Pentingnya Penerapan Teknologi IoT Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pentingnya Penerapan Teknologi IoT Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dahulu, Teknologi IoT (Internet of Things) sering dianggap sebagai konsep teknologi tingkat tinggi, sehingga diyakini bahwa hanya dapat diimplementasikan atau digunakan oleh perusahaan besar. Konsep ini dianggap tidak memiliki tempat dalam kehidupan orang biasa.

Namun demikian, suka atau tidak, dalam beberapa tahun terakhir IoT telah berhasil masuk dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Bahkan sampai pada titik di mana mereka yang cenderung tidak melek secara teknologi mulai merasakan kenyamanan maupun manfaat yang ditawarkan IoT.

Internet of Things (IoT) sendiri didefinisikan sebagai interkoneksi melalui Internet perangkat komputasi yang tertanam dalam objek sehari-hari, memungkinkan mereka untuk mengirim dan menerima data.

Atau dalam penjelasan sederhana lain, IoT adalah kemampuan berbagai perangkat, objek, kendaraan, rumah, dan ‘benda’ lainnya untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet. 

Bagaimana Penerapan Teknologi IoT Membuat Hidup Kita Lebih Baik?

Penerapan nyata IoT dalam kehidupan sehari-hari membuka kemungkinan terbentuknya ‘dunia’ yang serba mudah. Mulai dari kemampuan untuk mematikan AC dan melacak lokasi kendaraan hingga menyalakan lagu favorit dan pengaturan pencahayaan dengan audio perintah secara otomatis. 

Semua manfaat ini memiliki satu kesamaan, di mana IoT membuat seseorang  untuk memiliki kendali yang lebih besar atas hidup dan hal-hal di dalamnya dengan memberi kemudahan yang lebih besar.

IoT membantu kita bekerja dan hidup lebih cerdas yang pada akhirnya memberi manusia kenyaman.

Dampak IoT dalam hidup pun jauh lebih signifikan daripada yang kita pikirkan. Teknologi ini telah mengubah protokol pertukaran data dan operasi otomatis antar perangkat yang berbeda, sehingga aplikasi IoT dalam kehidupan sehari-hari telah benar-benar merevolusi gaya hidup manusia.

Biasanya perangkat IoT diikuti dengan kata smart (pintar). Rata-rata kini setiap orang sudah menggenggam smartphone dalam tangannya. Di dunia berkembangnya internet of things, smartphone bertindak sebagai hub koneksi pusat di jaringan perangkat dan objek .

Dengan semua perangkat yang menyediakan data dan kemampuan untuk berkomunikasi melalui internet, perlu ada antarmuka untuk benar-benar terhubung dengan perangkat tersebut, di sini lah smartphone menjadi fasilitator.

Lewat aplikasi khusus yang diinstall dalam smartphone, memungkinkan seseorang untuk ‘berkomunikasi’ dengan setiap perangkat.

Contohnya dalam olahraga, smartphone yang terhubung dengan perangkat IoT yang dapat dikenakan seperti smart watch akan mengutamakan efisiensi kinerja. Seseorang akan dapat melacak kemajuan, kesalahan, kekuatan, kelincahan, tingkat kebugaran kardiovaskular secara keseluruhan dan sebagainya. 

Baik untuk bersepeda, tenis, atau sepak bola, semua dapat menggunakan sensor, dan dapat dimaksimalkan melalui penggunaan perangkat IoT.

Contoh penggunaan Internet of Things lainnya dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Teknologi IoT telah menjadi hal yang biasa dalam hidup kita, perubahannya hampir tidak terlihat. Sebab IoT sering kali membuat hidup lebih mudah dan dengan cara yang mungkin tidak Anda sadari. 

Dengan sektor smartphone yang sudah akrab dengan manusia sehari-hari, kita dapat melihat fitur dan manfaat luar biasa yang dapat diharapkan dari berbagai perangkat ‘pintar’.

Sebab ini berarti bahwa perangkat yang terhubung satu sama lain melalui Internet dapat mengirimkan peringatan ke smartphone kita, yang pada akhirnya menunjang produktivitas dan efisiensi.

Baca juga : Pengaruh IoT dalam Revolusi Industri 4.0

Apa pun jenis perangkat IoT yang digunakan, sebagian besar pendapat tentu akan setuju bahwa informasi dan kenyamanan yang diperoleh darinya telah menghemat waktu, uang, dan menghindarkan manusia dari banyak kekhawatiran. 

Sehingga tak dapat dipungkiri keberadaan IoT semakin penting, baik untuk penggunaan sehari-hari penggunaan industri. Itu membuat hidup kita lebih baik dalam banyak hal, dan sepertinya akan terus berlanjut.

Exit mobile version