5 KPI Sales untuk Mengukur Performa dan Pencapaian Target

5 KPI Sales untuk mengukur performa dan pencapaian target penjualan dan tugas yang diberikan oleh Supervisor atau Manager untuk membantu kesuksesan perusahaan

Key performance indicator (KPI) menjadi indikator dalam mengukur performa karyawan tak terkecuali team sales atau pekerja lapangan. Pemberian KPI kepada sales, akan mendorong kompetisi yang sehat antar sales sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh pada akselerasi capaian target penjualan yang sudah ditentukan.

KPI yang dibuat pun harus didukung dengan tools untuk memantau proses kerja di lapangan. Dari mulai pembagian task, tracking penyelesaian task, hingga capaian nilai target. Akan lebih efisien dan efektif jika Anda bisa mendapatkan data pendukung KPI secara cepat dan juga akurat.

Berikut 5 KPI Sales untuk mengukur performa serta pencapaian target

1. Target Penjualan

Indikator yang menunjukkan pencapaian target penjulan tiap individu. Target sales sendiri bisa ditentukan dengan besaran nilai atau jumlah klien, dimana terlihat dari berapa persen target yang sudah tercapai dan belum tercapai.

2. Jumlah Closing Project

Hampir mirip dengan target penjualan namun harus dibedakan, karena bisa saja satu orang mendapatkan tiga klien namun sudah memenuhi target penjualan. Berbeda lagi dengan sales lainnya yang membutuhkan 10 klien untuk mencapai target nilai penjualan.

3. Win Rate

Anda juga bisa menggunakan indikator win rate untuk mengetahui perbanidngan berapa jumlah project yang deal dan lost dari jumlah keseluruhan target yang sudah Anda berikan.

4. Penyelesaian Task

Anda sebagai supervisor sales bisa memantau seberapa cepat tiap individu dalam menyelesaikan task, apakah sesuai dengan target atau mengalami kemunduran. Kecepatan dan ketepatan dalam pengerjaan tas ini menjadi aspek penting untuk menilai performance sales Anda.

5. Aktivitas Sales

Pada indikator ini, Anda bisa melakukan pengukuran dari berapa banyak jumlah leads yang sudah di follow up. Anda bisa membaginya pada kategori leads melalui email, telepon, task, hingga event.

Untuk mengetahui aktivitas atau KPI sales serta karyawan Anda yang bertugas di lapangan. Anda bisa menggunakan aplikasi sales tracking yang mendukung atau melacak KPI sales di atas dengan cara download aplikasinya di Play Store atau kunjungi Pakaryo.id

 

Exit mobile version