisnis atau organisasi yang ingin mendapatkan visibilitas tentang biaya aktivitas sehari-hari hingga efisiensi kerja? Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) bisa menjadi solusi. Saat ini, sistem ERP sangat penting untuk mengelola ribuan bisnis dari semua ukuran dan di semua industri. Bagi banyak perusahaan, sistem ERP bisa dianalogikan seperti listrik, yang dibutuhkan untuk membuat lampu tetap menyala.

Dalam industri jasa, sistem ERP dapat membawa perubahan tingkat tinggi dalam alur kerja perusahaan, karena ERP berperan sebagai perangkat lunak yang efisien dan kuat yang menangani implementasi proyek, pemeliharaan pengeluarannya, dan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya. 

Berikut ini lima alasan penting kenapa industri jasa membutuhkan sistem ERP

 

1. Manajemen biaya

Sistem ERP dapat menyediakan alat yang diperlukan oleh organisasi Anda. Sistem ERP adalah peluang terbaik ketimbang mengandalkan kombinasi perangkat lunak yang berbeda dan tidak menggunakan semuanya secara maksimal, di mana akhirnya hanya akan membebani anggaran.

Sistem ini juga dapat mengurangi biaya disertai dengan menggunakan sistem yang membutuhkan entri data.Sistem ERP akan menurunkan beban data administrasi dengan secara otomatis mentransfer data dari satu departemen ke departemen berikutnya sehingga mengurangi kesalahan manual dan menjaga aliran data yang konsisten.

 

2. Peningkatan hubungan dan keterlibatan pelanggan

Dengan bantuan sistem ERP, bisnis Anda dapat meningkatkan pengalaman layanan pelanggan karena memungkinkan pengambilan informasi dan riwayat pelanggan yang lebih cepat dan lebih akurat. Dalam kasus proyek per proyek, sistem ERP sangat berguna untuk menghubungkan semua proyek di lokasi yang berbeda sehingga meningkatkan visibilitas dan komunikasi antara semua orang dalam rantai organisasi, meliputi karyawan, pelanggan hingga vendor. 

Hal ini akan memudahkan kolaborasi dan bahkan meningkatkan penyampaian layanan yang efisien hingga peningkatan produktivitas.

 

3. Peningkatan produktivitas

Peningkatan akses ke data real-time meningkatkan kemampuan dan kapasitas karyawan untuk memperoleh dan mengirimkan informasi yang diperlukan. Ini memicu karyawan untuk dengan mudah mengidentifikasi dan mengkomunikasikan hambatan, menyelesaikan masalah, dan mengubah arah dengan cepat. 

Dengan penyedia layanan yang menangani klien yang berbeda-beda di lokasi luas, kemampuan untuk mengkomunikasikan kemajuan dan ketersediaan dengan cepat sangat penting untuk operasi yang berjalan lancar. 

Dengan sistem pelaporan terpadu, statistik dan status dapat dianalisis dan dikomunikasikan dengan lancar ke seluruh organisasi. Ini memungkinkan perusahaan untuk merespons dan menyesuaikan dengan cepat tanpa bergantung pada departemen lain dalam mendapatkan maupun menghasilkan data penting. Fitur-fitur canggih dari sistem ERP menjadikannya pilihan perencanaan sumber daya perusahaan yang tepat.

 

4. Perencanaan yang lebih baik

Perangkat lunak ERP memfasilitasi transparansi dan perencanaan berkualitas tinggi untuk menjadwalkan proyek layanan. Perencanaan yang tepat dengan bantuan ERP membantu industri jasa untuk mengkonfigurasi beberapa fungsi proyek dan antarmuka pengguna, sehingga membuat implementasi proyek menjadi lebih baik dan berstandar tinggi. 

Struktur proyek terintegrasi memberi Anda gambaran tentang layanan yang diperlukan, bahan yang dibutuhkan serta pengeluaran yang harus dialokasikan. Ini memberi Anda gambaran umum pra-biaya yang baik untuk tiap proyek.

 

5. Keuangan/Pengambilan Data

Di masa lalu, pengambilan data telah menjadi proses yang memakan waktu karena melibatkan pemindaian dokumen dan pengiriman ke perusahaan manajemen untuk menganalisisnya. Padahal, mengandalkan sepenuhnya pada kertas dan transaksi manual dalam ekonomi digital saat ini cukup mengkhawatirkan. 

ERP hadir dengan solusi untuk kebutuhan pengambilan data keuangan Anda yang lebih cepat dan lebih ramah kantong karena Anda tidak perlu lagi melakukan outsourcing pengambilan data.

Baca juga : 7 Tips Sukses Implementasi Software ERP untuk Perusahaan Anda

Dengan implementasi sistem ERP, perusahaan yang bergerak di industri jasa dapat mengatasi tantangan dalam memilih perangkat lunak yang berbeda untuk setiap fungsi. Sistem ERP untuk industri jasa sangat cocok dengan kebutuhan bisnis. ERP akan membantu Anda merampingkan setiap operasi bisnis dengan mengembangkan solusi khusus yang sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan sehingga proses bisnis menjadi lebih efisien serta mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.

Exit mobile version