12 Tools untuk Mendukung Monitoring Karyawan WFH Terbaik

12 Tools untuk Mendukung Monitoring Karyawan WFH Terbaik

12 Tools untuk Mendukung Monitoring Karyawan WFH Terbaik

Penting untuk HRD, berikut 12 tools untuk mendukung monitoring karyawan WFH yang bisa Anda coba untuk berbagai kebutuhan pelaporan dan komunikasi perihal pekerjan saat WFH.

Dengan penggunaan aplikasi wfh karyawan atau tools kolaborasi tentu saja harus dibarengi dengan beberapa hal penunjang, seperti SOP, komunikasi dengan tim agar penerapan WFH dan hasil yang diharapkan berjalan dengan baik.

Berikut ke 12 tools yang bisa kamu coba untuk kebutuhan monitoring karyawan WHF yang berfungsi sebagai media pelaporan dan komunikasi antar karyawan, divisi dan berbagai kebutuhan lainnya saat perusahaan memberlakukan work from home.

1. Trello


Aplikasi kolaborasi team untuk mengatur berbagai proyek dalam satu tempat. Dengan Trello, semua orang di proyek tersebut bisa tahu apa yang sedang dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, dan sudah sejauh mana ia mengerjakannya. Fitur utama aplikasi monitoring karyawan ini antara lain:

Fitur Trello

2. Slack


Aplikasi project management yang juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi dalam satu team dan antar divisi untuk komunikasi dalam satu group dan pribadi.

Fitur Slack

3. Pakaryo

aplikasi monitoring karyawan lapangan

Aplikasi monitoring pekerjaan ini berfungsi untuk mengelola tim lapangan menjadi lebih mudah dan efektif dengan aplikasi manajemen penugasan dan pelaporan kegiatan berbasis lokasi.

Fitur Pakaryo

Pakaryo cocok digunaan oleh team lapangan yang bekerja secara mobile, sales & canvaser, distributor, surveyor dll.

4. Worxspace

Worxspace adalah aplikasi komunikasi untuk menunjang koordinasi dan kolaborasi di tempat kerja. Tak hanya sebagai alat komunikasi, Worxspace  juga memberikan solusi dari berbagai problem klasik yang dihadapi oleh karyawan dan perusahaan. Salah satunya adalah memisahkan chat pribadi dan pekerjaan. Selain itu dilengkapi dengan smart personalia yang memudahkan manajemen dalam pengelolaan karyawan.

Bagaimana Worxspace Membuat Diskusi & Komunikasi Kerja Tim Menjadi Lebih Baik.

Fitur Worxspace

Worxspace cocok untuk menjadi aplikasi penunjang produktivitas kerja tim dan tentunya bisa menjadi aplikasi komunikasi saat WFH atau kerja remote.

5. Zoom


Aplikasi komunikasi untuk bertatap muka langsung melalui panggilan video dan suara sekaligus atau salah satunya. Dengan aplikasi ini Anda bisa merekam semua percakapan suara dan video saat meeting.

Fitur Zoom

6. Awor


Aplikasi video conference yang dikembangkan untuk mendukung produktivitas kerja meski tak harus tatap muka langsung. Awor menjaga keamanan data obrolan Anda dengan enkripsi.

Fitur Awor

7. Monitask

Aplikasi monitoring tugas karyawan dan freelance. Aplikasi ini cocok digunakan untuk karyawan WFH, WFO atau Freelance

Fitur MoniTask

8. ActiveCollab

Aplikasi project management dengan fitur utama membuat to do list ke tim dalam sebuah project. Misalnya project dalam pembuatan website, desain buku dan project lainnya yang membutuhkan beberapa to do list yang harus diselesaikan misalnya dalam tenggang waktu harian, mingguan dan bulan.

Fitur ActiveCollab

9. TimeDoctor

Aplikasi time management atau pelacakan waktu untuk mengukur kinerja karyawan. Aplikasi ini akan mencatat apa yang dilakukan pengguna selama jam kerja. Jadi, Anda akan dapat mengetahui berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk mengerjakan suatu task atau project tertentu misalnya menulis artikel, membaca dan membalas email, edit foto dan video.

Fitur TimeDoctor

10 . OCAI

Tools Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) adalah tools yang berfungsi untuk menganalisa dan mengelompokan suatu organisasi berdasarkan kulturnya (budaya) untuk mendukung visi, misi dan tujuannya serta mengidentifikasi elemen-elemen di dalam kultur yang dapat melawan misi dan tujuan.

Hal ini juga bermanfaat untuk sebuah organisasi yang mencari jati dirinya dan mendefinisi ulang kebudayaannya apakah kultur organisasi tersebut termasuk ke dalam kultur Hierarchy, kultur Market, kultur Clan atau kultur Adhocracy.

11. Asana


Aplikasi project management untuk tim dan individual dengan tampilan sederhana dan intuitif. Tool ini memudahkan leader untuk membagi tugas kepada tim dan mengatur penjadwalan project tersebut. Asana terintegrasi dengan berbagai aplikasi penunjang kerja, seperti Microsoft Teams, Jira Cloud, GMail, hingga Slack.

Fitur Asana

12. TeamViewer

Aplikasi remote desktop untuk mengakses dan mengendalikan komputer dari jarak jauh via koneksi internet. Aplikasi ini sering digunakan oleh staff IT untuk mengakses, mengendalikan, dan mengatasi masalah yang dialami oleh komputer klien. Selain client, aplikasi ini bisa digunakan untuk remote laptop karyawan WFH dengan mudah jika mengalami kendala.

Fitur TeamViewer

Jadi aplikasi atau tools mana pilihan kamu yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan sekarang? Sebaiknya untuk pemilihan aplikasi monitoring karyawan harus disesuaikan dengan masalah yang dihadapi perusahaan saat menjalan sistem kerja WFH untuk karyawannya.

Exit mobile version